Cara Mematikan Nintendo Switch

bagaimana cara mematikan nintendo switch
ada saat—saat ketika anda ingin mematikan Nintendo Switch, dan benar-benar tidak ingin  menggunakannya untuk sementara waktu atau ingin menghemat masa pakai baterai, anda bisa mematikan perangkat nintendo anda

Saat Anda memencet tombol daya pada Nintendo Switch anda, sebenarnya konsol tidak mati. Sebaliknya, ia memasuki mode tidur, yang berarti masih dapat melakukan hal-hal seperti mengunduh pembaruan, dan Anda dapat melompat kembali ke permainan anda lebih cepat daripada boot baru.

Namun, mungkin ada saat—saat ketika anda ingin mematikan Nintendo Switch, dan benar-benar tidak ingin  menggunakannya untuk sementara waktu atau ingin menghemat masa pakai baterai, anda bisa mematikan perangkat nintendo anda. Apa pun masalahnya, proses mematikan Nintendo Switch Anda sama untuk model standar, Lite, dan OLED.

Cara Mematikan Nintendo Switch melalui menu daya

Pertama, Cari tombol daya di Nintendo Switch anda. Ini ada di sisi atas sakelar itu sendiri (bukan dok), di sebelah kiri tombol volume. Ini adalah tombol melingkar dengan ikon daya di atasnya.

Pada tahap ini, Anda dapat menekan tombol itu untuk mengalihkan sakelar ke mode tidur. Secara default, sakelar secara otomatis memasuki mode tidur setelah periode waktu yang ditentukan. Namun, seperti yang dijelaskan, ini sebenarnya tidak mematikan konsol Anda sepenuhnya.

Dengan demikian, untuk sepenuhnya mematikan Nintendo Switch:

  1. Tahan tombol daya selama tiga detik. Menu terbuka di sakelar anda.
  2. Pilih Opsi Daya.
  3. Pilih Matikan. Jika Anda tidak segera memilih opsi ini, sakelar akan secara otomatis masuk ke mode tidur, jadi jangan anggap itu telah dimatikan jika Anda tidak memilih ini.

Cara Mematikan Nintendo Switch melalui tombol daya

Anda harus selalu menggunakan metode di atas untuk mematikan sakelar jika memungkinkan. Namun, jarang ini mungkin tidak berhasil. Mungkin konsol telah membeku atau Anda tidak dapat mengakses menu Opsi Daya.

READ ALSO:  Cara Melihat riwayat Game yang dimainkan di Smartphone Android

Dalam hal ini, lepaskan semua game dan kartu microSD dari sakelar. Kemudian, tahan tombol daya selama dua belas detik. Ini akan memaksa konsol untuk dimatikan.

Jika Switch tidak merespons ini dan Anda tidak dapat mematikan konsol Anda, Anda perlu menghubungi Nintendo untuk perbaikan.

Kendalikan pengaturan daya sakelar Anda

Saat Anda ingin menghidupkan kembali sakelar, cukup tekan tombol daya pada sakelar atau tombol Beranda pada Joy-Cons.

Dengan itu diurutkan, luangkan waktu untuk menjelajahi pengaturan sistem Switch. Ada banyak penyesuaian praktis yang dapat anda lakukan di sini, termasuk mengubah perilaku sakelar saat Anda mematikan TV.