Cara menghapus cache di iPhone

Cara menghapus cache di iPhone

Cara menghapus cache di iPhone

Cache adalah data sementara yang berisi kumpulan aktivitas yang dilakukan oleh pengguna saat menggunakan aplikasi atau browser. Data ini kemudian akan terakumulasi dan disimpan dalam memori telepon sesuai dengan jumlah aktivitas yang dilakukan oleh pengguna.

Dengan cache, pengguna dapat lebih cepat mengakses konten yang diinginkan dalam aplikasi dan situs web. Pasalnya, melalui data yang disimpan sebagai cache, ponsel dapat memuat ulang konten lebih cepat.

Di sisi lain, cache akan menumpuk dan mengisi ruang penyimpanan ponsel bersama dengan jumlah aktivitas pengguna. Akibatnya, memori ponsel menjadi penuh dan menyebabkan kinerja perangkat cenderung lebih lambat.

Umumnya, memori penuh pada ponsel ini terjadi karena pengguna tidak menyadari bahwa ia telah melakukan banyak aktivitas pada perangkat pintar. Sehingga cache akan menumpuk dan mengisi ruang penyimpanan smartphone yang anda miliki.

Untuk mengatasinya, beberapa ponsel Android menyediakan opsi khusus untuk menghapus cache pada perangkat. Biasanya, opsi ini dapat diakses oleh pengguna melalui pengaturan sistem perangkat.

Sayangnya, opsi khusus untuk menghapus cache dalam pengaturan ini tidak ada di perangkat pintar iPhone. Perangkat milik Apple ini diketahui dapat menghapus cache di ponsel secara otomatis saat membutuhkan banyak ruang penyimpanan.

Namun, pengguna iPhone juga dapat menghapus cache pada perangkat secara manual tanpa menggunakan layanan aplikasi tambahan. Diluncurkan dari CNET (01/8) , berikut adalah langkah-langkah untuk menghapus cache di browser di iPhone:

  1. Buka aplikasi atau browser
  2. Pilih opsi ‘pengaturan’
  3. Cari opsi ‘pengaturan data’ di opsi ‘privasi’
  4. Kemudian pilih opsi ‘Hapus riwayat dan data penelusuran’

Terlepas dari tips ini, pengguna iPhone juga dapat menghapus cache dengan memuat ulang perangkat. Metode ‘restart’ ini dapat menghapus data sementara ringan seperti kode atau perintah pemrograman yang berjalan di iPhone.

READ ALSO:  Cara Scan dokumen di iPhone tanpa aplikasi pihak ketiga