Cara Melakukan Panggilan Suara dan panggilan Video di aplikasi desktop WhatsApp

unduh whatsapp
ada kalanya kita ingin melakukan panggilan suaran atau panggilan video menggunakan whatsapp pada aplikasi dekstop. Keliatannya mudah. Simak tutorial di bawah ini.

Hallo, ada kalanya kita ingin melakukan panggilan suaran atau panggilan video menggunakan whatsapp pada aplikasi dekstop. Keliatannya mudah. Simak tutorial di bawah ini.

Sebagaimana kita tahu, telah lama panggilan video dan suara memungkinkan untuk dilakukan di WhatsApp Desktop, namun tak banyak yang melakukan karena dianggap ribet. Nah, berikut adalah panduan tentang cara menggunakan fitur tersbut.

Simak terus artikel ini untuk mengetahui cara melakukan panggilan audio dan video menggunakan aplikasi desktop WhatsApp.

Lakukan panggilan terenkripsi ujung ke ujung pada versi WhatsApp Desktop

Fitur ini tersedia pada akhir tahun 2020 untuk sekelompok kecil pengguna WhatsApp, tetapi pada Maret 2021, perusahaan mengumumkan bahwa mereka telah diluncurkan untuk semua orang. Ini berarti Anda dapat melakukan panggilan audio dan video ke teman dan keluarga Anda menggunakan aplikasi WhatsApp di desktop atau seluler.

Namun, ada satu fitur yang hilang saat peluncuran – Anda tidak akan dapat memulai panggilan grup. Anda hanya dapat melakukan panggilan satu-ke-satu. WhatsApp mengatakan bahwa pihaknya berencana untuk memasukkan fitur panggilan grup pada versi desktopnya di masa mendatang.

Apa yang Anda butuhkan untuk menggunakan fitur panggilan di WhatsApp untuk Desktop

Fitur panggilan tersedia untuk versi Aplikasi Desktop Windows dan macOS WhatsApp. Namun, Anda harus memeriksa apakah laptop atau komputer Anda menjalankan versi OS yang diperlukan.

READ ALSO:  Cara Memulihkan File yang Dihapus Sementara di Komputer

Jika Anda pengguna Windows, maka perangkat Anda harus menjalankan Windows 10 64-bit versi 1903. Jika Anda memiliki Mac, maka Anda perlu memastikan bahwa Mac menjalankan macOS 10.13 atau lebih baru.

Selain itu, Anda memerlukan kamera untuk melakukan panggilan video dan mikrofon dengan speaker. Dan tentu saja, koneksi internet aktif.

Jika Anda belum menginstal aplikasi WhatsApp di komputer Anda, maka Anda harus mengunduh dan menginstalnya.

Penting untuk dicatat bahwa WhatsApp Desktop adalah aplikasi mandiri, tidak seperti WhatsApp Web, versi browser yang tidak memiliki fitur panggilan.

Setelah Anda menginstal WhatsApp Desktop, luncurkan aplikasi, dan pindai kode QR dengan ponsel Anda untuk menautkan akun Anda.

Untuk melakukan ini, buka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda, buka Pengaturan > WhatsApp Web/Desktop > pindai kode QR. Pindai kode QR di komputer Anda dengan ponsel Anda dan masuk ke akun Anda.

Cara Melakukan panggilan Audio di desktop WhatsApp

Inilah yang harus Anda lakukan untuk melakukan panggilan audio menggunakan aplikasi WhatsApp di laptop atau komputer Anda:

  1. Luncurkan aplikasi WhatsApp.
  2. Klik ikon obrolan baru untuk memulai obrolan baru atau pilih kontak yang ingin Anda hubungi dari percakapan sebelumnya.
  3. Klik ikon panggilan suara / telepon di dekat nama orang tersebut.
  4. Anda akan diminta untuk mengizinkan akses WhatsApp ke mikrofon Anda. Klik OK.
  5. Panggilan suara akan dimulai secara otomatis dan jendela sembulan akan muncul.

Cara Melakukan Panggilan Video menggunakan WhatsApp Desktop

Proses ini sangat mirip dengan melakukan panggilan audio di aplikasi. Inilah yang harus Anda lakukan untuk melakukan panggilan video di desktop WhatsApp:

  1. Buka aplikasi WhatsApp dan pilih kontak yang ingin Anda gunakan untuk memulai panggilan video.
  2. Klik ikon Panggilan Video / Kamera di dekat nama orang itu.
  3. Berikan izin aplikasi untuk menggunakan kamera Anda untuk panggilan video dengan mengklik OK.
  4. Panggilan video akan dimulai secara otomatis dan munculan akan muncul. Jika tidak, klik ikon lagi.
READ ALSO:  Cara Menghapus Cookie dan Cache Browser di PC dan Smartphone

Penutup

Pada akhirnya, kita bisa mengatakan bahwa langkah untuk Melakukan Panggilan Suara dan panggilan Video di aplikasi desktop WhatsApp ternyata sangat Mudah untuk dilakukan menggunakan Komputer Anda. Anda tidak perlu lagi bergantung pada perangkat Android atau iOS Anda untuk menelepon seseorang di WhatsApp; Anda dapat melakukannya langsung dari komputer atau laptop Anda hanya dengan beberapa klik. Fitur ini membawa fungsionalitas WhatsApp Desktop lebih sesuai dengan fitur platform versi seluler. Namun, WhatsApp Web masih tidak membawa fitur ini.