5 Faktor Penyebab Terjadinya Keberagaman di Indonesia
5 Faktor Penyebab Terjadinya Keberagaman di Indonesia

5 Faktor Penyebab Terjadinya Keberagaman di Indonesia

Posted on

Hai sobat chemistricks, pada post kali ini chemistricks akan membahas tentang perbedaan yang ada di indonesia disebabkan karena faktor faktor apa saja. sebagaimana dipahami bahwa Indonesia memiliki keanekaragaman yang bersumber dari berbagai suku, adat istiadat, budaya, kesenian dan agama yang terdapat di Indonesia.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia/KBBI, keragaman atau keberagaman mengandung arti beragam-ragam, berjenis-jenis. Adapun kemendikbud.go.id menjelaskan bahwa keragaman merupakan suatu kondisi dalam masyarakat yang didalamnya terdapat aneka perbedaan dalam berbagai bidang.

Pada post sebelumnya pun telah dijelaskan pula bahwa terdapat berbagai unsur-unsur yang membedakan antar suku bangsa.

Nah, Tahukah kamu bahwa berbagai perbedaan dan keberagaman di Indonesia ini memiliki beberapa faktor penyebab yang memengaruhinya, sehingga bisa dikatakan tidak berlangsung secara tiba-tiba.

Chemistricks akan menunjukkan kepada kalian lima faktor penyebab terjadinya keberagaman di Indonesia seperti penjelasan berikut ini

Faktor Penyebab Keberagaman

1. Kondisi Alam

Indonesia merupakan negara beriklim tropis sehingga banyak ditemukan tanaman yang tumbuh subur di tanah Indonesia. Kondisi ini turut andil menjadikan Indonesia kaya akan berbagai varietas  flora/tanaman yang beragam.

Selain tanaman, Indonesia juga memiliki beragam fauna berupa spesies hewan yang habitatnya cocok dengan alam Indonesia.

2. Letak Strategis

Indonesia secara astronomis terletak pada 6o Lintang Utara hingga 11o Lintang Selatan dan 95o Bujur Timur hingga 141o Bujur Timur.

Ssecara geografis, Indonesia diapit dua benua yaitu Benua Asia dan Australia dan dua samudra, yaitu Samudra Pasifik dan Hindia. Letak yang strategis ini menyebabkan  Indonesia berada di tengah jalur perdagangan internasional. Hal ini berpengaruh terhadap proses akulturasi budaya pada masa perdagangan kuna, ketika Indonesia banyak disinggahi para pedagang dari Asia dan Eropa.

READ ALSO:  Cara Mengubah Desimal Menjadi Pecahan

Akulturasi budaya adalah percampuran dua budaya atau lebih yang saling bertemu dan saling memengaruhi.

Akulturasi di Indonesia terjadi karena adanya hubungan antara dua atau lebih negara,namun tidak menghilangkan ciri khas dasri budaya asli, namun mencampurkan perbedaan kebudayaan.

Negara-negara asing yang singgah di Indonesia membawa beragam pengaruh kebudayaan yang bercampur dengan kebudayaan asli Indonesia. Maka tak mengherankan jika di Indonesia terdapat beragam agama yang juga merupakan pengaruh kedatangan bangsa asing.

3. Kondisi Geografis

Kondisi geografis Indonesia memiliki ribuan pulau yang ditinggali oleh manusia, yang tterdiri dari beragam suku, budaya, ras dan golongan. Secara tidak langsung, situasi  ini  membentuk masyarakat majemuk yang akan mengembangkan budaya mereka masing-masing. Misalnya mata pencaharian yang berbeda-beda di setiap lingkungannya, atau adat istiadat yang berbeda beda pula. Dari mata pencaharian yang berbeda, juga menimbulkan perkembangan sosial budaya yang diciptakannya pun berbeda pula.

4. Masyarakat Terbuka

Pesatnya perkembangan teknologi, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan memengaruhi pola pikir masyarakatnya. Semakin hari, pola pikir masyarakat semakin terbuka dan maju. Masyarakat tak lagi alergi pada hal hal yang berbau asing, membuka akses hubungan dan tidak menutup diri dari perubahan baru dan perbedaan antarmanusia. Masyarakat Indonesia semakin toleran terhadap budaya lain, sehingga secara tidak langsung dapat memengaruhi keberagaman.

5. Kemajuan Transportasi dan Komunikasi

Pesatnya perkembangan zaman dibarengi dengan pesatnya teknologi transportasi dan komunikasi. Dengan demikian, masyarakat dimudahkan dalam menjalankan aktivitasnya. Transportasi dan komunikasi menjadikan mobilitas masyarkat menjadi tinggi, sehingga turut memutar roda perekonomian dan memengaruhi pertumbuhan ekonomi yang cukup pesat.

Akhir kata

Demikianlah ulasan chemistricks tentang 5 Faktor Penyebab Terjadinya Keberagaman di Indonesia yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang perbedaan yang ada di indonesia disebabkan karena faktor faktor apa saja. Semoga bermanfaat bagi kalian dan membantu kalian memahami materi ini. terimaksih

READ ALSO:  Pengertian Hak Kewajiban dan Tanggung Jawab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *