Contoh Search Engine yang Paling Sering Digunakan

Terdapat berbagai varian alternatif search engine yang dapat kita gunakan dengan segala kelebihan dan kekurangannya.  Apa saja?

Internet merupakan big data yang dapat diakses oleh siapapun. Didalamnya terdapat ribuan bahkan jutaan halaman web yang dapat kita temukan melalui pencarian web. Untuk mendapatkannya, kita perlu sebuah teknologi bernama search engine. Apa itu search engine? Apa saja contoh search engine?

Search engine memungkinkan pengguna untuk memperoleh sebuah informasi tertentu secara instan dan cepat, bahkan seringkali sangat akurat. Bagaimana cara kerja search engine? Barangkali itulah pertanyaan mendasar yang ada pada benak kita ketika melihat kinerja dari berbagai mesin pencari (search engine) terkenal bekerja, taruhlah misalnya google, yahoo, dan bing. Search engine tersebut wajib bagi pengguna internet.

Search engine bisa dikatakan merupakan teknologi yang tidak akan lekang oleh waktu, artinya tidak akan hilang, hanya saja akan terus mengalami perkembangan dan penyempurnaan.

Perusahaan yang men-develop search engine, tentu berusaha terus meningkatkan kualitas layanan dan teknologinya yang diupgrade semakin canggih, misalnya dengan meningkatkan daya hardware sebagai induk server dari mesin pencari. Setiap saat dan setiap waktu, database akan terus diupdate sehingga terjadi perkembangan yang sangat pesat dan melibatkan banyak hardware server.

Terdapat berbagai varian alternatif search engine yang dapat kita gunakan dengan segala kelebihan dan kekurangannya.  Berikut merupakan ulasan chemistricks contoh Search Engine yang paling sering digunakan oleh pegguna internet.

1. Google

Siapa tak kenal mesin pencari nomor 1 di dunia? Tentu saja, semua orang tahu google. Sebagai pengguna internet, rasanya mustahil ada orang yang tidak pernah menggunakan search engine google. Google.com adalah search engine terbaik dan terbesar di dunia, dengan jumlah pengguna miliaran orang. Google.com merupakan search engine yang  berkembang dengan memberikan banyak layanan dalam satu akun google. Tak heran, google merupakan search engine yang paling banyak dipakai user di seluruh dunia.

Google.com merupakan search engine yang paling direkomendasikan/disarankan untuk digunakan. Miliaran orang menggunakan search engine google, menempatkan google sebagai search engine dengan pengguna terbanyak. Semua topik dapat dicari informasinya melalui google. Di Indonesia bahkan google menempati posisi istimewa di hati para penggunanya, dengan menyematkan predikat“Mbah Google”. Sebab hampir semua persoalan dapat ditemukan solusinya melalui pencarian informasi melalui google.

READ ALSO:  Mengenal Algoritma dalam Pembuatan Program

2. Yahoo

Yahoo merupakan search engine yang sebetulnya lebih dulu sukses ketimbang google. Dulunya bisa dikatakan Yahoo merupakan raja internet. Namun saat ini, yahoo barangkali hanya menempati posisi sebagai alternatif saat google sedang mengalami error atau ketika belum terinstall pada perangkat tertentu. Pada awalnya, yahoo search merupakan media yang dikhususkan untuk mencari informasi tentang rumah dari alamat pesan elektronik atau email.

Yahoo memiliki fitur unggulan yaitu yahoo mail, yang berfungsi untuk mencari beberapa bookmark; sebuah penandaan dari sebuah berita, yang kita cari sebelumya di internet. Karenanya, pencarian Yahoo seringkali menampilkan hasil berupa sebuah halaman yang memang sering kita tandai atau dibookmark.

Dengan informasi di atas, dapat dikatakan Yahoo memiliki keterbatasan yang menjadi kelemahannya. karena hanya beberapa web saja yang ditampilkan, situasi ini mungkin sama seperti saat user mengunjungi sebuah website/portal/ web berita biasa.

Kelebihan dari yahoo adalah kenyamanannya dalam penggunaan, sehingga meski oleh mayoritas pengguna internet hanya sebagai backup google, namun bukan berarti yahoo kehilangan pengguna. Bahkan sekalipun ketika database pencariannya kalah jauh dalam proses pencarian maunpun data yang dihasilkan, nyatanya yahoo tetap memiliki pengguna setia.

Google memiliki perputaran uang yang lebih besar, berbanding lurus dengan besarnya server yang dimiliki oleh google.com. Namun, dari sisi historis, Yahoo tetaplah merupakan search engine paling legendaris lantaran predikatnya sebagai mesin pencari tertua yang pernah ada di bumi.

Kini, Yahoo! Search yang dulunya merajai mesin pencari, kini justru meningkatkan sistemnya dari jasa pesaingnya yaitu google, dengan kerap menggunakan jasa Google.com untuk mencari sebuah informasi web, bahkan menjadi publisher periklanan adsense. Meski demikian, yahoo terus mengupdate layanannya dengan menyediakan beberapa fitur menarik, misalnya fitur pencarian dari yellow pages ditambah fitur peta atau map, dan terakhir Yahoo! Search juga sudah menyediakan fitur untuk pencarian gambar.

3. Bing

Bing juga merupakan search engine yang cukup populer, terutama bagi anda pengguna mozila firefox, opera browser versi lawas. Terkadang bing sudah diset sebagai mesin pencari utama pada browser tersebut. Bing merupakan salah satu search engine yang masih memiliki pengguna setia hingga saat ini.

READ ALSO:  Inilah Keuntungan Menyekolahkan Anak di Pondok Pesantren

Bing merupakan hasil pengembangan MSN Search serta Live Search, yaitu program dibawah naungan induk Microsoft; salah satu raksasa kemajuan teknologi modern.

Dengan predikat Bing yang merupakan program besutan Microsoft, namun nyatanya Bing tak dapat bersaing dengan Google.com dan masih kalah jauh dibidang search engine.

Padahal dengan reputasinya sebagai program bentukan microsoft, mestinya dengan sokongan dana, barangkali kedepan Bing akan menjadi pesaing serius google di bidang search engine.

4. Ask

Ask.com muncul tahun 1996 merupakan salah satu mesin pencari yang memiliki pengguna setia. Saat ini Ask.com cukup digemari dan mulai ramai menjadi bahan eprbincangan sebagai salah satu alternatif mesin pencari yang cukup digemari.

Ask diciptkan oelh Gerret Gruener serta juga David Warthen, ask.com tampaknya sudah menemukan beberapa pengguna setia di internet seluruh dunia. Search engine pada ask.com terdiri dari tiga hal utama, yaitu:

  1. Crawler / spider, adalah sebuah program yang berfungsi menemukan sebuah halaman web yang berada di internet. Bekerja dengan prinsip layaknya laba-laba sungguhan, crawler menyebarkan jaringannya kemudian mulai merayapi berbagai informasi melalui internet dan browser, kemudian mengumpulakn informasi web yang dicari. Setelah itu, menggunan prinsip laba-laba yang akan kembali ke sarangnya, crawler akan kembali ke halaman utama web search engine, kemudian menampilkannya menjadi sebuah informasi yang dibutuhkan dari browser atau software index yang dipakai. Perayapan adalah sebuah upaya untuk melakukan indeks sebuah halaman. Apabila sebuah halaman web berubah, maka sistem akan melakukan perayapan ulang untuk memperbaiki halaman isian index dari search engine
  2. Index atau disebut juga dengan database, merupakan bagian terpenting dalam search engine. Index ini mirip dengan direktori telepon yang terdiri dari jutaan list halaman web. ketepatan isi index ini tergantung seberapa sering index ini diupdate dan penampilan crawler yang mengumpulkan informasi.
  3. Tool search, biasanya berupa kolom kotak, yang terdapat pada halaman utama search engine, contoh searh engine tool pada google, terletak di halaman utama dan berkolom besar, disitu anda bisa mencantumkan beberapa keyword yang memang akan dicari.

5. MSN

Microsoft Network, merupakan perusahaan Bill Gates, memiliki mesin pencari untuk ditanam di internet Explorer. Pada perkembangannya, search engine MSN mampu mencari mencari peta, yellow pages, white pages, sering pula untuk pencarian pekerjaan dan beberapa aset properti serta bisnis.

READ ALSO:  Fungsi Dari Icon Tombol Crop pada Ms Word 2007

Data akan tersaji apabila keyword yang dituliskan pada kolom pencarian sesuai dengan database yang dimiliki, sebaliknya bila keyword yang diiput tidak menampilkan data yang dikehendaki, maka dapat dipastikan index dalam search engine tersebut tidak lengkap.

Dengan situasi tersebut, setiap search engine berusaha meningkatkan kredibilitasnya di mata pengguna dengan memperbanyak inputan datanya.

6. Aol

Aol merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa internet dan telekomunikasi. Aol Muncul dan diciptakan pada 1983 di Virginia dan dikembangkan oleh perusahaan Control Video Corporation. Aol.com dikenal sebagai contoh search engine yang mempunyai fitur simpel.

Penggunaan dari teknologi internet, membuat Aol.com mengembangkan beberapa server. Pada awal kemunculannya, Aol digadang gadang akan memengaruhi dan bahkan mengubah pola kehidupan bagi penggunanya penikmat internet lantaran banyaknya manfaat yang dihasilkan dari internet.

Fitur yang ditawarkan search engine aol.com utamanya untuk membantu mencari web tertentu.

7. DuckDuckGo

Duck Duck Go merupakan satu contoh search engine yang memiliki keunggulan dalam hal perlindungan privasi user sebagai pengguna/pencari data di internet.

Slogan yang diusung Duck Duck Go “The search engine that doesn’t track you” menjadikan search engine ini sangat aman di gunakan. Diluncurkan tahun 2008 september, oleh Gabriel Weinberg.

Duck Duck Go memiliki dua kriteria umum dalam menentukan hasil pencarian, yaitu:

  1. Relevansi antara keyword dan isi yang terdapat pada halaman web terkait.
  2. Banyaknya tranffict kunjugan web.

DuckDuckGo merupakan search engine yang mampu menjawab kebutuhan untuk menampilkan halaman random yang sesuai dengan topic atau keyword yang dicari secara lebih detail. Dengan memasukkan suatu keyword atau topic yang kita butuhkan, maka beberapa search engine akan berbeda kecepatan, kecerdasan dalam merespon perintah/permintaan user. Duck Duck Go merupakan salah satu alternatif menarik yang perlu dicoba.

Penutup

Demikianlah ulasan chemistricks tentang contoh search engine, yang dapat coba kita gunakan untuk berselancar mencari informasi di internet. selamat mencoba.