Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ILMU PENGETAHUAN YANG MEMBUTUHKAN KIMIA SEBAGAI ILMU BANTUNYA

Pentingnya ilmu kimia

Ilmu kimia memegang peranan yang sangat penting bagi kehidupan mahluk hidup setiap harinya. Contoh sederhana; makanan yang kita konsumsi tiap harinya tentu terdiri dari zat-zat kimia. Dari contoh tersebut kita tarik kesimpulan bahwa ilmu kimia sangat penting karena dengan ilmu kimia kita dapat menentukan apa saja zat-zat yang baik dikonsumsi tubuh maupun yang tidak, sehingga ilmu kimia sangat penting untuk dipelajari.



Ilmu Kimia disebut juga 'Central Science' karena peranannya yang sangat penting diantara ilmu pengetahuan lainnya. Tidak ada ilmu pengetahuan alam yang tidak bergantung pada ilmu kimia. Pengembangan dalam bidang kedokteran, farmasi, geologi, pertanian dapat berjalan seiring dengan kemajuan yang dicapai dalam ilmu kimia.

Peran Ilmu kimia dalam menunjang kehidupan manusia ditandai dengan manfaatnya dalam berbagai bidang yaitu di bidang kedokteran, pertanian, biologi, hukum, permesinan, teknik sipil, arkeologi, dan kecantikan. 
Berikut ini contoh beberapa ilmu pengetahuan yang membutuhkan ilmu kimia sebagai ilmu bantunya.

1. KEDOKTERAN

dengan bantuan ilmu kimia telah diciptakan alat pencuci darah (haemodialisis) yang sangat membantu para pasien.

2. KOMPUTER

Penemuan para ahli kimia dalam mempelajari silikon yang merupakan bahan dasar untuk membuat mikroprosesor, menyebabkan komputer semakin kecil ukurannya dan semakin canggih.

3. PERTANIAN

Peningkatan produksi pertanian memerlukan dukungan ilmu kimia. Misalnya, pembuatan bibit unggul dengan rekayasa ginetika, pembuatan pupuk buatan serta pembuatan pestisida.

4. FOTOGRAFI

Penemuan foto berwarna tidak terlepas dari ahli kima dalam pembuatan zat warna yang peka cahaya.

Akhir kata

Posting Komentar untuk "ILMU PENGETAHUAN YANG MEMBUTUHKAN KIMIA SEBAGAI ILMU BANTUNYA"