Cara Memulihkan Foto dari Ponsel yang Hilang

bagaimana Memulihkan Foto dari Ponsel yang Hilang
Beberapa cara untuk memulihkan file foto dan video dari ponsel yang hilang atau dicuri. Apa saja?

Ada kalanya kita mengalami nasib sial. Nahas karena ponsel kesayangan hilang atau dicuri. Apesnya, ada beberapa data termasuk foto berharga yang sayang kalau hilang. Bisa saja, untuk mengganti ponselnya kita bisa membeli ponsel baru jika kehilangan ponsel. Tapi sekarang semua orang menganggap ponsel sebagai perangkat yang paling berharga karena data yang tersimpan di dalamnya. Dan jika ponsel Anda hilang, Anda tentu berharap datanya kembali.

Pada post kali ini, kami akan memberitahu Anda bahwa ada beberapa cara untuk memulihkan file foto dan video dari ponsel yang hilang atau dicuri. Berikut adalah rincian.

1. Coba akses Foto Google dengan akun yang sama dari ponsel yang hilang

Foto Google adalah harapan terbaik bagi anda untuk mendapatkan kembali akses ke foto dan video lama dari ponsel Anda yang hilang. Google Photo mempunyai fitur yang mungkin bisa membantu, sebab aplikasi ini secara otomatis mengunggah file media ke cloud secara default.

Ini berarti foto dan video Anda mungkin masih tersedia di Akun Google Anda. Caranya cukup mudah, cukup masuk dengan akun yang sama, dan foto favorit Anda akan tersedia. Namun, dalam beberapa kasus, Google Foto tidak menyinkronkan data anda, jika: produsen ponsel menonaktifkan sinkronisasi otomatis, unggahan hanya berjalan pada koneksi WiFi dan Anda tidak menggunakan WiFi, atau Anda telah menonaktifkan sinkronisasi secara manual.

Jika demikian, data Google Foto Anda mungkin tidak lengkap atau tidak tersedia sama sekali. Sementara itu, bagi yang menggunakan ponsel berupa iPhone dapat memeriksa iCloud untuk mendapatkan foto dan video dari perangkat.

READ ALSO:  Yang Harus Dilakukan Ketika Ponsel Jatuh ke Dalam Air

2. Coba gunakan Dropbox

Selain Foto Google, beberapa aplikasi seperti seDropbox, OneDrive, atau Amazon Photos memiliki fitur unggah otomatis saat berada di jaringan WiFi. Jika Anda pernah menggunakan aplikasi ini sebelumnya, coba masuk ke Layanan lagi dan lihat apakah foto Anda masih tersedia.

Jika Anda telah menggunakan satu atau beberapa aplikasi ini, coba akses akun Anda lagi. Mungkin Anda dapat menemukan foto dan video lama Anda yang hilang. Namun sayangnya, jika fitur sinkronisasi dinonaktifkan, Anda tidak akan menemukan apa pun.

3. Kirim pesan ke ponsel Anda yang hilang

Diakui, metode ini sangat tidak mungkin. Apalagi jika ponsel Anda hilang karena dicuri. Karena, tentu saja, tidak ada pencuri yang mau mengaku. Namun, ada sejumlah orang yang cukup beruntung untuk mendapatkan telepon mereka kembali bahkan jika itu di tangan pencuri. Ini terjadi pada seorang pria Di Delhi, India yang mendapatkan ponselnya kembali melalui kurir setelah meminta pencuri untuk mengembalikannya.

Tetapi dalam situasi darurat seperti ini, segala cara harus dicoba. Kirim pesan apakah itu SMS, WhatsApp, atau apa pun yang dapat dibaca oleh orang yang menemukannya, lalu minta dia untuk mengembalikannya. Tidak ada yang salah dengan menjanjikan hadiah bagi siapa saja yang mengembalikan ponsel Anda dan data yang menyertainya.

Begitulah cara Anda dapat memulihkan foto yang hilang atau bahkan ponsel Anda. Tidak ada jaminan bahwa metode yang disebutkan di atas akan berhasil, tetapi patut dicoba.