RAGAM MANFAAT IKAN SALMON SEBAGAI MAKANAN SEHAT

Ikan salmon telah lama dikenal sebagai penghasil protein hewani yang memiliki kandungan gizi yang sangat baik bagi tubuh. Ikan salmon merupakan sejenis ikan laut yang berasal dari famili Salmonidae. Adapun ikan lain yang masih satu famili dengan ikan salmon adalah ikan trout. Perbedaannya, terletak pada kebiasaan migrasinya. Ikan salmon melakukan migrasi dalam kehidupan mereka, sedangkan ikan trout yang cenderung menetap. Ikan salmon hidup dan banyak dijumpai di Samudra Atlantik dan Samudra Pasifik.
Ikan Salmon

Dari jenisnya yang unik, ikan salmon memiliki kandungan gizi yang tinggi yang bermanfaat bagi tubuh. Kandungan gizi yang sangat bermanfaat tersebut memiliki berbagai macam khasiat bagi tubuh. Contoh salah satu kandungan yang ada dalam ikan salmon adalah omega-3 yang sangat tinggi.
Dengan deskripsi di atas, ikan salmon dapat dikategorikan sebagai salah satu jenis makanan sehat. makanan sehat adalah makanan yang memiliki kandungan gizi yang seimbang, mengandung serat dan zat-zat yang diperlukan tubuh untuk proses tumbuh kembang seseorang. Menu makanan sehat haruslah kaya akan unsur zat gizi seperti karbohidrat, protein, mineral, vitamin, dan sedikit lemak tak jenuh. Umumnya, makanan yang sehat dan merupakan asupan minimal sehari-hari dalam tubuh kita kenal dengan makanan empat sehat lima sempurna.
Adapun empat sehat lima sempurna itu antara lain,
Pertama, karbohidrat. Karbohidrat, banyak terdapat pada nasi, gandum, singkong, dan lain-lain.
Kedua, protein. Protein, dibagi menjadi protein hewani dan protein nabati. Hewani berarti protein yang berasal dari hewan, sedangkan nabati dari tumbuh tumbuhan. Jenis protein banyak terdapat pada tahu, tempe, telur daging, dll
Ketiga, mineral. Mineral : banyak terdapat pada sayur-sayuran
Keempat, vitamin. Vitamin , banyak terdapat pada buah-buahan
Kelima, susu.

BACA; MANFAAT BUAH TAKOKAK

Manfaat Ikan salmon
Ikan salmon memiliki kandungan protein yang baik.
Berikut ini adalah beberapa manfaat makan ikan salmon untuk tubuh:
1) Meningkatkan Fungsi Otak dan Memori; Ikan salmon mengandung vitamin A dan asam-asam amino yang sangat efisien dalam merangsang aktivitas otak dan membuat fungsi memori Anda secara optimal. Komponen ini memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan dan perkembangan sel otak.
2) Mengurang Peradangan; Mengonsumsi ikan salmon bisa mengurangi kemungkinan pembekuan darah, maka sepenuhnya menghilangkan risiko stroke, radang sendi darah, atau kanker.
3) Pengembangan Otot; Kandungan protein dan asam amino dalam ikan salmon merupakan blok bangunan terbaik untuk pengembangan otot. Nutrisi ini juga terkenal untuk mengembangkan jaringan tubuh.
4) Meningkatkan Daya Pandang Mata; Lemak omega-3 yang ada dalam ikan salmon membantu dalam memerangi masalah kronis mata kering, sehingga meningkatkan pandangan Anda selama usia tua.
5) Menjaga Kulit dan Rambut Tetap Sehat; Kandungan nutrisi lemak omega-3 dalam ikan salmon senantiasa bisa membuat Anda terlihat awet muda. Tidak hanya kulit, omega-3 dan protein dalam ikan salmon juga bisa menjaga kekuatan rambut.
6) Meningkatkan Metabolisme; Ikan salmon juga mengandung nutrisi yang memfasilitasi penyerapan gula dalam tubuh dan dalam proses ini dikenal sebagai pengendali diabetes terbaik dan pengendali gula darah.
7) Mencegah Serangan Jantung; Ikan salmon merupakan makanan terbaik untuk dikonsumsi oleh penderita sakit jantung. Hal ini karena umumnya salmon mengurangi masalah kardiovaskular.
8) Mengurangi Depresi; Ikan salmon merupakan salah satu depresan terbaik yang pernah tersedia di pasar. Hal ini karena mereka mengandung omega-6 yang sangat efektif dalam mengurangi depresi dan jenis-jenis stres.

Kandungan Gizi dan Vitamin Pada Ikan Salmon
Dengan melihat kandungan gizi yang dimilki ikan salmon, sebisa mungkin suguhkan ikan salmon kepada anak anda secara rutin, dalam seminggu atau dua minggu sekali atau lebih sering lagi.
Energi 142 kkal
Air 68, 50 gr
Protein 19,84 gr
Lemak 6,34 gr
Kolesterol 55 gr
Kalsium 12 gr
Besi 0,80 gr
Riboflavin 0,380 gr
Niacin 7,860 g

Kandungan Vitamin :
Vitamin A : 1,00 iu
Vitamin B1 : 0.12 mg
Vitamin B2 : 0.05 mg
Vitamin B6 : 0.55 mg
Vitamin B12: 4.50 ug
Vitamin C: 0.21 mg
Vitamin D: 0.75 ug
Vitamin E: 2.70 mg.
Berikut contoh olahan masakan yang mengandung Protein yaitu Ikan Salmon :
·           Sup Ikan Salmon Bayam
·           Salmon Siram saus nanas
·           Bola-Bola Salmon.
SEMOGA BERMANFAAAT!

0 Response to "RAGAM MANFAAT IKAN SALMON SEBAGAI MAKANAN SEHAT"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel