Cara merawat kabel charger iPhone agar lebih awet

tips merawat kabel charger iPhone agar lebih awet
ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk memperpanjang umur kabel charger iPhone.

Masalah kabel charger yang berumur pendek, Mudah Rusak, atau tidak tahan lama, sepertinya dialami oleh pengguna iPhone yang cukup banyak.

Bahkan, terkadang orang membeli iPhone baru sambil juga membeli kabel charger cadangan sebagai antisipasi ketika kabel utama rusak.

Meskipun perangkat Apple dikenal memiliki kualitas build yang baik, masalah kabel yang mudah rusak masih dirasakan oleh beberapa pengguna hingga saat ini. Bahkan, harga untuk membeli kabel charger iPhone asli baru juga tidak murah.

Bentuk kerusakan pada kabel charger iPhone pada umumnya adalah pengelupasan lapisan karet. Jika karet yang mengelupas dibiarkan terlalu lama, kabel dan konektornya bisa putus.

Biasanya, kebanyakan orang ketika mereka menemukan lapisan karet sudah mulai mengelupas, akan menutupinya dengan selotip. Perlu diketahui, cara ini tidak bisa bertahan lama karena biasanya bagian yang mengelupas akan menyebar.

Tapi, Anda tidak perlu khawatir. Sebenarnya ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk memperpanjang umur kabel charger iPhone.

Hindari pengisian saat menjalankan aplikasi berat

Tips merawat kabel charger iPhone agar tahan lebih lama, yang pertama adalah hindari charging atau “charging” saat menjalankan aplikasi berat, seperti game atau editing.

Ini karena aplikasi dapat menyerap daya baterai dalam jumlah besar. Pengisian saat membuka aplikasi berat membuat suhu charger meningkat atau menjadi panas karena bekerja terlalu keras selama proses pengisian.

Suhu panas dapat menyebabkan kabel pengisi daya, yang terbuat dari karet, mengelupas.

Gunakan pelindung kabel pengisi daya

Kabel pengisi daya iPhone yang mudah dikupas juga dapat dihindari dengan memasang pelindung kabel khusus. Alat berbentuk spiral memanjang ini dapat dengan mudah ditemukan di toko aksesoris ponsel atau toko e-commerce.

READ ALSO:  Cara Scan dokumen di iPhone tanpa aplikasi pihak ketiga

Anda dapat membungkus perangkat pelindung di sekitar kabel pengisi daya untuk menghindari kontak langsung dengan suhu panas atau perbedaan tajam.

Selain pelindung kabel khusus, Anda juga dapat membungkus selotip, yang biasanya digunakan untuk memasang kabel elektronik, ke semua bagian kabel pengisi daya. Itu juga dapat membuat kabel pengisi daya iPhone Anda bertahan lebih lama.

Gulung kabel pengisi daya dengan benar

Pastikan anda memasang kabel pengisi daya dengan benar. Kabel pengisi daya tidak boleh dilipat sembarangan. Kabel juga tidak boleh digulung terlalu rapat dan rapat agar lapisan karet tidak bengkok.

Karena lipatan dengan sudut tajam bisa membuat lapisan karet terkelupas. Anda dapat meniru cara Anda memutar kabel pengisi daya seperti gulungan kabel yang dibuat Apple di kotak iPhone. Jadi, Anda dapat memutar kabel pengisi daya dalam lingkaran.

Selain itu, saat Anda mengemas kabel pengisi daya dalam wadah, pastikan tidak ada benda tajam di sekitarnya. Benda tajam dapat dengan mudah membuat goresan yang menyebabkan lapisan karet kabel pengisi daya terkelupas.