JENIS MAKANAN YANG PALING BANYAK MENGANDUNG SERAT

Jenis Makanan yang Paling Banyak Mengandung Serat

Serat bukanlah zat gizi. Namun keberadaan serat sangat besar sekali manfaatnya bagi tubuh Anda khususnya dalam melancarkan fungsi pencernaan. Ada banyak jenis makanan yang mengandung serat, seperti jenis-jenis gandum, buah-buahan, sayur-mayur, dan suplemen makanan, dari sereal hingga berbagai macam snack.

Untuk mempermudah, berikut beberapa makanan mengandung serat yang bisa dimasukan dalam list belanja:

1. Roti
Pilihlah roti yang mengandung 25-30 gram (serat=fiber=fibre), baik pada roti gandum maupunb roti tepung biasa. Perhatikan nilai nutrisi yang terdapat di kemasannnya apakah jumlah fibre-nya sudah sesuai dengan ketentuan diatas atau belum.


BACA JUGA: PENTINGNYA MAKANAN BERSERAT UNTUK PENCERNAAN

2. Pasta
Pilihlah yang terbuat dari whole wheat atau whole grain, paling tidak yang mengadung 6 gram atau lebih fibre per saji.Jika anak anda tidak menyukai rasanya, padukan terlebih dahulu dengan sepertiga atau setengah bagian pasta biasa samapai mereka terbiasa dengan rasanya. Jika anak anda alergi terhadap gluten atau pasta yang terbuat dari whole wheat, anda bisa memilih pasta yang terbuat dari beras, atau tepung jagung.

3. Cereal
Saat anda memilih sereal perhatikan pula panel nutrisi yang tertera di kemasan kardusnya. Pastikan sereal yang anda pilih mengandung setidaknya 5 gram fibre per saji.

4. Kacang-kacangan
Serat makanan banyak terdapat pada berbagai jenis sayur-sayuran, buah-buahan, beras, gandum, dan kacang-kacangan (terutama kacang polong dan merah)
Kacang-kacangan mengandung 7 gram fibre disetiap 1 1/2 gelas nya, paling banyak terdapat pada kulitnya. Kacang-kacangan juga merupakan sumber protein dan zat besi.


5. Sayuran dan Buah-buahan
Kurma, jambu biji merah, apel, strawberry, jeruk, musilase seperti agar-agar dari rumput laut, dan buah-buahan lain serta sayur-mayur merupakan makanan yang sangat berguna bagi kesehatan yang dipercaya dapat menurunkan resiko terjadinya stroke, sakit jantung dan cancer jika disajikan tiga kali dalam sehari. Keuntungan tersebut paling banyak terdapat pada kulitnya, namun sayangnya sebagian besar orang lebih suka mengupas terlebih dahulu buah yang akan dimakannya, padahal justru dikulit tersebutlah paling banyak terdapat serat. Jadi ada baiknya memilih buah yang kulitnya tidak perlu dikupas seperti buah anggur, plum dan sebagainya, agar kandungan fibre atau serat yang terdapat didalamnya tidak terbuang percuma.

Semoga membantu ya.

0 Response to "JENIS MAKANAN YANG PALING BANYAK MENGANDUNG SERAT"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel