5 Cara Mempercepat Jaringan WiFi Di Laptop Windows 10 dengan Mudah

Ada 5 cara mempercepat jaringan wifi di laptop windows 10 yang bisa dilakukan dengan mudah, bagaimana? Selengkapnya di artikel ini!

Koneksi internet memang sesuatu yang sangat dibutuhkan di masa saat ini, apalagi soal pekerjaan kantor, yang menggunakan laptop windows. Pasti akan kesusahan apabila saat bekerja sinyal malah lemot. Meski begitu, sebenarnya ada banyak cara mempercepat jaringan WiFi di laptop windows 10 yang bisa pengguna coba, agar masalah in cepat teratasi, untuk tahu caranya lebih lanjut, simak ulasannya berikut ini!

1. Hapus Temporary Files

Banyaknya temporary files juga bisa berakibat sinyal menjadi lemot dan tidak bisa mengakses secara maksimal. Untuk itu cara pertama yang paling gampang untuk mempercepat jaringan WiFi adalah dengan menghapus temporary files tersebut. Caranya pengguna bisa buka Run dengan mengklik kombinasi +R kemudian ketik %temp% dan kemudian klik kanan lalu setelahnya klik delete.

2. Menutup Aplikasi yang Memakan Banyak Bandwidth

Yang kedua sebagai cara mempercepat jaringan WiFi di laptop windows 10 adalah dengan menutup aplikasi yang banyak memakan banyak bandwidth. Jika aplikasi atau program tersebut tidak dimatikan maka jaringan WiFi yang tersedia akan lemot saat digunakan karena terserap banyak oleh program tersebut. Jadi memang harus segera dihapus agar jaringan WiFi kembali lancar.

Cara menutup aplikasi atau program tersebut adalah sebagai berikut. Klik menu windows, kemudian klik pengaturan selanjutnya masuk pada bagian setting, buka network & internet. Setelahnya pengguna bisa buka menu data usage dan pada bagian overview pengguna bisa klik tombol view usage details. Setelahnya aplikasi yang memakan banyak bandwith, pengguna bisa menonaktifkannya agar sinyal kembali lancar.

READ ALSO:  Cara menghapus kata sandi dokumen PDF

3. Nonaktifkan Aplikasi Background atau Aplikasi di Belakang Layar

Pada urutan ketiga adalah dengan menonaktifkan aplikasi di belakang layar. Sebab ketika laptop windows memiliki banyak aplikasi yang masih aktif di belakang layar, sinyal WiFi yang akan diterima pun menjadi lemot sebab terserap oleh aplikasi-aplikasi tersebut. Jadi pengguna haruslah menonaktifkan aplikasi itu.

Untuk menonaktifkan pengguna bisa langsung masuk pada menu window kemudian masuk pada menu pengaturan. Setelahnya pengguna akan masuk di bagian setting windows klik menu privacy kemudian klik background app. Di halaman tersebut, pada bagian sebelah kanan geser toggle let app Run in the dan klik nonaktifkan, selesai.

4. Matikan atau Hentikan sementara Update Windows

Dalam elektronik memang akan lebih baik jika sistem-sistem di dalamnya selalu diperbarui agar untuk menghindari masalah serius di dalamnya. Namun jika update tersebut terus berjalan maka jaringan WiFi yang dapat digunakan juga akan lemot. Maka salah satu caranya adalah dengan menghentikan atau mematikan update tersebut sementara waktu agar sinyal kembali lancar.

Jika ingin mematikan pembaruan windows tersebut, pengguna bisa langsung masuk pada windows dan menu setting. Kemudian pada halaman setting windows pilih update & security, setelahnya tekan windows update kemudian advance options. Pada bagian update pilih select delete, pada bagian tersebut pengguna bisa menentukan timer atau berapa lama update akan diberhentikan, selesai.

5. Bersihkan Virus /Malware

Pastinya hal yang paling sering terjadi jaringan lemot adalah karena terdapat virus atau Malware pada laptop windows tersebut, bahkan pada ponsel pun juga akan begitu. Nah untuk itu pengguna juga harus secara rutin membersihkan virus-virus tersebut agar windows tetap dalam keadaan baik. Berikut caranya.

READ ALSO:  Cara Menyembunyikan Aplikasi di Laptop Windows 10 dengan Cepat dan Mudah

Klik start, lalu pada kolom pencarian klik windows security center. Buka menu virus & threat protections. Klik opsi quick scan jika sudah klik hapus malware yang ditemukan, selesai.

Akhir Kata

Berikut tadi adalah lima cara mempercepat jaringan WiFi di laptop windows 10 yang bisa pengguna coba. Sebenarnya masih ada banyak cara lain, tentunya dengan sebab yang lain pula. Namun dalam ulasan kali ini hanya menyebutkan lima cara dengan masalah yang mungkin sering terjadi.