Alasan Banyak orang Menyembunyikan Aplikasi di Laptop dan Cara Melakukannya

Cara menyembunyikan aplikasi pada laptop tergantung dari sistem operasi yang digunakan
Alasan Banyak orang Menyembunyikan Aplikasi di Laptop dan Cara Melakukannya

Aplikasi adalah program komputer yang digunakan untuk melakukan tugas-tugas tertentu, seperti mengedit dokumen, menjalankan permainan, atau mengakses internet. Aplikasi dapat diunduh dan diinstal pada laptop dari internet atau dari media penyimpanan seperti CD atau DVD.

Laptop memerlukan aplikasi yang diinstal untuk menambah kemampuan dan fungsi dari perangkat tersebut. Aplikasi dapat membantu dalam menyelesaikan berbagai tugas seperti mengedit dokumen, menjalankan permainan, mengakses internet, dan banyak lagi. Tanpa aplikasi, sebuah laptop hanya akan memiliki fungsi dasar seperti menjalankan sistem operasi dan menampilkan dokumen teks. Aplikasi juga memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan dan mengoptimalkan kinerja laptop sesuai dengan kebutuhan mereka.

Bagaimana cara menginstall aplikasi pada laptop

Cara menginstall aplikasi pada laptop tergantung dari sistem operasi yang digunakan. Namun, beberapa cara umum yang dapat dilakukan adalah:
  1. Men-download aplikasi dari internet dan menjalankan file instalasinya. Biasanya file instalasi dalam format .exe atau .dmg.
  2. Menggunakan toko aplikasi resmi dari sistem operasi tersebut, seperti Microsoft Store untuk Windows atau App Store untuk MacOS.
  3. Menggunakan paket manajer, seperti apt-get atau yum untuk Linux.
  4. Menggunakan command line.
  5. Installing aplikasi dari media penyimpanan seperti CD atau DVD.

Setiap aplikasi memiliki instruksi yang berbeda-beda untuk menginstallnya. Namun, umumnya, Anda hanya perlu mengikuti petunjuk yang ditampilkan pada layar selama proses instalasi. Pastikan Anda membaca perjanjian lisensi dan persyaratan sistem sebelum menginstall aplikasi.

Beberapa orang mungkin ingin menyembunyikan aplikasi di laptop untuk beberapa alasan, seperti:

  1. Privasi: Mereka mungkin ingin menyembunyikan aplikasi yang digunakan untuk aktivitas pribadi seperti browsing internet, chatting atau menjalankan aplikasi yang mungkin merugikan keamanan data.
  2. Menjaga kinerja: Beberapa aplikasi dapat menyebabkan laptop menjadi lebih lambat atau menggunakan banyak sumber daya. Dengan menyembunyikan aplikasi yang tidak diperlukan, pengguna dapat meningkatkan kinerja laptop.
  3. Menjaga kerapian: Beberapa orang mungkin ingin menyembunyikan aplikasi yang tidak digunakan secara teratur untuk menjaga tampilan desktop atau menu Start tetap rapi.
  4. Menghindari pencurian: Jika laptop tersebut digunakan oleh beberapa orang, pengguna mungkin ingin menyembunyikan aplikasi yang berharga atau rahasia untuk menghindari pencurian atau pengungkapan informasi yang tidak diinginkan.
READ ALSO:  Cara mematikan pembaruan Windows 11 secara otomatis

Perlu dicatat bahwa menyembunyikan aplikasi mungkin tidak selalu menjadi cara yang efektif untuk melindungi privasi atau keamanan, dan selalu lebih baik menggunakan fitur keamanan dan privasi yang disediakan oleh Sistem Operasi atau perangkat lunak pihak ketiga.

bagaimana cara menyembunyikan aplikasi pada laptop?

Cara menyembunyikan aplikasi pada laptop tergantung dari sistem operasi yang digunakan. Namun, beberapa cara umum yang dapat dilakukan adalah:

  1. Windows: Anda dapat menyembunyikan aplikasi dari menu Start dengan mengklik kanan pada aplikasi tersebut dan memilih “Pin to Start” atau “Unpin from Start”. Anda juga dapat menyembunyikan aplikasi dari daftar program dengan mengklik kanan pada aplikasi tersebut dan memilih “Uninstall”.
  2. MacOS: Anda dapat menyembunyikan aplikasi dari Dock dengan mengklik dan menahan tombol Control, kemudian klik dan seret aplikasi yang ingin Anda sembunyikan dari Dock. Anda juga dapat menyembunyikan aplikasi dari Finder dengan mengklik kanan pada aplikasi tersebut dan memilih “Hide”.
  3. Linux: Anda dapat menyembunyikan aplikasi dari menu dengan mengedit file konfigurasi yang sesuai, atau dengan menggunakan software tambahan yang tersedia.
  4. Mobile: Anda dapat menyembunyikan aplikasi dari homescreen atau menu dengan menekan dan menahan ikon aplikasi, kemudian memilih “Move to App Library” atau “Hide”.
Perlu dicatat bahwa menyembunyikan aplikasi tidak selalu berarti mencopot pemasangannya dan mungkin masih berjalan di latar belakang dan menghabiskan sumber daya, selalu lebih baik untuk mencopot pemasangan aplikasi yang tidak Anda gunakan jika memungkinkan.