Cara Mengajukan refund untuk pembelian di Google Play

Cara Mengajukan refund untuk pembelian di Google Play

Cara Mengajukan Pengembalian uang untuk pembelian di Google Play

Sebagai toko yang menyediakan berbagai aplikasi dan Konten, Google Play Store juga memberikan kesempatan bagi konsumen untuk meminta pengembalian dana.

Misalnya, jika teman atau anggota keluarga secara tidak sengaja melakukan pembelian menggunakan akun Anda, Anda dapat meminta pengembalian dana di situs Google Play.

Jika Anda menemukan pembelian yang tidak dilakukan atau tidak dilakukan oleh orang yang dikenal menggunakan kartu atau metode pembayaran lainnya, Anda dapat melaporkan biaya yang tidak sah 120 hari setelah transaksi.

Mengutip Halaman Dukungan Google, ada beberapa catatan yang harus anda perhatikan jika Anda ingin melakukan pengembalian uang atau pengembalian uang di Google Play.

Jika masih kurang dari 48 jam dari pembelian aplikasi atau dalam aplikasi, Anda dapat meminta pengembalian dana melalui Google Play.

Jika Anda membeli musik, film, buku, atau konten lainnya, Anda dapat meminta pengembalian dana lebih dari 48 jam setelah pembelian. Untuk ini, Anda dapat memeriksa persyaratan pengembalian dana di laman Bantuan Google mengingat beberapa item mungkin memiliki persyaratan yang berbeda.

Biasanya, keputusan akan dibuat dalam satu hari kerja hingga maksimal empat hari kerja.

Jika pembelian Anda tidak ada dalam daftar pembelian terbaru, Anda dapat meminta pengembalian dana melalui situs Google Play dengan tiga opsi.

tiga cara pengajuan refund pembelian

Cara pertama adalah yang paling mudah, yaitu dengan meminta pengembalian dana di situs Google Play. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pada komputer Anda, pergi ke play.google.com/store/account.
  2. Pilih Riwayat Pesanan
  3. Temukan pesanan yang ingin Anda kembalikan.
  4. Pilih minta pengembalian dana atau laporkan masalah, lalu pilih opsi yang menjelaskan masalah Anda.
  5. Lengkapi formulir dan perhatikan bahwa Anda ingin pengembalian dana.
  6. Anda akan mendapatkan pesan yang mengatakan”Terima kasih telah mengangkat masalah Anda”. Kemudian, Anda akan mendapatkan email mengenai keputusan pengembalian dana. Biasanya, Anda akan mendapatkan pengembalian dana dalam waktu 15 menit hingga maksimal 4 hari kerja.
READ ALSO:  Cara mengubah tampilan WhatsApp ke mode gelap

Cara kedua adalah melalui Asisten Google atau Asisten Google. Untuk cara kedua, Anda dapat memberi tahu Google Assistant di perangkat Anda bahwa anda ingin melakukan pengembalian dana Google Play. Namun, untuk meminta pengembalian dana dari Asisten Google, Anda harus menggunakan bahasa Inggris Amerika Serikat di perangkat.

Sedangkan cara ketiga adalah mendapatkan dukungan dari developer atau pembuat aplikasi. Anda harus menghubungi pengembang aplikasi Jika:

  1. Memiliki pertanyaan tentang aplikasi.
  2. Melakukan pembelian dalam aplikasi, tetapi item yang dibeli tidak terkirim atau tidak berfungsi seperti yang anda harapkan.
  3. Anda ingin pengembalian dana dan sudah lebih dari 48 jam sejak pembelian Anda. Pengembang dapat membantu Anda dengan masalah pembelian, dan dapat memproses pengembalian uang sesuai dengan kebijakan dan hukum yang berlaku.

Sebelumnya, dalam perayaan ulang tahun ke-10, Google Play mendapat logo baru. Google diketahui sedikit mengubah bentuk keseluruhan logo Google Play-nya. Perubahan yang paling menonjol adalah warna yang sekarang kurang mencolok.

Warna logo Google Play Baru terdiri dari hijau, kuning, biru, dan merah. Masih menggunakan warna sebelumnya tapi lebih lembut. Warna-warna ini juga digunakan di layanan Google lainnya.

Yang mengatakan, warna logo Google Play baru adalah penyesuaian untuk melengkapi logo Google Chrome baru yang diperbarui awal tahun ini.

“Kami memperkenalkan logo baru yang lebih mencerminkan keajaiban Google dan cocok dengan branding yang dibagikan oleh banyak produk kami yang bermanfaat. Mulai dari Google Search, Google Assistant, Foto, Gmail, dan lain-lain,” ujar VP Google Play Tian Lim.

Lim mengatakan logo dan ikonografi baru ini menandai 10 tahun Google Play, setelah namanya diubah dari Android Market pada tahun 2012.

READ ALSO:  Cara mematikan pembaruan Windows 11 secara otomatis

“Satu dekade kemudian, lebih dari 2,5 miliar orang di lebih dari 190 negara Menggunakan Google Play setiap bulan untuk menemukan aplikasi, game, dan konten digital,” kata Lim.

Dia mengatakan lebih dari 2 juta pengembang bekerja dengan Google app store untuk membangun bisnis mereka sendiri dan menjangkau orang-orang di seluruh dunia.