Cara mematikan kontak sinkronisasi otomatis di Telegram

Telegram memiliki fitur untuk melakukan sinkronisasi kontak secara otomatis. Fitur ini bekerja secara otomatis saat pendaftaran akun telegram baru. Berikut cara mematikannya

Apa itu Telegram?

Sejak beberapa tahun terakhir ini, telegram menjadi salah satu aplikasi chatting yang mengalami peningkatan pengguna. Hal ini lantaran telegram diklaim memiliki keamanan tebaik yang terenskripsi secara end-to-end.

Telegram merupakan Aplikasi pesan chatting yang memungkinkan penggunanya mengirimkan pesan chatting rahasia yang dienkripsi end-to-end sebagai keamanan tambahan.

Telegram juga memberikan kemudahan bagi pengguna untuk berbagi gambar dan video, mentransfer dokumen atau mengirim lokasi Anda saat ini ke teman dengan mudah.

Telegram merupakan aplikasi perpesanan terbaik dari yang pernah ada. Sifatnya yang cepat, ringan, tidak ada iklan dan benar-benar gratis, aplikasi ini merupakan pesaing serius dari WhatsApp dan bisa menjadi alternatif dari WhatsApp, bahkan mungkin telah menggeser whatsapp.

Fitur Sinkronisasi Otomatis Kontak Telegram

Telegram memiliki fitur untuk melakukan sinkronisasi kontak secara otomatis. Fitur ini bekerja secara otomatis saat pendaftaran akun telegram baru. Fitur ini memudahkan mereka yang ingin terhubung dengan teman atau kolega tanpa harus memasukkan kontak satu per satu ke Telegram.

Namun, tidak semua orang membutuhkan fitur ini. Bagi mereka yang jarang membersihkan kontak di ponsel mereka, fitur sinkronisasi otomatis ini dapat menambahkan kontak mantan pacar atau orang yang sudah lama tidak berkomunikasi ke daftar kontak Telegram.

Anda sebagai pengguna tentu tidak ingin ini terjadi, bukan? Untungnya, fitur ini dapat dengan mudah dinonaktifkan dan kontak yang telah disinkronkan dapat dihapus.

Cara mematikan kontak sinkronisasi otomatis di Telegram

  1. Buka aplikasi Telegram
  2. Ketuk Menu Pengaturan di sudut kiri atas layar (tiga baris)
  3. Pilih Pengaturan
  4. Pilih privasi dan keamanan
  5. Gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi Sinkronkan kontak, dan matikan opsi tersebut
READ ALSO:  Cara reset pabrik Konsol Game Xbox

Nah, setelah selesai,maka Telegram tidak akan menyinkronkan kontak baru yang Anda tambahkan ke ponsel Anda. Namun, semua kontak yang telah disinkronkan akan tetap muncul di aplikasi. Jika anda tak suka keberadaan kontak yang telah disinkronkan tadi, berikut cara menghapusnya.

Cara menghapus kontak yang disinkronkan

  • Buka aplikasi Telegram
  • Ketuk Menu Pengaturan di sudut kiri atas layar (tiga baris).
  • Pilih Pengaturan
  • Pilih privasi dan keamanan
  • Gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi Hapus Kontak yang disinkronkan
  • Saat pop-up muncul, ketuk Hapus untuk mengonfirmasi.

Penutup

Setelah langkah-langkah di atas dilakukan, maka semua kontak yang disinkronkan sebelumnya sekarang telahdihapus. Ini berarti pada bagian kontak dari Aplikasi sekarang akan kosong. Semoga artikel ini bermanfaat dan mudah diaplikasikan.