Cara Mematikan Antivirus Windows 10 secara Permanen & Sementara

Meskipun cukup bermanfaat untuk memproteksi computer dari gempuran virus yang beresiko membahayakan data file computer, tapi kenyataannya ada banyak orang yang ingin mematikan antivirus Windows defender tersebut.

Windows Defender merupakan aplikasi antivirus yang merupakan asli bawaan Windows 8 dan 10. Meskipun cukup bermanfaat untuk memproteksi computer dari gempuran virus yang beresiko membahayakan data file computer, tapi kenyataannya ada banyak orang yang ingin mematikan antivirus Windows defender tersebut.

Alasan ingin Mematikan Antivirus Windows

Salah satu alasannya, dikarenakan adanya Windows Defender kerap mengusik kenyamanan pengguna, terutama ketika hendak menginstal aplikasi tertentu atau kerapkali menghapus file tertentu karena dianggap aplikasi yang berbahaya karena dicurigai sebagai virus oleh windows defender.

Pada saat lainnya Windows Defender kerap munculkan pop-up yang membuat kegiatan Anda saat menggunakan computer atau netbook jadi terusik dan terganggu kenyamanannya.

Windows Defender kerap memblok proses instalasi aplikasi dan games sehingga demi kenyamanan menggunakannya, tak ada langkah lain selainnya mematikan secara permanen (tidak direkomendasikan) atau mematikan sementara (direkomendasikan) antivirus Windows defender tersebut.

Resiko mematikan Antivirus Windows

Sebelum membahas tentang bagaimana cara mematikan antivirus pada windows 8 dan windows 10, berikut dipaparkan terlebih dahulu beberapa resiko dan bahaya yang mungkin ditimbulkan ketika kita melakukan proseduru menontaktifkan Antivirus di Computer atau Netbook. Ketika antivirus telah dinonaktifkan, ada kemungkinan berbagai bahaya yang mengintai laptop kita.

Beberapa bahaya dan resiko yang mungkin muncul ketika kita menonaktifkan antivirus di computer atau netbook, diantaranya:

  1. Virus dan Malware akan semakin gampang masuk computer dan merusak stabilitas computer Anda
  2. Tanpa disadari, terdapat beberapa software dan games yang terganggu dan hilang
  3. Lebih rawan terserang tindakan Phising yang membuat data penting seperti rekening, kode, e-mail, dan account pribadi akan diambill seseorang.
READ ALSO:  Cara Memulihkan File yang Dihapus Sementara di Komputer

Cara Mematikan Antivirus Windows 10 Sementara

Setelah mempertimbangkan secara matang resiko dan bahaya yang mungkin diperoleh, di bawah ini beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mematikan proteksi antivirus Windows Defender untuk sementara waktu:

  1. Klik Start di sudut kiri bawah layar komputer Anda
  2. Klik pengaturan atau Setting
  3. Pada layar akan muncul jendela Pengaturan,
  4. Pilih pilihan “Update & Security”
  5. klik pada bagian “Windows Security” atau “Keamanan Windows”
  6. Buka “Virus & Threat Protection”, lalu lakukan pengelolaan Pengaturan atau Pengaturan Proteksi Ancaman di versi Windows 10 yang lama
  7. langkah akhir, alihkan Proteksi real-time ke Nonaktif untuk menonaktifkan Antivirus Windows 10 sementara.

Apabila dirinci, cara mematikan antivirus Windows 10 sementara adalah :

Mulai > Pengaturan > Update & Security > Keamanan Windows > Virus & Threat Protection > Kelola Pengaturan > alihkan Proteksi Real Time ke Nonaktif.

Cara Mematikan Antivirus Windows 10 Permanen

Mematikan antivirus windows defender secara permanen dilakukan apabila ingin menginstal antivirus lain, hal ini bertujuan supaya antar antivirus tidak terjadi bentrok.

Berikut adalah cara mematikan antivirus Windows 10 secara permanen:

  1. Klik menu Mulai atau Start, kemudian pilih “Update & Security”
  2. Buka pilihan “Windows Security”
  3. Kemudian klik “Virus & Threat Protection”
  4. Klik “Manage and Setting” pada bagian bawah Virus & Threat Protection Settings
  5. Alihkan tombol yang “Aktif” menjadi “Tidak Aktif” untuk Real Time Protection, Cloud-Delivered Protection, dan Automatic Sample Submission.

Selesai melakukan langkah diatas, antivirus Windows 10 atau Windows Defender otomoatis dimatikan secara permanen pada komputer atau laptop Anda. Apabila hendak mengaktifkannya lagi, bisa dilakukan dengan mengalihkan tombol yang awalnya “Tidak Aktif” menjadi “Aktif”.

READ ALSO:  Cara Mengganti Wallpaper Laptop Asus Windows 10, Mudah

Mematikan antivirus menggunakan Local Group Policy

Untuk membuka Group Policy Editor ada 3 metode yang bisa dipilih, yaitu:

  1. Tekan Windows+R dan ketik gpedit.msc lalu enter
  2. Tekan logo Windows dan ketik gpedit.msc
  3. Melalui Command Prompt dan ketik gpedit.msc
  4. Lalu setelah jendela Group Policy Editor terbuka, silakan masuk ke Computer Configuration > Administrative Templates > Windows Components > Windows Defender > lalu cari Turn Off Windows Defender Antivirus
  5. Klik dua kali pada Turn Off Windows Defender Antivirus
  6. Pilih “Enable”, “Apply”, dan “Ok”
  7. restart komputer Anda.

Apabila hendak mengaktifkan kembali Windows Defender, dapat dilakukan dengan memilih “Not Configured” di jendela Turn off Windows Defender Antivirus.

Penutup

Demikianlah beberapa ulasan chemistricks tentang cara mematikan antivirus pada windows secara sementara atau permanen dengan mengulas pula beberapa kemungkinan-kemungkinan bahaya apabila prosedur tersebut dilakukan. Dengan demikian diharapkan meningkatkan kewaspadaan setelah menonaktifkan aplikasi antivirus pada computer atau netbook Anda. Semoga membantu dan bermanfaat.