PENTINGNYA MAKANAN BERSERAT UNTUK PROSES PENCERNAAN

Pernahkah anda kesulitan untuk BAB? Jika iya, kemungkinan paling sering adalah karena makanan yang kita cerna kurang serat. 

Adapun yang dimaksud dengan serat ini adalah dinding sel tumbuhan yang tersusun atas selulosa  manusia tidak bisa mencerna serat dari selulosa, Hal ini dikarenakan manusia tidak mempunyai enzim pencerna selulosa (selulase) yang mana enzim ini hanya dimiliki oleh hewan memamah biak seperti kuda, sapi, kambing, dll yang makanan utamanya rumput. Nah, karena serat tidak bisa dicerna, setelah dari usus halus, serat akan diloloskan ke usus besar. di usus halus, bisa melancarkan penyerapan sari-sari makanan, soalnya bolus nya jadi lebih padat dan solid, sehingga sari-sari makanan akan mudah diserap (analogikan dengan mengambil santan,) 


ketika di usus besar, serat ini juga bisa mengoptimalkan penyerapan air yang masih bisa di gunakan oleh tubuh. 
pembusukan bolus2 sisa makanan juga berjalan dengan lancar, begitu juga ketika dibuang dalam bentuk feses,, ini juga akan lancar dan nyaman

serat dalam hal ini selulosa tidak dapat dicerna oleh manusia. oleh karena itu tanaman diuraikan di dalam lambung sampai tersisa seratnya. serat yang tidak dapat dicerna ini ikut melewati saluran pencernaan dan membawa sisa sisa kotoran yang ada di dalam usus keluar dari tubuh melalui feses. 

Kenapa melancarkan pencernaan? 
Hal ini dikarenakan kotoran didalam usus terbantu keluar dibanding tanpa adanya konsumsi serat sama sekali. kalau kotoran keluar berarti fungsi penyerapan usus untuk makanan yang baru bisa lebih baik. selain itu juga membantu memperbaiki konsistensi feses sehingga tidak terlalu lunak tapi tidak juga terlalu padat untuk dikeluarkan.

SERAT YANG DIBUTUHKAN OLEH TUBUH
Serat berasal dari buah2an dan sayur.  Dengan makan banyak buah2an dan sayur, tubuh menjadi sehat karena banyak mengandung vitamin dan serat juga mempermudah untuk bab, dan juga mengandung anti oksidan sehingga mengurangi resiko kena kanker. 

Secara tidak langsung karena tubuh anda sehat, maka pertumbuhan bisa maksimal, jadi anda bisa menjadi lebih tinggi dan besar/gemuk.
Semua serat atau fiber baik untuk tubuh. Makanan dengan fiber yang tinggi diperoleh dari sayuran dan buah-buahan. Misalkan gandum (wheat). 

Namun, jika tujuan untuk menggemukkan badan agak sedikit salah. Karena serat yang tinggi dari suatu kandungan makanan tidak membuat tubuh menjadi gemuk, jadi kalau sasarannya gemuk agak sedikit salah kalah terus Azhar makan makan berserat tinggi dengan kadar yang banyak. 
Seharusnya Azhar makan yang seimbang saja dengan memperbanyak kadar protein dan lemak di makanan yang Azhar konsumsi. Sebaiknya konsultasi dengan ahli gizi agar tidak salah kaprah dan salah dalam mengkonsumsi makanan, karena kelebihan salah satu zat dalam makanan juga tidak baik. Misalkan kelebihan karbohidrat dapat membahayakan dengan timbulnya penyakit gula, kelebihan lemat dapat menyebabkan sakit jantung dan kolesterol tinggi.



0 Response to "PENTINGNYA MAKANAN BERSERAT UNTUK PROSES PENCERNAAN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel