Cara Memperbaiki Spasi yang Berantakan di Word, Mudah

Cara Memperbaiki Spasi yang Berantakan di Word, Mudah

Bagi pengguna Microsoft Word, pastinya kita pernah pernah menjumpai permasalahan spasi yang berantakan. Kondisi tersebut pastinya sangat menjengkelkan, bukan? Selain menyebabkan membuat tulisan sulit dibaca, juga tak indah dipandang mata. Lalu bagaimana cara memperbaikinya dengan mudah?

Sebelum mengulas lebih lanjut tentang cara mengatasi spasi ms word yang berantakan, mari kita kenali dulu penyebab umum spasi word yang berantakan ini muncul.

Penyebab Spasi Berantakan di Word

1. Perbedaan Versi Ms Word

Penyebab paling sering spasi ms word yang berantakan adalah ketika membuka folder Microsoft word yang berbeda versi. Misalnya ketika membuat dokumen di word 2019, tetapi kemudian file tersebut dibuka menggunakan Ms. word 2003. Biasanya, akan terjadi error dan tulisan menjadi berantakan.

Membuka file yang berbeda versi, tidak akan mengalami masalah spasi berantakan apabila versi word yang digunakan untuk membuka file memiliki versi yang  lebih tinggi dibandingkan versi dokumen word digunakan untuk membuat dokumen. Sederhananya, dokumen yang dibuat di Microsoft word 2007 misalnya, tak akan bermasalah ketika dibuka di word 2019.

2. Dokumen hasil salinan di internet

Selain perbedaan versi, biasanya masalah spasi berantakan juga acapkali muncul setelah kita menyalin tulisan dari sebuah website di internet. Umumnya, masalah yang terjadi adalah adanya jarak spasi tulisan yang berjauhan dan tak beraturan. Ketika kita diburu waktu untuk menyelesaikan dokumen, keadaan ini tentu sangat merepotkan. Sehingga, kita harus menemukan cara yang efektif dan efisien untuk menyelesaikan permasalahan ini.

READ ALSO:  Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di Laptop Windows 10, Mudah

Cara memperbaiki spasi yang berantakan di word

Bagi kita yang tak punya waktu untuk mengedit satu persatu untuk memperbaiki masalah spasi yang berantakan, ada 5 tips yang dapat ditempuh untuk menyelesaikan masalah ini. Mari kita mulai beberapa langkah mudah berikut ini.

Find and Replace

Cara pertam, cobalah menggunakan fitur find and replace. Cara ini cukup direkomendasikan, pasalnya cara ini tidak memerlukan aplikasi tambahan untuk memperbaiki spasi yang berantakan.

Find and replace adalah fitur bawaan dari Microsoft word. Terbukti cara ini dapat memperbaiki spasi yang berantakan di word dengan cepat. Berikut langkah-langkah memperbaki spasi berantakan menggunakan fitur find and replace.

1. Tandai tulisan yang akan diperbaiki dengan cara blok tulisan, anda bisa menggerakkan cursor untuk melakukan blok tulisan, atau bisa menekan CTRL+A untuk melakukan blok di semua tulisan.

2. Setelah tulisan yang berantakan berhasil diblok,  lakukan clear formatting. Caranya, pilih menu home, style, dan lakukan pilih clear formatting.

3. Mulailah mengatur tulisan menggunakan fitur find and replace untuk memperbaiki spasi yang berantakan di ms word. Tekan CTRL+H pada keyboard untuk memunculkan kotak menu find and replace. Pada kolom find what, isilah dengan spasi dua kali. Kemudian pada menu replace with, isi dengan spasi satu kali. Setelah itu klik repace All.

4. Ulangi cara diatas hingga semua yang telah tergantikan menunjukkan angka 0.

Anda juga dapat mencoba langkah kedua, di bawah ini.

Mengubah Tipe Penyimanan File

Permasalahan spasi yang berantakan sebagaimana dijelaskan di atas, acapkali ditemui karena permaslahan perbedaan versi ms. word. Solusinya, anda bisa mengubah tipe penyimpanannya dan disesuaikan dengan versi ms.word yang akan digunakan untuk membuka file. Berikut cara memperbaki tulisan berantakan di word :

READ ALSO:  Cara mengunduh video YouTube 1080p tanpa aplikasi

1. Open document yang akan diperbaiki.

2. Lakukan langkah Save Document  dengan cara klik save as.

3. Mulailah mengubah type file, caranya save as type, ubah menjadi word 97-2003 document.

4. Klik save (simpan).

Langkah ini efektif, karena sekarang dokumen bisa dibuka menggunakan versi word yang lebih rendah, bahkan menggunakan ms word 2003 sekalipun.

Melakukan penyesuaiakan Pengaturan

Cara ketiga yang dapat dicoba adalah mengubah pengaturan ke versi 201o ke atas. Fungsinya adalah supaya agar dokumen dapat dibuka di word 2007 keatas dan word 2003 kebawah.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Open document menggunakan Microsoft word versi 2010 keatas

2. Pergi ke menu file, kemudian pilih info > check for issue > pilih check compatibility.

3. Lakukan centang word 97-2003 dan word 2007

Kini dokumen anda tak lagi berantakan dan dapat dibuka menggunakan Microsoft word 2003 ataupun di Microsoft word 2007 keatas.

Mengedit menggunakan Notepad

Ketika mencopy sebuah tulisan dari website, sebaiknya kita meletakkan dulu di notepad sebelum dipindahkan di ms. word. Sebab, file yang dicopy dari internet, masih mengikuti format wesite yang disalin. Notepad akan menghilangkan semua format dari website. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Copy tulisan dari website, blok, kemudian tekan Ctrl+C pada keyboard, atau gunakan klik kanan lalu pilih copy.

2. Buka aplikasi notepad.

3. Tempelkan tulisan ke notepad, kemudian copy lagi tulisan yang ada pada notepad,

4. Tempelkan teks dari notepad ke word.

Nah, cara ini terbukti juga ampuh mengatasi masalah spasi dari teksyang berantakan. Sebab, salah satu kegunaan dari notepad adalah mengembalikan format teks ke format awal.

READ ALSO:  Cara menggunakan "Search Tweet" dengan tanggal tertentu dengan Advanced Search Twitter

Microsoft Office Suite Service Pack 3

Cara pamungkas yang dapat dicoba, meskipun saya meyakini dengan beberapa cara di atas sudah dapat mengatasi masalah spasi berantakan pada ms word. namun untuk menambah khazanah keilmuan dan tips serta trik, cara terakhir ini mungkin ada kalanya bisa dicoba. Yaitu menggunakan aplikasi tambahan Microsoft office suite pack 3 agar dokumen yang dibuka tidak mengalami spasi berantakan.  Aplikasi ini dapat dicari dan berteberan di google.

Microsoft office suite pack 3 berguna untuk mengatur agar dokumen dapat dibuka di semua versi Microsoft word. Adapun cara instalasinya, akan dibahas di artikel berikutnya.

Akhir Kata

Permasalahan dokumen error dengan spasi yang berantakan memang seringkali membuat pengguna stress. Masalah seperti spasi hilang, spasi yang jaraknya terlalu jauh dan lain sebagainya, harus dicari solusi penyelesaiannya. Semoga kelima cara yang telah diulas di atas, dapat mengatasi permasalahan spasi yang berantakan di Microsoft word.

Demikianlah artikel sederhana tentang cara memperbaiki spasi yang berantakan di word versi chemistricks. Semoga dengan artikel ini membantu. Selamat mencoba.