Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di Laptop Windows 10, Mudah

Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di Laptop Windows 10
Begini cara mengembalikan file yang terhapus permanen di laptop windows 10 dengan mudah dan cepat! Ada 2 cara, penasaran?

Tanpa sengaja menghapus file yang penting adalah mimpi buruk bagi sebagian besar orang. Apalagi, jika file terhapus secara permanen. Pastinya, hampir tidak ada cara memulihkannya lagi. Namun, bagi para pengguna laptop Windows 10 tidak perlu khawatir. Karena ada cara mengembalikan file yang terhapus permanen di laptop Windows 10.

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan file yang terhapus di Windows 10. Pertama dengan menggunakan opsi Recycle Bin yang ada pada Windows 10. Selanjutnya, menggunakan fitur File History yang merupakan fitur khusus di Windows 10. Berikut adalah cara yang bisa dilakukan untuk memulihkan file yang terhapus permanen di Windows 10:

Memulihkan File yang Terhapus Permanen dengan Recycle Bin

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengembalikan file yang terhapus dengan menggunakan Recycle Bin. Recycle Bin sebenarnya merupakan fitur yang ada di desktop komputer. Terlepas dari sistem operasi apa yang digunakan pada laptop. Berikut adalah cara untuk melakukannya:

  • Masuk ke Menu Start yang Ada Pada Tampilan Menu Awal Windows 10
  • Klik menu Settings pada tampilan awal Menu
  • Pada menu Settings, pilih menu Personalization, kemudian menuju opsi Tema atau Themes yang ada di dalamnya.
  • Klik ikon Recycle Bin pada tampilan menu tersebut untuk memunculkan ikon Recycle Box.
  • Klik opsi Recycle Box yang muncul, para pengguna akan di bawah ke data dan file yang sudah terhapus pada periode waktu tertentu dalam komputer.
  • Untuk memulihkan kembali file dan data yang terhapus. Klik pada data atau file yang ingin dipulihkan. Kemudian, klik kanan dan pilih opsi Restore pada pilihan yang muncul.
READ ALSO:  Cara Menggambar di Layar Komputer

Perlu diketahui bagi para pemilik laptop Windows 10 yang menggunakan fitur ini. Recycle Bin hanya menyimpan file yang dihapus dalam jangka waktu tertentu saja. Jadi, jika ada file penting yang terhapus dan ingin dipulihkan kembali. Pastikan untuk melakukan pemulihan file secepat mungkin. Sebelum, data yang disimpan dalam Recycle Bin dihapus atau hilang untuk seterusnya.

File History Untuk Memulihkan File yang Terhapus

Cara mengembalikan file yang terhapus permanen di Laptop Windows 10 selanjutnya adalah dengan menggunakan fitur File History. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, fitur ini merupakan fitur khusus yang hanya ada di laptop dengan sistem operasi Windows 10 saja.

Syarat agar file history ini dapat bekerja dengan maksimal. Para pengguna harus mengaktifkan fitur ini sedari awal. Jadi, fitur File History bisa secara aktif membuat backup dari file yang terhapus. Termasuk file yang terhapus secara permanen. Berikut adalah cara melakukannya:

  • Masuk ke Menu Settings yang ada di Windows 10. Kemudian, pilih opsi Update & Security.
  • Pilih opsi Back Up dan tambahkan drive atau folder memori yang menjadi tujuan back up.
  • Drive yang menjadi tujuan back up, bisa dipilih melalui opsi yang keluar setelah tombol Add a drive pada opsi di klik.
  • Aktifkan Fitur Back Up secara berkala pada File History sehingga file yang terhapus masih bisa dipulihkan dengan mudah.

Setelah fitur File History ini aktif, memulihkan file yang terhapus pun menjadi mudah. Para pengguna tidak mencari di kolom pencarian atau pada drive yang dipilih. Akan muncul folder khusus di mana folder tersebut menyimpan back up dari file yang terhapus. Para pengguna tinggal memulihkan file yang diinginkan pada folder tersebut. Termasuk file yang terhapus secara permanen.

READ ALSO:  Cara Mematikan Antivirus Windows 10 secara Permanen & Sementara

Akhir Kata

Itulah cara mengembalikan file yang terhapus permanen di laptop Windows 10. Sangat mudah sekali bukan. Bahkan, Windows 10 memiliki fitur khusus yang bisa menyelamatkan file penting para penggunanya.