Cara Menyambungkan WiFi ke Komputer paling Mudah

Bagaimana Cara Menyambungkan WiFi ke Komputer dengan mudah? simak artikel berikut ini.

WiFi sangat dibutuhkan ketika kita hendak mengakses internet. Dengan wifi kita untuk melakukan browsing di internet tanpa kontribusi kabel. Inilah sebabnya, WiFi sering dipakai di beberapa perangkat computer. Beberapa langkah untuk menghubungkan WiFi dapat dilakukan dengan beberapa langkah yang cukup mudah.

Banyak komputer atau laptop keluaran terbaru saat ini semakin minimalis, tanpa dilengkapi fitur mengakses Internet menggunakan kabel Local Area Network (LAN). Ini berarti beberapa komputer tersebut tak bisa langsung terhubung ke internet. Dengan demikian dibutuhkan wifi untuk mengakses internet dengan beberapa langkah mudah sebagai berikut:

1. Pasang Wireless Adaptor

Hal pertama yang diperlukan adalah memastikan komputer mempunyai Wireless Adaptor. Adaptor nirkabel itu berfungsi sebagai perangkat yang memungkinkan sebuah komputer dapat terhubung dengan jaringan tanpa memakai kabel.

Secara umum, Wireless Adaptor ini terdiri jadi dua jenis, yaitu Wireless Adaptor Internal dan External.

Untuk menghubungkan WiFi ke komputer, kamu dapat menggunakan Wireless Adaptor dengan kecepatan 150Mbps saja.

2. Pasang Driver WiFi

Selanjutnya, selainnya Wireless Adaptor, komputer kamu juga membutuhan driver WiFi untuk diinstall di komputer. Biasanya, perintah memasangkan driver WiFi didapat saat membeli Wireless Adaptor.

Langkah instalasi driver WiFi lumayan gampang. Caranya, masukan CD driver, kemudian click ‘Autorun’, selanjutnya tentukan model TP-Link yang dipakai.

Kamu harus menunggu sesaat sampai instlasi selesai. Bila proses sudah usai, kamu dapat meneruskan ke langkah seterusnya.

3. Sambungkan komputer pada WiFi

Ketika instalasi Wireless Adaptor dan driver WiFi berhasil, artinya langkah berikutnya kamu tinggal menyambungkannya dengan jaringan WiFi.

READ ALSO:  Cara mematikan pembaruan Windows 11 secara otomatis

Caranya, click ikon WiFi di pojok kanan bawah monitor untuk aktifkan jaringan WiFi. Kemudian, tentukan jaringan WiFi mana yang hendak digunakan.

Setelah ketiga proses tersebut dapat dijalankan, maka komputer sudah dipastikan dapat terhubung ke jaringan WiFi dan siap digunakan untuk melakukan browsing di Internet.

Selainnya memakai langkah-langkah di atas, kamu dapat coba langkah menyambungkan WiFi ke komputer lewat Control Panel.

Cara menghubungkan Wifi melalui Control Panel

Selain menggunakan langkah yang telah dijelaskan di atas, ada pula alternatif cara lain menghubungkan wifi ke komputer dengan mudah, yaitu melalui control panel.

Control Panel dapat digunakan untuk menghubungkan WiFi pada komputer atau laptop. Fitur yang terdapat pada Control Panel salah satunya adalah mempermudah user untuk memonitor kinerja hardware maupun software.

Adapun cara menghubungkan wifi melalui control panel adalah sebagai berikut:

  1. Klik menu ‘Start’ pada windows.
  2. Kemudian carilah menu ‘Control Panel’ pada tab pencarian tersebut.
  3. Pilih ‘Network Connection’, maka akan muncul jaringan WiFi yang tersedia di sekitar area komputer terdekat yang aktif. Apabila jaringan WiFi belum muncul, kamu bisa melakukan refresh.
  4. Langkah berikutnya pilih jaringan WiFi yang tersedia.
  5. Klik ‘Connect’ kemudian masukkan kata sandi WiFi yang telah diberikan penyedia wifi.
  6. Selesai. Komputer kamu telah terhubung dengan WiFi. Komputer kamu siap digunakan untuk berselancar internet.

Penutup

Itulah cara menghubungkan wifi ke komputer dengan beberapa langkah mudah. Jika koneksi jaringan dirasakan belum stabil, mungkin kamu bisa mendekatkan komputer ke sumber jaringan WiFi. Kamu juga bisa mencoba menggunakan alat penguat jaringan WiFi untuk memastikan koneksi Internet tetap stabil. Semoga bermanfaat ya.

READ ALSO:  Cara mengubah tampilan WhatsApp ke mode gelap