Cara Menjernihkan Kamera Laptop Saat Zoom, Wajib Dicoba!

Bagi yang belum tahu cara menjernihkan kamera laptop saat zoom meeting, berikut ini cara-cara yang bisa dilakukan dengan mudah.

Adanya pandemi membuat banyak aktivitas dilakukan di rumah misalnya rapat, sekolah, dan lain sebagainya. Aktivitas-aktivitas tersebut tentunya membutuhkan suatu media, salah satunya adalah zoom. Pada aplikasi zoom, komponen yang paling penting adalah kamera karena agar bisa bertatap muka. Dalam tulisan ini akan membahas cara menjernihkan kamera laptop saat zoom agar nyaman ketika digunakan pengguna.

Kamera yang sedang kotor atau bermasalah biasanya disebabkan oleh beberapa faktor. Bisa karena menumpuknya debu dan jarang dibersihkan oleh pengguna. Selain itu juga bisa disebabkan karena kamera bawaan tidak bagus. Jika mengalami hal yang demikian jangan langsung panik. Berikut akan diuraikan cara membersihkan atau menjernihkan kamera laptop ketika zoom:

1. Membersihkan Lensa Kamera pada Laptop

Banyak yang tidak menyadari ketika membuka laptop pengguna sering memegang lensa kamera bawaan. Hal tersebut bisa membuat lensa menjadi kotor, apalagi jika tangan dalam keadaan tidak bersih. Selain itu, banyak pengguna yang jarang membersihkan lensa kamera sehingga banyak kotoran maupun debu yang menempel pada lensa.

Cara menjernihkan kamera laptop saat zoom pada lensa cukup mudah. Pengguna tinggal mengelap lensa tersebut dengan kain bersih. Agar hasilnya lebih maksimal, gunakan cairan pembersih lensa atau kacamata. Lap lensa kamera tersebut secara perlahan. Jika sudah bersih, pengguna akan lebih nyaman dalam menggunakan ketika zoom. Gambar atau video ketika zoom pun juga akan lebih jelas dan jernih.

READ ALSO:  Cara menggunakan "Search Tweet" dengan tanggal tertentu dengan Advanced Search Twitter

2. Memilih Pencahayaan yang Terang

Terkadang lensa yang kurang jernih bukan karena kotor atau banyak debu. Ada faktor lain yang bisa menghambat kejernihan kamera ketika melakukan zoom yaitu pencahayaan. Ketika pencahayaan kurang secara otomatis kejernihan kamera juga akan berkurang. Oleh karena itu, pengguna harus pintar-pintar dalam memilih dan mengatur pencahayaan.

3. Memilih Background

Memilih background ini merupakan cara menjernihkan kamera laptop saat zoom ketiga. Menggunakan background memang bagus dan akan membuat tampilan lebih menarik. Namun, ketika background tersebut memiliki warna gelap justru akan mengganggu tampilan ketika zoom. Pilihlah background dengan latar belakang yang cocok atau dengan warna polos saja karena akan lebih aman.

4. Menggunakan Aplikasi Kamera

Saat ini banyak aplikasi tambahan yang bisa dipakai pengguna zoom untuk memperbaiki kualitas gambar di zoom. Ketika menggunakan aplikasi kamera, hasil gambar akan lebih jernih, baik, dan enak dipandang. Banyak aplikasi yang bisa dipilih untuk dipasang di laptop. Selain menghasilkan gambar yang jernih, aplikasi itu biasanya juga dilengkapi dengan efek yang bermacam-macam.

5. Menggunakan Kamera Luar

Cara kelima ini adalah cara yang cukup ampuh dalam menjernihkan lensa kamera. Kamera luar atau kamera eksternal biasanya memiliki resolusi yang cukup tinggi sehingga bisa menghasilkan foto atau video yang bagus dan jernih. Ketika memilih kamera eksternal pastikan mempunyai fitur perekaman pada ruangan minim cahaya.

6. Menggunakan Kamera Smartphone

Jangan khawatir jika tidak memiliki kamera eksternal yang beresolusi tinggi. Kamera pada smartphone pun juga bisa menjadi solusi. Agar kamera smartphone bisa terhubung ke laptop, pengguna perlu meng-install beberapa aplikasi terlebih dahulu. Pengguna bisa menggunakan tripod atau sejenisnya agar smartphone bisa diletakkan dengan mudah.

READ ALSO:  Cara Scan dokumen di iPhone tanpa aplikasi pihak ketiga

Akhir Kata

Itulah 6 cara menjernihkan kamera laptop saat zoom yang bisa dijadikan referensi pengguna. Selain langkah tersebut, masih banyak lagi cara yang untuk menjernihkan kamera laptop. Namun sebenarnya keenam cara tersebut sudah bisa mengatasi masalah kamera pada laptop. Asalkan pengguna mau bersabar mencoba satu-persatu.