Cara mengirim pesan rahasia di Gmail

gmail
tindakan ini memungkinkan orang untuk mengirim pesan yang dapat kedaluwarsa dan mencegah penerima menyalin konten

Cara mengirim pesan rahasia di Gmail

Google menggunakan TLS (yang disebut enkripsi standar) untuk menjaga email yang Anda kirim relatif aman. Harap dicatat bahwa layanan ini juga memiliki enkripsi S. MIME yang lebih aman, tetapi hanya tersedia untuk lembaga bisnis dan pendidikan.

Namun, ada cara lain untuk menjaga pengguna’ data pribadi sedikit lebih aman, dan salah satunya adalah dengan menggunakan mode rahasia.

Google memperkenalkan mode rahasia untuk Gmail pada tahun 2018. Pengaturan ini memungkinkan orang untuk mengirim pesan yang dapat kedaluwarsa dan mencegah penerima menyalin konten mereka, meneruskannya ke orang lain, atau mengunduhnya.

Anda dapat menggunakan mode rahasia di desktop atau melalui aplikasi Gmail di perangkat seluler Anda. Tidak peduli apa perangkat Anda & rsquor;re menggunakan, Anda harus mengaktifkan mode rahasia setiap kali Anda mengirim pesan.

Cara mengirim pesan rahasia menggunakan browser web

  1. Tulis pesan baru
  2. Cari ikon ‘ kunci dan waktu & rsquor; di sebelah kanan tombol Kirim, dan tekan.
  3. Pop-up akan muncul memungkinkan Anda untuk mengatur parameter berapa lama Anda ingin penerima memiliki akses ke pesan Anda sebelum kedaluwarsa (mulai dari satu hari hingga lima tahun).
  4. Di bawah tanggal kedaluwarsa, Anda akan melihat kategori memerlukan kode sandi. Jika orang yang Anda kirimi email memiliki Gmail, dan Anda menginginkan lapisan keamanan tambahan, Pilih kode sandi SMS untuk juga meminta mereka memasukkan kode sandi yang akan dikirim melalui SMS ke nomor telepon mereka. Jika penerima doesn & rsquor;t memiliki Gmail, bahkan jika Anda memilih tidak ada kode sandi SMS, mereka akan diemail kode sandi.
  5. Pemberitahuan bahwa pesan sedang dikirim dalam mode Rahasia akan muncul di bagian bawah pesan.
READ ALSO:  Cara Mematikan Antivirus Windows 10 secara Permanen & Sementara

cara Menulis pesan rahasia menggunakan perangkat seluler

Langkah-langkah ini sebagian besar sama, tetapi beberapa item berada di tempat yang berbeda dari apa yang anda’d menemukan di browser. Prosesnya sama untuk Gmail versi iOS dan Android.

1. Menulis pesan

2. Ketuk tiga titik vertikal di sudut kanan atas aplikasi, lalu ketuk Mode rahasia.

3. Seperti halnya browser, Anda akan memiliki opsi untuk mengatur berapa lama pesan terlihat oleh penerima dan apakah itu dilindungi kata sandi.

4. Setelah Anda menyesuaikan pengaturan, pesan yang dikirim dalam mode Rahasia akan menampilkan jendela kecil di bagian bawah yang merinci berapa lama pesan akan bertahan sebelum kedaluwarsa.