Cara Mengatasi Touchpad Tidak Berfungsi Windows 10

ada kalanya touchpad bermasalah, khususnya pada windows 1o. Tiba tba touchpad tidak berfungsi. Jika terjadi masalah demikian, bagaimana solusinya?

Touchpad merupakan komponen penting pada laptop. Touchpad diartikan sebagai Bantalan sentuh (bahasa Inggris: touchpad; trackpad) berfungsi sebagai peranti penunjuk. Komponen ini berupa permukaan khusus yang dapat menafsirkan gerakan dan posisi jari pengguna pada layar komputer. Peranti ini biasanya merupakan piranti yang wajib terdapat pada komputer laptop, PDA, serta beberapa pemutar media portabel.

Namun, ada kalanya touchpad bermasalah, khususnya pada windows 1o. Tiba tba touchpad tidak berfungsi. Jika terjadi masalah demikian, bagaimana solusinya?

Sebelum membahas lebih lanjut, ada baiknya kita memahami permasalahannya terlebih dahulu, mengapa touchpad tidak berfungsi dengan baik.

Penyebab Umum Disfungsi Touchpad

Touchpad laptop yang gagal dijalankan atau berfungsi, biasanya disebabkan permasalahan driver yang terhapus, atau bisa juga dikarenakan fitur touchpad yang dalam kondisi disable/dimatikan secara tidak sengaja pada laptop. Permasalahan touchpad yang tidak berfungsi juga bisa disebabkan karena sistem operasi Windows 10 yang sudah kedaluwarsa. Atau barangkali terjadi dikarenakan adanya hardware  yang rusak.

Untuk memastikan bahwa laptop kamu benar-benar rusak, hal pertama yang harus dicek adalah sortcut untuk mengaktifkan dan mematikan touchpad. Perlu diketahui bahwa biasanya laptop memiliki kombinasi tombol tertentu yang apabila ditekan dapat berfungsi sebagai shortcut untuk mengaktifkan atau mematikan touchpad. Periksalah apakah touchpad dalam kondisi disable atau tidak. Jika tidak ada permasalahan berarti perlu ditelusuri lebih lanjut penyebab disfungsi pada touchpad.

Permasalahan umum yang biasanya disinyalir menjadi penyebab touchpad laptop tidak berfungsi, antara lain:

  1. Touchpad sedang dalam keadaan tidak aktif (disable)
  2. File Explorer tidak merespon perintah / Not Responding
  3. Driver touchpad mengalami korup atau terhapus (baik sengaja maupun tidak sengaja)
  4. Terjadi konflik / crash dengan program atau perangkat lain
  5. File sistem yang corrupt.

Chemistricks memiliki beberapa solusi untuk mengatasi problem tersebut.

Cara Mengatasi Touchpad Tidak Berfungsi Windows 10

Berikut ini langkah-langkah mengatasi Touchpad laptop tidak berfungsi yang bisa Anda lakukan:

  1. Aktifkan Touchpad pada Windows Settings
  2. Lakukan Restart Windows
  3. Lepaskan perangkat USB yang sedang terpasang
  4. Lakukan install ulang driver Touchpad
  5. Menginstall Synaptic atau ELAN driver
  6. Mengupdate Windows 10
  7. Jalankan langkah Troubleshooter
  8. Melakukan perbaikan file system yang corrupt dengan CMD
  9. Roll back driver Touchpad ke versi lama
  10. Uninstall program terakhir yang baru saja diinstall
  11. Menjalankan system restore
  12. Melakukan Reset PC

Adapun penjelasan dari beberapa alternatif pemecahan masalah di atas adalah sebagai berikut:

READ ALSO:  Review Laptop: MSI Crosshair 15 (B 12U)

1. Aktifkan Touchpad pada Windows Settings

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memastikan pengaturan touchpad di Windows 10 sudah benar atau belum. Touchpad bisa saja tidak berfungsi dikarenakan pengaturan touchpad yang keliru, atau tidak sengaja diatur dalam keadaan dimatikan. Artinya, touchpad yang tidak berfungsi dan kursor tidak bisa digerakkan itu terjadi bukan karena kerusakan, melainkan pengaturan yang salah. Untuk mengatasinya ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Klik tombol Start,
  2. kemudian Pilih menu Settings
  3. lalu klik menu Devices
  4. Klik pada tab Touchpad
  5. Aktifkan touchpad menjadi On

Apabila kita menghendaki touchpad mati secara otomatis ketika mouse, maka kita bisa melakukan check atau centang pada opsi Leave touchpad on when a mouse is connected.

Dari pengaturan tersebut, kita juga bisa melakukan pengaturan kecepatan, sensitivitas touchpad, dan scrolling pada touchpad.

2. Restart explorer atau restart Windows

Cara kedua yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan touchpad laptop yang tidak berfungsi adalah dengan melakukan restart file explorer. Asumsi yang digunakan karena bisa jadi touchpad tidak bisa digerakkan disebabkan karena masalah file explorer not responding.

File Explorer adalah program yang dibutuhkan oleh setiap aplikasi pada Windows supaya dapat dijalankan. Jika terjadi kendala pada File Explorer, maka mungkin menyebabkan beberapa aplikasi dan perangkat menjadi bermasalah dan berakibat gagal berfungsi dengan baik. Hal ini bisa diatasi dengan melakukan restart.

Caranya, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Klik kanan pada Taskbar
  2. Pilih Task Manager
  3. Klik pada tab Processes
  4. Temukan program bernama Windows Explorer
  5. Klik kanan pada Windows Explorer
  6. Pilih Restart

Saat melakukan restart explorer, mungkin tampilan desktop mengalami blank, namun hal ini normal, karena beberapa saat kemudian akan kembali seperti sedia kala. Setelah selesai melakukan restart, periksalah apakah touchpad sudah bisa digunakan kembali. Jika belum berhasil, maka bisa dilakukan restart Windows.

3. Lepas perangkat USB lain yang terpasang

Apabila touchpad di laptop Anda tidak berfungsi dan kebetulan saat itu sedang menggunakan perangkat lain seperti mouse, keyboard eksternal, atau perangkat apapun yang dihubungkan melalui USB, anda bisa melepas beberapa perangkat tersebut untuk beberapa saat. Touchpad mungkin tidak berfungsi disebabkan adanya konflik dengan perangkat eksternal yang menyebabkan bug.

Ketika touchpad tidak bisa berfungsi bersamaa ketika menggunakan mouse di Windows 10, maka coba Anda cek pengaturannya sebagaimana langkah nomor 1. Mungkin opsi Leave touchpad on when a mouse is connected dalam keadaan aktif (On).

4. Reinstall driver

Langkah berikutnya yang bisa dicoba untuk dilakukan adalah mengecek apakah driver touchpad sudah terinstall dan berfungsi dengan baik. Bahkan jika dibutuhkan, anda bisa melakukan instalasi ulang driver touchpad dengan cara menghapusnya lalu menginstallnya kembali.

Untuk melakukannya ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pencet tombol Windows+R, sesaat kemudian muncul dialog box RUN
  2. Ketikkan pada run: devmgmt.msc
  3. Pada program Device Manager, pilih driver touchpad
  4. Klik kanan pada driver touchpad tersebut
  5. Lakukan Uninstall device
  6. Restart kembali laptop
READ ALSO:  Review Laptop: LG Ultra Gear 17G90Q

Setelah laptop on kembali, maka driver touchpad akan diinstall lagi secara otomatis oleh system.

5. Install Synaptic (ELAN driver)

Cara mengatasi touchpad laptop tidak berfungsi di Windows 10 berikutnya adalah menginstall driver touchpad, yaitu Synaptic atau bisa juga Elan. Sebelum menginstallnya, ada baiknya dicek terlebih dahulu pada Device Manager untuk memastikan jenis touchpad milik Anda, kemudian download dan install drivernya.

6. Update Windows 10

Melakukan update Windows 10 mungkin bisa membantu mengatasi permasalahan touchpad yang tidak berfungsi. Mengapa? Kerena update windows membantu melakukan pembaruan pada driver Windows, dan windows  akan mendownloadnya secara otomatis.

Update windows juga dapat meningkatkan security patch dan menutupnya terjadi bug. Update windows 10 mungkin bisa kita lakukan apabila masalah pada touchpad tersebut memang muncul karena adanya bug pada Windows.

Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke menu Settings Windows 10
  2. Klik menu Update & Security
  3. Pilih tab Windows Update
  4. Pilih Check for updates
  5. Sesaat kemudian proses update akan dimulai

Proses download dan install update mungkin membutuhkan waktu yang tidak sebentar, maka perlu memastikan daya laptop masih terisi dan cukup untuk melakukan proses tersebut. Disamping itu, perlu juga memastikan koneksi internet yang stabil. Diharapkan setelah proses update Windows selesai maka masalah touchpad tidak berfungsi akan teratasi.

7. Jalankan Troubleshooter

Opsi menjalankan Troubleshooter di Windows 10, bisa dilakukan dan selama ini cukup banyak yang berhasil mengatasi permasalah touchpad laptop ASUS yang tidak berfungsi.

Troubleshooter adalah fitur di Windows yang berfungsi mendeteksi sistem yang error sekaligus melakukan perbaikan secara otomatis. Masalah touchpad yang tidak berfungsi, mungkin disebabkan karena kompatibilitas dan konflik dengan program lain, disitulah opsi troubleshooter diharapkan dapat membantu mendeteksi dan menyelesaikan permasalahan tesebut.

Untuk menjalankannya, Anda bisa melakkan langkah-langkah berikut ini :

  1. Klik Start
  2. Pilih Settings
  3. Pilih menu Update & Security
  4. Klik tab Troubleshoot
  5. Pada panel sebelah kanan, pilih menu Additional troubleshooters
  6. Pilih Program Compatibility Troubleshooter
  7. Klik pada tombol Run the troubleshooter

Saat troubleshoot berlangsung, Windows akan mencoba mendeteksi masalah pada sistem dan mencoba memperbaikinya. Biasanya terdapat beberapa pilihan tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya.

8. Melakukan system scan dengan CMD

Menjalankan system scan menggunakan Command Prompt bisa menjadi alternatif cara berikutnya untuk mengatasi touchpad tidak berfungsi dan kursor yang tidak bisa digerakkan pada laptop.

Untuk menjalankannya, berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan:

  1. Klik pada tombol Start
  2. Ketikkan: cmd
  3. Pilih Run as administrator
  4. Pada kotak Command Prompt ketik perintah: sfc /scannow
  5. Tekan Enter

Proses system scan akan berlangsung, jika terdapat file system yang rusak atau corrupt, maka system scan akan melakukan perbaikan secara otomatis, dan proses scan dan perbaikan tersebut dapat disaksikan pada layar monitor.

READ ALSO:  Review Laptop: Acer Predator Helios 500

9. Roll back ke versi driver lama

Langkah ini dapat dilakukan apabila kita mencurigai touchpad menjadi tidak berfungsi karena sebelumnya kita melakukan update driver atau update Windows.  Mungkin disfungsi touchpad dapat terjadi karena driver baru yang tidak kompatibel atau ada bug. Maka untuk mengatasinya bisa dengan mengembalikan ke versi driver sebelumnya.

Untuk melakukannya, anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka program Device Manager
  2. Temukan driver laptop sesuai merk laptop, misalnya Asus touchpad, HP touchpad, Dell touchpad, Lenovo touchpad, dll
  3. Klik kanan pada driver touchpad
  4. Pilih Properties
  5. Klik pada tab Driver
  6. Klik pada tombol Roll Back Driver

Semoga langkah ini berhasil, jika belum juga berhasil, ikuti opsi berikutnya.

10. Uninstall program terakhir yang diinstall

Touchpad bisa saja tiba-tiba tidak bisa berfungsi setelah melakukan instalasi program tertentu yang menyebabkan konflik dengan driver touchpad.

Untuk mengatasinya, cobalah untuk menghapus program baru tersebut. Jika setelah diunistall ternyata touchpad kembali normal maka program tersebutlah yang menjadi penyebabnya.

11. Jalankan system restore

System restore merupakan fitur backup yang berfungsi mengembalikan Windows pada keadaan terbaik sebelum backup dibuat. Fungsi system restore baru akan terasa ketika rutin membuat backup dengan restore point, khususnya ketika terjadi permasalahan pada laptop seperti kasus touchpad yang bermasalah tersebut. Ketika terjadi masalah, maka saat inilah waktu yang tepat untuk memanfaat system restore. Bagaimana cara menjalankannya?

Lakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Masuk ke Control Panel
  2. Pilih menu Recovery
  3. Klik pada pilihan Open System Restore, lalu next
  4. Pilih Restore Point saat touchpad masih berfungsi dengan normal
  5. Klik Next, lalu Finish

System restore tidak akan menghilangkan data-data penting Anda, hanya aplikasi terakhir yang diinstall setelah restore point dibuat lah yang akan terhapus.

Pada tahap akhir sebelum restore berjalan, sistem akan memberitahu program-program apa saja yang akan terhapus akibat proses ini.

12. Reset PC

Pilihan terakhir ketika terjadi permasalahan touchpad yang tidak berfungsi adalah dengan melakukan Reset PC. Cara ini bisa dikatakan satu-satunya pilihan yang tersisa jika tak ingin melakukan langkah lebih ekstrim, yaitu install ulang Windows 10.

Bagaimana melakukan reset PC? ikutilah langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka menu Settings pada Windows 10
  2. Pilih menu Update & Security
  3. Pilih menu Recovery
  4. Klik tombol Get started pada Reset this PC
  5. Pilih Keep my files, lalu klik next
  6. Klik tombol Reset

Resiko melakukan Reset PC adalah program-program pihak ketiga akan terhapus, namun untungnya ketika memilih opsi Keep my files maka file-file lama yang terdapat pada drive C tidak akan terhapus.

Setelah melakukan reset, komputer akan kembali seperti pada saat pertama kali Anda membeli laptop, diharapkan dengan langkah ini maka touchpad yang bermasalah mestinya sudah berfungsi dengan normal lagi.

Penutup

Demikianlah ulasan chemistricks tentang Cara Mengatasi Touchpad Tidak Berfungsi Windows 10, Semoga berhasil.