Cara menonaktifkan fitur Autocorrect dan Predictive Text pada smartphone Android

Cara menonaktifkan teks prediktif di Android
Meskipun dimaksudkan untuk mempermudah pengetikan, tidak jarang pengguna merasa terganggu dengan fitur autocorrect. Hal ini dikarenakan fitur autocorrect masih belum bisa mengenali sejumlah singkatan atau slang yang saat ini beredar. begini cara mengatasinya

Keyboard di ponsel Android memiliki fitur Koreksi Otomatis yang memungkinkan pengguna mengoreksi kata yang salah eja secara otomatis. Kehadiran fitur ini terbilang praktis karena dapat mencegah kesalahan ketik, terutama saat pengguna memasukkan kata atau kalimat dalam bahasa Inggris.

Meskipun dimaksudkan untuk mempermudah pengetikan, tidak jarang pengguna merasa terganggu dengan fitur autocorrect. Hal ini dikarenakan fitur autocorrect masih belum bisa mengenali sejumlah singkatan atau slang yang saat ini beredar.

Ponsel Android umumnya memiliki banyak pilihan keyboard yang meliputi Gboard, Microsoft Swiftkey keyboard, serta Samsung keyboard. Namun, fitur koreksi otomatis cukup umum di pengaturan default Gboard. Jika Anda merasa terganggu, pengguna dapat mematikan fitur koreksi otomatis.

Cara menonaktifkan koreksi otomatis pada Smartphone Android

  1. Buka menu “Pengaturan” dan cari opsi “pengaturan tambahan”
  2. Pilih “bahasa dan Input” lalu pilih jenis keyboard yang digunakan dalam opsi ” Kelola Keyboard
  3. Pilih” Gboard “dan cari opsi” Koreksi teks”
  4. Tekan “koreksi otomatis” hingga sakelar berwarna abu-abu untuk menonaktifkan fitur koreksi otomatis

Cara menonaktifkan teks prediktif di Android

Selain fitur auto-correct, biasanya Smartphone Android juga memiliki fitur lain yang disebut predictive text. Seperti namanya, fitur ini dapat memberikan pilihan prediksi kata yang akan diketik pengguna. Prediksi ini diambil berdasarkan kata-kata Sebelumnya masukan oleh pengguna.

Namun, beberapa pengguna mungkin benar-benar merasa terganggu oleh fitur teks prediktif. Jika Anda ingin menonaktifkannya, berikut adalah langkah-langkah untuk mematikan fitur teks prediktif:

  1. Buka menu “Pengaturan” dan cari opsi “pengaturan tambahan”
  2. Pilih “bahasa dan Input” lalu pilih jenis keyboard yang digunakan dalam opsi ” Kelola Keyboard
  3. Pilih” Gboard “dan cari opsi” Koreksi teks”
  4. Tekan “Tampilkan strip saran” hingga sakelar berwarna abu-abu dan fitur teks prediktif akan dinonaktifkan secara otomatis
READ ALSO:  Cara Membisukan Postingan dan Cerita Teman di Instagram 

Penutup

Begitulah cara menonaktifkan fitur auto-correct dan predictive text pada smartphone Android.