Cara Cepat Menampilkan File Presentasi Power Point

Cara Cepat membuka File Presentasi Power Point
Salah satu keterampilan yang wajib dikuasai dalam melakukan presentasi adalah menamplikan file presentasi dengan cepat. bagaimana caranya?

Power point masih menjadi andalan untuk melakukan presentasi. Selain karena banyak template yang dapat digunakan, juga mudah untuk dioperasikan. Tidak mengherankan jika power point merupakan alat presentasi paling dasar yang wajib dikuasai oleh presenter/presentator.

Salah satu keterampilan yang wajib dikuasai dalam melakukan presentasi adalah menamplikan file presentasi dengan cepat. Hal ini harus dilakukan ketika melakukan presentasi. Jangan sampai, audiens merasa bosan lantaran kendala teknis karena presentasi tak kunjung dipaparkan. Waktu presentasi yang terbuang sia sia hanya karena tak bisa menjalankan file presentasi secara cepat.

Pada post kali ini chemistricks mencoba membagikan pengalaman dan trik tersebut untuk mempercepat menampilkan file presentasi. Menampilkan file presentasi dengan cepat memang sangat diperlukan jika kita hendak melakukan presentasi. Dibutuhkan persiapan khusus, terlebih apalagi sedang melakukan rapat penting dengan klien, tentunya presentasi harus dilaksanakan semenarik munkin dengan persiapan yang matang, termasuk persoalan teknis menampilkan presentasi secara cepat. Jika kita tidak melakukan persiapan untuk membuka file sebelum tampil, maka akan sangat membuang waktu. Inilah trik cara cepat menjalakan file presentasi ala chemistricks.

Cara Cepat Menampilkan atau Menjalankan File Presentasi

Gunakan Short cut F5

Jika File presentasi sudah terbukua, dan ingin menjalankan presentasi dengan cepat, kita bisa langsung menekan tombol short cut F5. Setelah itu pasti akan terbuka dan otomatis menjalankan presentasi dari slide pertama (beginning presentation).

READ ALSO:  Cara mengonversi file Microsoft Excel ke Google Sheets

Namun, apabila ingin langsung menjalankan file presentasi mulai dari slide tertentu (tidak mulai dari slide awal), maka dapat menggunakan cara berikut:

Pilih slide yang ingin kalian jalankan, kemudian arahkan kursos mouse ke pojok kanan bawah aplikasi PowerPoint. Tepat disamping tempat zoom in&out, temukan tombol “Slide Show” silahkan klik tombol slide show tersebut. Maka slide yang kalian tuju berhasil dijalankan.

Gunakan tombol slide show di pojok kanan bawah

Cara ini dapat digunakan saat sedang memegang mouse, bisa langsung klik tombol perintah slide show pada bagian pojok kanan bawah. Posisi tombol itu ada di sebelah kiri untuk tempat melakukan zoom in dan zoom out saat mengedit file presentasi.

Tombol ini memiliki fungsi yang berbeda dengan tombol F5 pada keboard. Jika menggunakan tombol F5 maka slide show yang ditampilkan mulai slide pertama. Namun, jika menggunakan tombol slide show ini, kalian bisa menampilkan slide tertentu dengan cepat.

Simpan File Dalam Format PowerPoint Show

Cara yang jarang diketahui adalah kita bisa menyimpan file dalam format power point show ketika selesai mengedit / menyusun presentasi. Dengan catatan, sebelum proses menyimpan, maka proses pengeditan dan proses lainnya harus benar benar suda fix dan tidak ada perubahan. Sebab File dengan format Slide Show ini tidak dapat diedit kembali setelah disimpan. Untuk itu, wajib bagi kita untuk memiliki file backup atau salinan file yang berformat .PPT atau .PPTX supaya dapat mengedit kembali file yang dirasa masih terdapat kesalahan.

Cara menyimpan file presentasi dalam format PowerPoint Show (.PPS) dengan cara sebagai berikut :

  1. Klik Save As
  2. Beri Nama File
  3. Ketika memilih format pilih PowerPoint Show
  4. Tempatkan di folder yang mudah ditemukan
READ ALSO:  Cara menonaktifkan fitur Autocorrect dan Predictive Text pada smartphone Android

Cara menjalankan file dengan format pps ini sangat mudah. Klik file untuk membuka dokumen tersebut, maka langsung terdapat tampilan presentasi, sehingga kita tak perlu membuka aplikasi PowerPoint lagi. Namun, tetap wajib memiliki aplikasi PowerPoint untuk menjalankannya.

Letakkan File di Tempat Strategis, misalnya di desktop

Jangan lupa untuk meletakkan file di tempat strategis seperti di folder documen, folder khusus presentasi atau juga bisa diletakkan di desktop. Hal itu bertujuan untuk memudahkan mengakses file ketika mau presentasi.

Penutup

Demikianlah cara cepat dan mudah untuk menampilkan dan menjalankan file presentasi power point, semoga bermanfaat dan jangan lupa langsung praktek ya!