Cara mengubah kata sandi Akun Google menggunakan smartphone

Cara mengubah password Akun Google menggunakan smartphone
Untuk lebih meningkatkan keamanan, pengguna internet disarankan untuk mengubah kata sandi akun mereka secara berkala, termasuk Akun Google. Begini langkah-langkahnya

PENTINGNYA MENGUBAH PASSWORD SECARA BERKALA

Kata sandi digunakan untuk melindungi akun yang digunakan di internet. Semakin rumit kata sandi, semakin aman akunnya. Untuk lebih meningkatkan keamanan, pengguna internet disarankan untuk mengubah kata sandi akun mereka secara berkala, termasuk Akun Google.

Akun Google bisa dibilang salah satu akun yang harus dilindungi secara ketat. Pasalnya, Akun Google bisa dihubungkan ke sejumlah aplikasi yang saat ini umum digunakan, seperti Gmail, YouTube, hingga google Maps.

Bisa dibayangkan jika password Akun Google Anda bocor dan menyebar, maka data penting dalam aplikasi tersebut dicuri. Tidak hanya data, akun Google Anda juga dapat diambil alih oleh orang lain yang mengetahui kata sandinya.

Untuk keamanan, kata sandi Akun Google tidak hanya dapat diubah melalui browser di desktop (komputer atau laptop), tetapi juga melalui ponsel (HP). Kata sandi Akun Google ini sangat penting untuk dirahasiakan agar tidak mudah diakses oleh orang lain. Cara terbaik untuk memastikan keamanan adalah dengan mengubah kata sandi Akun Google Anda secara teratur.

Selain itu, jika Anda masih menggunakan kata sandi yang mudah ditebak, sangat disarankan untuk mengubahnya juga.

Ubah kata sandi Akun Google dapat dilakukan melalui aplikasi Gmail di ponsel. Jadi, Anda tidak perlu menyalakan komputer atau laptop untuk menggantinya.

CARA MENGUBAH PASSWORD MENGGUNAKAN SMARTPHONE

Jika Anda ingin mengubah kata sandi Akun Google Anda, ikuti beberapa langkah mudah berikut ini:

  • Buka aplikasi Gmail di ponsel Anda, jika Anda tidak memiliki aplikasi, Anda dapat mengunduhnya melalui Google Play Store (untuk Android) atau App Store (untuk iOS)
  • Klik ikon foto profil di pojok kanan atas
  • Setelah itu, pilih opsi “Kelola Akun Google Anda” untuk mengakses menu Pengaturan Akun
  • Kemudian, gulir panel pengaturan saya ke arah kiri untuk menemukan opsi ” keamanan
  • Di bagian opsi “masuk ke Google” , lalu ketuk Pengaturan ” kata sandi
  • Setelah Anda mengetuknya, sebuah jendela baru akan muncul meminta Anda untuk memverifikasi akun Google Anda dengan memasukkan kata sandi Anda saat ini
  • Jika verifikasi berhasil, Anda akan diminta untuk mengisi kata sandi baru dan mengonfirmasinya.
    Setelah diisi, klik” Ubah kata sandi “atau”ubah kata sandi”.
  • Setelah Anda mengubah kata sandi Akun Google, Semua perangkat lain yang tidak Anda gunakan untuk memverifikasi perubahan ini akan keluar secara otomatis.
READ ALSO:  Cara mengubah akun Google Chrome menggunakan smartphone

AKHIR KATA

Begitulah cara mengganti password Akun Google via HP, semoga membantu dan semakin meningkatkan keamanan perangkat Anda.