Cara Mencetak dari iPhone atau iPad Anda: panduan sederhana

Cara Mencetak dari iPhone atau iPad Anda
Ingin tahu cara mencetak dari iPhone atau iPad Anda? Berikut cara menggunakan AirPrint dan beberapa opsi lainnya.

Ingin tahu cara mencetak dari iPhone atau iPad Anda? Berikut cara menggunakan AirPrint dan beberapa opsi lainnya.

Meskipun banyak dari kita hidup sebagian besar paperless hidup, masih ada kesempatan ketika kita semua perlu untuk mencetak sesuatu. Untungnya, mencetak foto dan dokumen secara nirkabel langsung dari iPhone atau iPad Anda semudah mengirim pesan teks.

Teknologi pencetakan AirPrint Apple, ditambah beberapa aplikasi pihak ketiga yang praktis, membuatnya cepat dan mudah dicapai. Berikut cara mencetak dari iPhone atau iPad Anda ke hampir semua printer.

Pencetakan iPhone dengan AirPrint

Ada banyak cara untuk menghubungkan printer ke iPhone. Yang paling sederhana adalah dengan fitur AirPrint Apple sendiri. Tidak ada aplikasi AirPrint untuk men—download-itu semua built-in dan siap untuk pergi.

Cukup periksa daftar printer yang kompatibel dengan AirPrint Apple. Jika milik anda ada di sana, yang perlu anda lakukan hanyalah memastikannya terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama dengan iPhone atau iPad Anda. Anda tidak perlu menambahkan printer, karena printer akan muncul secara otomatis di perangkat Anda.

Anda dapat mencetak dari banyak aplikasi pihak pertama dan ketiga; cukup temukan opsi cetak yang terletak di bawah tombol Bagikan.

Prosesnya serupa untuk sebagian besar aplikasi. Jika Anda ingin mencetak dokumen, misalnya, Anda akan membuka dokumen, tekan Bagikan, lalu temukan ikon cetak dan ketuk.

READ ALSO:  Cara Scan dokumen di iPhone tanpa aplikasi pihak ketiga

Ini membuka opsi printer di iPhone atau iPad Anda. Di sini, Anda perlu memilih printer Anda (dengan asumsi Anda memiliki lebih dari satu di jaringan Anda). Anda juga dapat mengatur jumlah salinan yang ingin Anda buat, atau halaman mana yang ingin Anda cetak. Saat Anda senang, ketuk Cetak.

Beberapa aplikasi iOS tidak menyertakan fitur pencetakan, jadi Anda perlu mengekspor konten yang dipilih. Untuk melakukan ini, simpan dokumen ke Aplikasi File. Aplikasi File memungkinkan Anda mencetak ke AirPrint. Jika aplikasi asli tidak memungkinkan Anda untuk mengekspor konten, Anda dapat mengambil tangkapan layar dan mencetaknya sebagai foto.

Cara mencetak foto dari iPhone atau iPad

Anda dapat mencetak gambar langsung dari Aplikasi Foto iOS atau iPadOS. Untuk mencetak satu gambar, Ikuti instruksi yang sama seperti di atas.

Anda juga dapat mencetak seluruh batch gambar dalam satu pergi. Untuk melakukan ini, buka album Anda dan ketuk Pilih di sudut kanan atas. Sekarang Pilih Semua foto yang ingin Anda cetak—Anda akan melihat tanda centang di samping yang telah Anda tambahkan. (Tekan mereka lagi untuk membatalkan pilihan mereka.)

Terakhir, ketuk tombol Bagikan, pilih ikon cetak, dan lanjutkan dari sana.

Pencetakan iPhone dengan aplikasi khusus Printer Anda

Tetapi bagaimana jika Anda perlu mengatur printer nirkabel untuk iPad atau iPhone Anda dan tidak mendukung AirPrint? Pilihan terbaik berikutnya adalah melihat apakah printer Anda memiliki aplikasi khusus sendiri.

Sebagian besar produsen printer (termasuk Epson, HP, dan Canon) menawarkan aplikasi yang dirancang untuk bekerja dengan perangkat keras mereka sendiri di jaringan yang sama. Aplikasi ini mungkin menawarkan lebih banyak fitur – terutama dukungan untuk opsi berpemilik-yang tidak akan anda dapatkan di tempat lain, seperti mengubah ukuran cetak untuk mencetak halaman penuh.

READ ALSO:  Cara mengubah tema tampilan di Chrome OS 104

1. Epson iPrint

Epson iPrint, misalnya, dapat mencetak banyak foto dari perpustakaan foto Anda, dokumen dari akun Dropbox, Evernote, Google Drive, dan Microsoft OneDrive Anda, dan dokumen yang disimpan ke file Anda.

Ini juga memiliki browser web bawaan untuk mengunduh dan mencetak halaman web.

2. HP Smart

HP Smart bekerja dengan cara yang sama untuk printer HP jaringan dalam pengaturan bisnis. Ini mendukung layanan cloud seperti Dropbox, ditambah foto Facebook.

Jika Anda tidak berada di dekat printer jaringan Anda, ePrint juga memungkinkan pengiriman dokumen ke salah satu dari 30.000 lokasi cetak publik, seperti toko UPS atau kantor FedEx.

Anda dapat mengatur dan mengaktifkan lokasi pencetakan dari dalam aplikasi, dan pilih dokumen atau foto yang akan dikirim ke lokasi printer.

Pencetakan iPhone dengan aplikasi pencetakan pihak ketiga

Jika opsi di atas tidak berfungsi untuk Anda, beberapa aplikasi pihak ketiga ini seharusnya dapat membantu.

1. PrintDirect

PrintDirect gratis untuk diunduh dan diuji, tetapi Anda harus membuka kunci fungsionalitas penuh melalui pembelian dalam aplikasi. Ini berfungsi sebagai semacam pendamping AirPrint karena mendeteksi printer yang terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama. Namun, itu juga harus bekerja dengan printer yang tidak kompatibel dengan AirPrint.

Untuk mencetak dengan PrintDirect, buka dokumen yang ingin Anda cetak dan ketuk ikon Bagikan. Lalu ketuk Simpan ke file.

Setelah Anda menyimpan file Anda, Anda dapat membukanya dengan PrintDirect untuk mencetaknya pada printer pilihan Anda. Buka File > Bagikan dan gulir hingga Anda melihat lebih banyak. Ketuk Lainnya dan gulir ke bawah ke PrintDirect. Kemudian buka dokumen, konfigurasikan pengaturan printer Anda, dan cetak.

READ ALSO:  Cara reset pabrik Konsol Game Xbox

PrintDirect bekerja dengan sebagian besar aplikasi, dan juga mendukung AirPrint.

2. Printer Pro

Bekerja di sepanjang garis yang sama, Printer Pro adalah aplikasi pencetakan yang kuat dan berfitur lengkap untuk iPad atau iPhone.

Untuk menguji Printer Pro, unduh Printer Pro Lite untuk memeriksa apakah printer tersebut cukup mendukung printer Anda. Dari versi lite, Anda dapat mencetak dokumen sampel termasuk dalam aplikasi.

Buka aplikasi untuk mengatur printer Anda dengan mengikuti petunjuk di layar. Untuk mencetak file, simpan ke aplikasi file dan kemudian Buka Dengan Printer Pro dari sana.

Untuk mencetak dari Safari, cukup ubah header URL dari http ke phttp. Ini akan dengan cepat membuka halaman di Printer Pro, tempat Anda dapat mencetaknya.

pencetakan iPhone menjadi mudah

Mencetak dari perangkat seluler mungkin kurang umum daripada sebelumnya, tetapi masih mudah ketika Anda perlu melakukannya. Apakah Anda perlu untuk mencetak sesuatu untuk sekolah, bekerja, atau hanya menyenangkan, Anda memiliki banyak pilihan.

Dengan printer yang mendukung AirPrint, aplikasi pihak ketiga, atau aplikasinya sendiri, Anda dapat dengan mudah membuat hard copy dokumen penting Anda hanya dalam beberapa menit.