Cara Membersihkan Laptop Agar Tidak Lemot pada Bagian Software dan Hardware Terlengkap

Ternyata ada 2 cara membersihkan laptop agar tidak lemot pada software dan hardware. Apa saja? Silakan simak artikel berikut ini.

Kegiatan yang dilakukan serba digital membutuhkan mobilitas tinggi sehingga memerlukan laptop yang harus bekerja multitasking dan cepat. Tetapi masalah bisa terjadi apabila laptop yang digunakan menjadi lemot. Biasanya sampah yang menumpuk menjadi kendala utama dan cara membersihkan laptop agar tidak lemot sangatlah sederhana.

Sebelum melakukan pembersihan, pengguna sebaiknya mengetahui jenis-jenis sampah yang ada di laptop yakni, cache, temporary file, recycle bin file serta debu dan kotoran. Hal ini dilakukan agar proses bersih-bersih bisa dilakukan secara menyeluruh dan optimal supaya tidak ada satu sampah pun yang tersisa. Tidak perlu berlama-lama lagi, berikut cara membersihkan laptop yang benar agar tidak lemot:

Cara Membersihkan Bagian Software Laptop

Penyebab utama laptop lemot bisa diketahui dengan cara membersihkan bagian softwarenya. Pengguna harus memeriksa tiap bagian file apakah terdapat penumpukan sampah yang menghambat kinerja laptop atau tidak. Cara ini paling umum digunakan dan sangat mudah sehingga bisa diterapkan dengan rutin untuk mengatasi laptop lemot. Jika baru pertama kali membersihkan laptop, pengguna bisa dengan cara di bawah ini:

1. Lakukan Disk Cleanup

Disk cleanup menjadi kegiatan basic untuk membersihkan laptop lemot akibat banyaknya file sampah yang ada di sana. Metode ini juga sangat simpel karena pengguna tidak perlu menggunakan aplikasi eksternal untuk menghapus tumpukan sampah. Berikut, tahapan dalam membersihkan laptop menggunakan disk cleanup secara lengkap:

Pilih file explorer yang ada di komputer.
Kemudian klik file mana saja yang ingin dibersihkan sampahnya.
Ketika local disk menjadi C, klik kanan.
Setelah itu ambil opsi properties di bagian paling bawah dan klik disk cleanup.
Klik seluruh file untuk dihapus, lalu tekan ok.
Pembersihan laptop otomatis akan berlangsung.

READ ALSO:  Cara mendapatkan uang dari Tik Tok Lite

2. Gunakan Fitur Run

Selain disk cleanup, cara membersihkan laptop agar tidak lemot dengan mudah lainnya bisa menggunakan fitur run melalui tombol shortcut pada keyboard. Metode ini sangat pas untuk pengguna yang ingin membersihkan laptopnya tanpa menghabiskan waktu berlama-lama. Pertama, tekan tombol windows dan R bersamaan, setelah itu tulis temp pada kolom pencarian.

Pilih semua folder yang akan dihapus lalu delete. Setelah itu kembali pada layar utama dan lakukan run sekali lagi dengan menekan tombol windows dan R bersamaan. Pada pencarian di kolom run ketik %temp% lalu file explorer akan terbuka kembali. Hapus seluruh file yang tampil di sana, kemudian masuk ke recycle bin dan kosongkan tempat tersebut.

Cara Membersihkan Bagian Hardware Laptop

Apabila pengguna telah membersihkan sampah yang ada di dalam software laptop dan ternyata masih lemot juga, berarti masalah mungkin saja terdapat pada hardware. Bagian hardware yang kotor bisa menjadi pemicu lambatnya kinerja laptop. Hal ini memang sering diabaikan dan tidak disadari pengguna laptop. Bagian hardware yang harus dibersihkan untuk mengatasi laptop lemot yakni:

1. Ganti thermal paste.

Pemicu laptop sering lemot padahal file sampah rutin dibersihkan bisa jadi karena laptop terlalu panas karena hardware-nya kotor. Cara membersihkan laptop agar tidak lemot pada hardware bisa dimulai dari mengganti thermal paste yang mengering. Fungsi thermal paste sendiri yakni sebagai pereda panas yang dihasilkan dari prosesor ketika laptop sering digunakan. Sebaiknya pengguna membuat jadwal penggantian thermal paste secara rutin.

2. Bersihkan body laptop.

Debu yang menempel di dalam compartment laptop juga bisa menyebabkan lemot karena menghambat panas keluar. Selain itu kipas yang terhalang debu juga memperlambat kinerjanya, sehingga tidak bisa mendinginkan laptop secara menyeluruh. Dengan begitu penting membersihkan kipas, mesin, ventilasi, dan keyboard laptop secara rutin agar debu dan kotoran yang menempel tidak mengganggu.

READ ALSO:  4 fitur baru dari Car Thing Spotify dan cara menggunakannya

AKHIR KATA

Selain endapan sampah file yang tidak diperlukan, debu dan kotoran juga menyebabkan laptop bekerja lambat. Permasalahan laptop lemot sangat dihindari, apalagi jika memiliki segudang aktifitas padat yang harus menggunakan benda tersebut. Dua cara membersihkan laptop agar tidak lemot yang telah dijelaskan di atas semoga dapat membantu apabila kondisi tersebut menyerang laptop secara cepat dan mudah.