Beberapa Hal Yang Wajib Diperiksa Ketika Membeli Ponsel Bekas

Beberapa Hal yang Perlu Dilakukan ketika membeli Ponsel Bekas

Ada kalanya kita dihadapkan pada situasi sulit keuangan. Sehingga membeli barang bekas mungkin menjadi salah satu pilihan yang bisa diambil. Salah satunya adalah membeli ponsel bekas. Seringkali kita harus mempertimbangkan banyak hal ketika membeli ponsel bekas. Kita mendadak menjadi orang yang cerewet untuk menanyakan beberapa spesifikasi barang yang dipilih. Tujuannya untuk memastikan barang yang dibeli tak mengecewakan di kemudian hari.

Postingan ini memberi tahu Anda tentang beberapa hal yang wajib diperiksa ketika Anda membeli ponsel bekas. Namun sebelumnya, perlu Anda ingat, Anda perlu mengetahui beberapa alasan penjualan barang yang sedang anda incar. Tak terkecuali ponsel/smartphone. Beberapa alasan yang lazim, antara lain:

  1. Pemilik lama mungkin ingin meng-upgrade ponsel dengan ponsel yang memiliki spesifikasi lebih tinggi.
  2. Barangkali ponsel yang dijual tersebut rusak, kemudian mereka tidak lagi merasa mampu untuk memperbaikinya. Dalam banyak kasus, biaya perbaikan mungkin akan setara dengan harga baru. Oleh sebab itu, pemilik lama ingin menjualnya saja dengan harga yang lebih rendah dari harga baru. Tergantung lama penggunaan dan tingkat kerusakan.
  3. Pemilik lama memang sedang membutuhkan uang tunai dalam waktu singkat.

Sayangnya, dalam salah satu kondisi di atas, pemilik lama kadang-kadang tak terlalu jujur memberikan informasi tentang barang yang ia jual. Atau pemilik lama kadang juga bahkan tak menyadari bahwa ponsel mereka rusak. Sehingga ketika telah Anda beli, dan anda komplain beberapa hari kemudian setelah menjadi milik anda, pemilik lama bisa saja berdalih macam-macam bahwa ia menjualnya dalam keadaan normal. Situasi ini tentu tidak menguntungkan.

READ ALSO:  Menghapus Lokasi di Google Maps dengan Mudah

Oleh sebab itu, ketika membeli ponsel bekas, ada banyak hal yang harus diperiksa secara menyeluruh pada ponsel bekas tersebut. Berikut beberapa Hal Yang Wajib Diperiksa Ketika Membeli Ponsel Bekas

Beberapa Hal yang Perlu Dilakukan ketika membeli Ponsel Bekas

Untuk mengkonfirmasi bahwa telepon yang anda dapatkan memiliki kualitas yang cukup bagus, lakukan hal-hal berikut :

  1. Verifikasi IMEI, Ketik * # 06#, yaitu nomor individual yang dialokasikan untuk semua ponsel, verifikasi apakah nomor ini cocok dengan nomor yang tertera pada ponsel.
  2. Jangan pernah membeli ponsel yang tidak memiliki nomor IMEI.
  3. mintalah fotokopi kartu ID penjual / KTP , sehingga jika ponsel dicuri berfungsi sebagai referensi di masa mendatang.

1. Waspadalah terhadap ponsel palsu / replika:

Ponsel populer maksimum sekarang memiliki replika mereka tersedia di pasar yang mirip dengan ponsel nyata, untuk memastikan bahwa Anda tidak membeli replika memastikan hal-hal berikut :

  1. Klarifikasi keaslian ponsel dengan membawa ponsel tersebut ke pusat layanan/servis center terdekat. Mungkin ini terdengar konyol, karena membeli barang bekas kok sebegitu ribetnya. Tetapi yakinlah, bahwa langkah ini akan memastikan anda mendapatkan barang yang tepat, asli, dan bukan kw.
  2. Jika Anda malas melakukan hal di atas, maka anda dapat mengunduh aplikasi hardware testing app. Cukup cari berdasarkan model telepon Anda akan menemukan aplikasi pengujian telepon untuk memeriksa ponsel sesuai tipe yang ingin anda periksa.

2. Periksa kondisi Telepon

Setelah mengecek imei dan memastikan barang yang anda beli asli, periksa pula beberapa bagian ponsel, seperti casing atau keseluruhan dari ponsel tersebut. Periksalah beberapa bagian apakah ada lecet atau noda pada ponsel, terutama pada layar depan ponsel. Beberapa tipe ponsel memiliki biaya yang cukup mahal apabila terjadi kerusakan pada layar, jadi berhati hatilah.

READ ALSO:  Cara Mendapatkan Bicoin menggunakan Cryptotab Browser

3. Memantau baterai ponsel

Ada banyak ponsel yang masih terpisah jenis baterainya. Jika ponsel jenis ini yang anda beli, maka periksa pula kondisi baterai tersebut. Lepaslah bagian baterai, keluarkan baterai dan lihat apakah ada bagian yang menggembung atau menonjol. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah meletakkannya di permukaan yang halus dan mencoba memutarnya, jika berputar cepat maka perlu diperbarui, jika berputar dengan santai atau tidak sama sekali maka baterai berfungsi dengan baik.

Jika itu adalah baterai non-dilepas , Anda bisa memeriksa dan memantau persentase baterai, sekarang restart ponsel, jika persentase jatuh lebih dari 4% -5%, bisa saja anda berkesimpulan bahwa baterai ponsel yang anda beli tak cukup bagus atau cenderung akan rusak. Dan akhirnya, masukkan kartu SIM dan periksa apakah berfungsi dengan baik.

Penutup

Demikian ulasan tentang Beberapa Hal Yang Wajib Diperiksa Ketika Membeli Ponsel Bekas. Jika Anda memiliki saran atau instruksi yang lebih tepat tentang cara membeli telepon bekas, silakan tulis di bagian komentar. Terima kasih. Semoga membantu