Cara beralih dari WhatsApp ke Signal

whatsapp, signal
Jika Anda ingin beralih dari WhatsApp ke Signal, berikut cara memulai dan mengundang anggota obrolan grup Anda.

Signal telah tumbuh dalam popularitas di seluruh dunia sebagai pesaing serius bagi whatsapp. Layanan perpesanan tersebut bisa menjadi alternatif, dan kehadirannya telah mengundang berbagai pujian atas keamanan dan privasi yang ditawarkannya kepada pengguna.

Jadi, apakah Anda mulai berpikir untuk mengikuti pengguna yang telah berubah dari WhatsApp menjadi Signal? Berikut adalah panduan lengkap untuk membantu Anda melakukannya. Jika Anda ingin beralih dari WhatsApp ke Signal, berikut cara memulai dan mengundang anggota obrolan grup Anda.

Mengapa Orang Memilih Signal Melalui WhatsApp?

Meskipun memiliki lebih dari 2 miliar pengguna di seluruh dunia, banyak yang semakin skeptis terhadap WhatsApp.

Fakta bahwa WhatsApp dimiliki oleh Facebook terus menjadi poin penting bagi pengguna yang peduli dengan privasi mereka. Facebook sendiri telah menjadi berita untuk berbagai masalah terkait data, dan WhatsApp bahkan menghapus opsi bagi pengguna untuk tidak membagikan informasi mereka dengan raksasa media sosial tersebut.

Pada Januari 2021, WhatsApp mengumumkan rencana untuk memperbarui kebijakan privasi dan ketentuan penggunaannya yang akan memaksa pengguna untuk menerima persyaratan baru atau berhenti menggunakan aplikasi. Berita itu ternyata menjadi bencana publisitas dan WhatsApp menunda pembaruan kebijakan privasi.

Di sisi lain, Signal lebih berpikiran privasi dan menjanjikan pengalaman perpesanan yang berbeda. Ini bahkan didukung oleh orang-orang seperti Edward Snowden.

Cara Membuat akun Signal

  1. Unduh aplikasi Signal dari App Store atau Google Play. Setelah mengklik intro fitur, masukkan nomor telepon Anda.
  2. Setelah memasukkan nomor telepon Anda, Anda akan menerima kode. Masukkan kode ini ke dalam aplikasi.
  3. Buat profil. Anda harus memasukkan nama depan Anda. Anda juga dapat menyertakan nama belakang dan gambar profil, tetapi ini opsional.
  4. Setelah membuat profil, Buat pin yang akan Anda ingat. Anda dapat memilih antara PIN nomor empat digit, atau membuat pin alfanumerik dengan mengetuk opsi ini di atas berikutnya.
  5. Klik Berikutnya dan konfirmasikan kode PIN Anda.
READ ALSO:  Cara Membisukan Postingan dan Cerita Teman di Instagram 

Undang Grup WhatsApp untuk memberi signal

Meskipun Anda tidak dapat secara fisik memindahkan obrolan grup dari WhatsApp ke Signal, anda dapat membuat grup baru di Signal dan mengundang Anggota grup WhatsApp menggunakan tautan.

Ini lebih mudah daripada menambahkan anggota obrolan grup satu per satu.

Berikut cara melakukannya:

  1. Di bagian bawah layar beranda di bawah memulai, ketuk Grup baru.
  2. Jika teman dan keluarga Anda sudah menggunakan Signal, Anda dapat menambahkannya. Jika tidak, tekan Lewati untuk langkah ini.
  3. Di halaman berikutnya, buat nama grup dan tambahkan gambar.
  4. Saat grup Anda telah dibuat, Anda akan melihat pop-up Undang teman. Pilih apakah anda ingin menyetujui anggota baru atau tidak, lalu turun ke Aktifkan dan bagikan tautan. Untuk WhatsApp, ketuk Salin Tautan.

Yang telah Anda salin tautannya, buka WhatsApp, buka obrolan grup yang relevan, dan bagikan tautannya. Anggota Obrolan kemudian dapat bergabung.

Akankah beralih ke Signal menghapus akun WhatsApp saya?

Beralih ke Signal tidak secara otomatis menghapus akun WhatsApp Anda. Jika mau, Anda dapat menggunakan Signal dan WhatsApp.

Untuk menghapus WhatsApp, Anda harus melakukannya sendiri.

Ketika Anda telah memindahkan semua kontak Anda ke Signal, Anda secara teknis dapat menghapus WhatsApp hanya dengan menghapus aplikasi. Jika Anda memilih untuk melakukan itu, Anda tidak akan dapat melihat ketika orang lain menghubungi anda. Namun, akun Anda akan tetap ada.

Cara menghapus akun WhatsApp Anda

Untuk sepenuhnya menyingkirkan akun WhatsApp Anda, Anda perlu menghapus profil Anda dari dalam aplikasi.

Jadi jika Anda ingin beralih untuk selamanya, ikuti langkah-langkah ini untuk menghapus akun WhatsApp Anda:

  1. Buka Pengaturan > Akun.
  2. Di bagian bawah halaman, ketuk opsi untuk menghapus Akun Saya.
  3. Di layar berikutnya, Anda akan diminta untuk mengonfirmasi penghapusan akun. Anda harus memasukkan nomor telepon Anda.
  4. Pilih Hapus Akun.
READ ALSO:  Cara Menyesuaikan Posting yang Disarankan di Instagram

Setelah menghapus akun WhatsApp Anda, semua riwayat perpesanan di ponsel Anda juga akan dihapus. Informasi akun dan gambar profil Anda juga akan dihapus, dan Anda juga akan secara otomatis meninggalkan obrolan grup yang sebelumnya Anda ikuti.

Perlu dicatat bahwa menghapus WhatsApp tidak akan menghapus akun milik Facebook Anda yang lain. Oleh karena itu, Facebook masih memiliki akses ke data Anda jika Anda berada di platform ini.

Jika Anda ingin menghapus Facebook dan Messenger, Anda harus menghapus profil Facebook Anda secara permanen. Demikian pula, menghapus Instagram adalah satu-satunya cara untuk menghentikan platform mengumpulkan data anda.

Penutup

Langkah beralih dari whatsapp ke signal diatas benar benar aman. Karena semakin banyak pengguna online yang khawatir tentang bagaimana data seluler mereka digunakan, Signal menawarkan solusi yang lebih aman. Enkripsi end-to-end asli, pesan yang merusak diri sendiri, dan hampir anonim semuanya menyebabkan pergeseran dari platform populer seperti WhatsApp. Bergabung signal membutuhkan waktu kurang dari satu menit dan platform tidak sulit untuk digunakan. Dan sekarang bahwa anda tahu bagaimana, saatnya untuk menikmati pesan aman dengan teman dan keluarga.