Cara Menjernihkan Suara Rekaman di Laptop Hanya Menggunakan Satu Aplikasi dengan Mudah

Ternyata cara menjernihkan suara rekaman di laptop sangat mudah dilakukan, lho! Bagi yang belum tahu, silakan simak berikut ini!

Mungkin pengguna merupakan salah seorang konten kreator atau sebagainya yang berkutat dengan dunia rekaman, seperti podcast dan sebagainya. Dari profesi tersebut pastinya pengguna juga akan sangat sering mengedit hasil dari rekaman tersebut, namun bagi pemula pastinya hal ini akan sulit dilakukan. Sebab itu di sini akan dibahas langkah cara menjernihkan suara rekaman di laptop yang bisa pengguna praktikkan:

1. Unduh & Buka Aplikasi dan Pilih File

Nah, langkah awal agar pengguna bisa menjernihkan suara rekaman pada laptop dengan cara ini adalah dengan mengunduh aplikasinya terlebih dahulu. Karena cara menjernihkan suara rekaman di laptop adalah menggunakan /melalui sebuah aplikasi bernama Audacity. Pengguna bisa unduh aplikasi tersebut pada link, https://www.audacityteam.org di laptop.

Setelah pengguna berhasil mengunduh aplikasi tersebut di laptop pengguna bisa langsung buka aplikasinya. Apabila sudah, pengguna bisa coba buka file rekaman yang akan di edit tersebut. Atau bisa juga pengguna langsung merekam suara langsung dari aplikasi audacity itu.

2. Besarkan Volume

Langkah selanjutnya setelah membuka file rekaman atau hasil rekaman, pengguna bisa coba besarkan volume suara dari file tersebut. Jika pengguna memperbesar volume dari rekaman tersebut maka suara-suara yang sebelumnya tidak terdeteksi akan langsung bisa terdengar. Nah, suara-suara tersebut yang pastinya akan dihilangkan agar suara rekaman tersebut bisa jernih.

READ ALSO:  Cara Menggambar di Layar Komputer

Untuk memperbesar volume pengguna bisa pilih semua rentang suara menggunakan shortcut ctrl+A. Atau bisa juga menggunakan mouse dengan klik dan drag. Setelahnya gunakan effect amplify atau gunakan effect normalize, keduanya adalah untuk memperbesar volume.

3. Bersihkan Latar Belakang Mengganggu atau Noise

Selanjutnya agar suaranya jernih adalah dengan menghilangkan suara latar belakang yang mengganggu atau yang sering juga disebut dengan noise. Suara-suara mengganggu ini pastinya akan jelas terdengar ketika sudah dibesarkan volume seperti di atas. Pengguna bisa langsung pilih rentang suara yang terdapat suara latar belakang mengganggu tersebut.

Jika sudah pengguna bisa gunakan effect Noise reduction – Get noise profile. Kemudian pilih seluruh rentang suara dengan menggunakan cara di atas, klik dan drag menggunakan mouse. Kemudian pilih kembali effect reduction, dan klik ok. Langkah ini bisa dilakukan secara berkali-kali apabila dalam sekali penerapan belum benar-benar bersih.

4. Terapkan Equalizations Bass & Treble Boost dan Bersihkan Suara yang Tidak Perlu

Dalam keadaan semua suara terpilih pada langkah sebelumnya yang dilakukan, pengguna bisa terapkan effect Equalizations bass & Treble boost. Kedua effect tersebut bisa pengguna klik ok semua. Langkah selanjutnya pengguna bisa bersihkan suara yang tidak perlu.

Pengguna bisa pilih rentang suara yang akan di bersihkan suara pengganggunya tersebut untuk di diamkan /mute. Kemudian pengguna bisa langsung klik ctrl+L. Atau juga bisa menggunakan ikon tootlipe silence audio selection.

5. Potong atau Buang Bagian Rekaman yang Kosong

Jika semua sudah dijalankan seperti langkah-langkah di atas, dan suaranya juga sudah jernih, maka pengguna bisa memotong bagian yang kosong suaranya. Hal ini tentu jika memang pada bagian tersebut tidak diperlukan sama sekali menjadi bagian dari rekaman. Dengan memotong bagian-bagian yang kosong ini juga membuat ukuran file tidak terlalu besar.

READ ALSO:  Tips agar laptop tidak cepat panas

Akhir Kata

Nah, itu tadi adalah lima langkah cara menjernihkan suara rekaman di laptop menggunakan aplikasi bernama Audacity. Dari lima langkah tersebut, pengguna bisa mengulang pada bagian tertentu jika dirasa saat menerapkan hanya satu kali hasilnya kurang maksimal. Pengguna juga bisa menggunakan atau mengubah setting yang akan digunakan atau bisa juga langsung menggunakan setting default sesuai keinginan.