Cara Mengatur Kecerahan Layar pada Windows 7

Tiap orang mempunyai kenyamanan yang berbeda ketika menggunakan computer, terutama dalam pengaturan kecerahan layar komputernya. Ada yang menyukai layar terang, ada pula yang menyukai layar redup. bagaimana cara mengaturnya?

Tiap orang mempunyai kenyamanan yang berbeda ketika menggunakan computer, terutama dalam pengaturan kecerahan layar komputernya. Ada yang menyukai layar terang, ada pula yang menyukai layar redup. Jika anda membutuhkan cara untuk mengatur kecerahan layar, khususnya pada windows 7, anda sudah tepat menemukan artikel ini.

Mengatur kecerahan layar sebenarnya mudah, jika mengetahui cara dan langkah-langkahnya. Untuk mengaturnya, kita perlu masuk ke setting. Nah, sebelum membahas lebih lanjut tentnag cara mengatur kecerahan layar komputer, ada baiknya kita mengetahui dahulu manfaat menggunakan layar yang pas (cenderung redup) bagi mata. Untuk mencapai kenyamanan itu, kita memang perlu melakukan sedikit pengaturan hingga ke titik tertentu. Jika mata nyaman, kesehatan mata terjaga, maka kita tentu bisa semakin produktif menggunakan komputer kita.

Manfaat menggunakan Layar komputer yang cenderung redup

Layar komputer yang redup memberikan beberapa manfaat yang tidak kita sadari. Apa saja? Berikut rangkuman chemistrick tentang beberapa manfaat layar redup dan langkah mengkonfigurasinya di computer kita.

1. Mengoptimalkan Kontras

Bila Anda sedang bekerja di dalam ruang yang condong kurang cahaya, mengatur monitor computer menjadi redup termasuk penting untuk dilakukan. Sebab, pengaturan menjadi redup akan membuat intensitas cahaya yang dihasilkan layar monitor tidak terlalu berlebih.

Hasil yang diberikan akan menampilkan kontras pada monitor yang optimal, menghindarkan efek silau pada mata pengguna yang mana dampak silau cahaya tersebut berpotensi membikin mata menjadi tidak nyaman.

2. Ramah untuk Mata

Menatap layar monitor computer dalam waktu yang cukup lama berpotensi membuat mata pengguna computer jadi kecapekan.

READ ALSO:  Review Laptop: Dell Concept Luna, Laptop Tahan Lama Ramah Lingkungan

Apalagi cahaya monitor yang terlalu berlebih semakin lebih kerap membuat mata menadi kering, yang berdampak pada mata menjadi lebih sering berkedip-kedip. Mengatur layar monitor jadi redup merupakan jalan keluar yang memberikan kenyamanan pada mata dan memastikan mata aman dari resiko  yang merugikan kesehatan mata.

3. Meminimalkan Resiko Kanker

Para ahli yang melakukan riset, telah mempublikasikan hasil risetnya, bahwa cahaya dari monitor computer banyak terkandung Bluelight atau cahaya biru.

Mata yang terpapar Bluelight secara berlebihan, pada kenyataannya dapat memicu munculnya resiko kanker pada pengguna. Pengguna komputer yang mengatur monitor menjadi redup, sebenarnyat telah berperan untuk meminimalkan paparan Bluelight yang dalam waktu tertentu pasti beresiko menimbulkan penyakit kanker yang senantiasa mengintai kesehatan mata. Dengan demkian, kesehatan mata selalu terlindungi walau ada dalam waktu yang lama di muka computer.

4. Memperjelas Tulisan

Menurunkan intensitas cahaya layar computer sangat erguna juga untuk mermperjelas tulisan yang terpampang pada layar monitor. Dengan demikian, menggunakan cahaya yang redup pada komputer sebenarnya juga mampu menambah konsentrasi kita dalam bekerja menggunakan komputer tersebut.

Mata pengguna yang dapat membaca tulisan yang terpampang pada layar monitor secara jelas dan fokus, tentu membuat pengguna komputer semakin memahami tulisan yang terdapat pada layar komputer. Jelas, hal tersebut memungkinkan kita untuk menuntaskan pekerjaan dengan lebih baik.

5. Mengirit Battery

Monitor computer yang mempunyai tingkat kecerahan yang tidak terlalu tinggi tentunya juga dapat mengirit konsumsi battery secara signifikan.

Biasanya batterynya akan cepat habis jika digunakan dengan intensitas cahaya yang tinggi, akibatnya kita menjadi lebih sering harus mengecharge ulang battery laptop. Dengan mengatur kecerahan menjadi redup, maka penggunaan computer/netbook menjadi lebih lama karena battery akan bekerja lebih irit.

Nah, setelah memahami pentingnya meredupkan layar monitor laptop, berikut pembahasan tentang bagaimana Cara Mengatur Kecerahan Layar pada Windows 7.

READ ALSO:  Pengguna iPhone Wajib Tahu! Cara Mengeringkan iPhone yang Basah

Cara Mengatur Kecerahan Layar pada Windows 7

Terdapat beberapa cara untuk mengatur kecerahan layar pada windows 7 yang dapat kita coba sendiri menggunakan laptop kita. Aturlah dengan mencoba beberapa cara ini sampai dihasilkan tingkat kecerahan layar yang sesuai dengan yang kita inginkan. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan.

1. Manfaatkan Fitur pada Monitor

Cara mengatur kecerahan layar yang pertama adalah dengan memanfaatkan fitur untuk meredupkan layar komputer secara langsung pada beberapa fitur berupa tombol yang terdapat pada monitor.

Baik itu dengan memencet tombol pengatur kecerahan layar pada bagian depan atau ujung monitor maupun dengan menggunakan software.

Monitor tertentu dengan Windows 10 bisa dipasangi software Onscreen control, langsung klik pada “Monitor control” lalu pilih pengaturan “Brightness”.

2. Fitur Personalize

Cara kedua adalah dengan memanfaatkan fitur personalize yang terdapat pada sistem operasi Windows 7 ke bawah. User dapat mengatur kecerahan layar komputer dari halaman awal Windows.

Adapaun langkah-langkah yang dapat ditempuh adalah:

  1. Setelah masuk ke windows , lalu klik kanan bagian mouse
  2. Klik opsi “Personalize”
  3. Kemudian klik panel “Display”
  4. Setelah itu, Anda dapat langsung melakukan pengaturan kecerahan pada bagian pengaturan “Adjust Brightness”

3. Fitur Klik Kanan di Mouse

Cara ketiga yaitu dengan menggunakan klik kanan pada mouse, cara ini tersedia pada komputer dengan OS Windows 10. Langkah langkah yang dapat dilakukan yaitu sebagai berikut :

  1. Letakkan kursor mouse di layar utama desktop, keudian anda dapat melakukan klik kanan lalu pilih “Display Settings”
  2. Pada halaman sberikutnya, Anda bisa mencari menu “Brightness and color”
  3. Setelah ketemu, anda dapat memulai mengatur kecerahan, misalnya untuk meredupkan layar, Anda bisa menggeser parameter pada menu“Change Brightness”

4. Kombinasi Ikon Windows + X

Cara meredupkan layar komputer berikutnya adalah dengan menekan kombinasi tombol Windows dan X di keyboard.

Cara satu ini bisa dilakukan untuk OS Windows 7, 8 dan 10.

READ ALSO:  Cara Mengaktifkan Fast Charging Pada Samsung Galaxy S21

Tekan “Windows + X” di keyboard secara bersamaan
Selanjutnya pilih opsi “Windows Mobile Center”
Di halaman selanjutnya Anda bisa meredupkan layar komputer di menu “Display Brightness”
Selanjutnya Anda geser bar ke kiri untuk meredupkan layar hingga titik tertentu
Jika sudah, tutup menu dan pengaturan kecerahan otomatis tersimpan

5. Kombinasi Tombol Fn + F1

Langkah kelima untuk mengatur kecerahan layar adlah dengan menggunakan tombol Fn + F1. Cara ini merupakan cara paling praktis bagi Anda yang tidak mau ribet. Kombinasi tombol keyboard tersebut memang diperuntukkan untuk meredupkan layar komputer.

Dengan menekan Fn + F1 secara bersamaan, anda bisa memulai mengatur tingkat kecerahan layar sesuai selera Anda.

6. Menggunakan Slider Icon di Windows 10

Langkah keenam, uaitu mengunankan slider icon pada winsdows 10. Langkah yang bisa dilakukan, diantaranya:

  1. klik ikon baterai yang terdapat pada pojok kanan bawah desktop, langkah ini dapat dilakukan ketika laptop dalam keadaan tidak sedang mengisi daya/charge.
  2. Untuk memulai mengatur kecerahan layar / untuk meredupkan, Anda bisa menggeser bar/parameter ke bagian “Best Battery Life”
  3. Selain berfungsi untuk meredupkan layar, langkah ini juga berfungsi untuk menghemat baterai agar komputer/laptop bisa bertahan lama dan daya tidak cepat habis

7. Menggunakan Slider di Windows 7

Langkah ketujuh ini, sebenarnya sama dengan cara sebelumnya, bedanya khusus untuk OS Windows 7. Langkah yang dapat dilakukan antara lain:

  1. tekan/klik ikon baterai di desktop bagian kanan bawah
  2. Untuk memulai meredupkan layar, anda bisa langsung saja klik “Adjust Screen Brightness”
  3. Kemudian geser bar ke kiri hingga Anda mendapatkan kecerahan yang sesuai dengan kenyamanan mata Anda
  4. Selesai

Akhir Kata

Itulah tadi beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meredupkan layar dan mengatur kecerahan layar pada monitor pada windows 10. Mudah sekali bukan? Anda bisa memilih cara mana yang paling mudah Anda praktekkan pada komputer anda. Semoga cara diatas dapat dipraktekkan dengan mudah, dan semoga bermanfaat.