CARA MUDAH MEMANFAATKAN SAMPAH PLASTIK

Cara Mudah Memanfaatkan Sampah Plastik
Chemistricks kali ini akan membahas tentang bagaimana cara yang tepat dan mudah untuk memanfaatkan sampah plastik yang ada di sekitar kita. Tulisan ini tidak hanya bertujuan untuk memperkenalkan bagaimana cara mengelola sampah tetapi juga mengenal pengertian plastik lebih mendalam sehingga mudah dimengerti. Pertama mari kita mengenali terlebih dahulu tentang pengertian sampah plastik.
Sampah plastik atau plastik itu sendiri merupakan bahan yang sangat lekat dalam kehidupan sehari hari. Bahkan keberadaannya yang sangat praktis, nyatanya membuat plastik hampir tidak dapat tergantikan di kehidupan masyarakat modern saat ini. Bahan plastik memberikan banyak ragam manfaat bagi kehidupan. Di dalam kehidupan sehari-hari selalu memanfaatkan plastik, entah digunakan untuk membungkus makanan, berbelanja, dan keperluan lainnya.
SAMPAH PASTIK
BACA: KERAJINAN ECENG GONDOK DARI KURSI HINGGA SANDAL
Namun, tanpa kita sadari, plastik merupakan jenis sampah yang paling sulit untuk diurai. Ironisnya, tak hanya itu, sampah plastik sekaligus merupakan bahan yang paling banyak mencemari lingkungan. Padahal, untuk mengurai sampah plastik bekas botol air mineral saja, setidaknya dibutuhkan waktu sampai 500 tahun lamanya. Tidak hanya di darat, pencemaran limbah plastik yang ada di laut juga bisa mengganggu keseimbangan ekosistem laut. Sebab, laut menjadi tercemar dan mengakibatkan banyak hewan laut menelan sampah plastik yang  menyebabkan kematian. Hal ini dikarenakan banyak hewan laut yang menyangka sampah sebagai makanan.

Bagaimana cara memanfaatkan sampah plastik?
Memanfaatkan limbah plastik adalah upaya yang sangat bijaksana. Plastik yang selama ini dianggap merusak lingkungan, nyatanya bisa memberikan keuntungan bagi mereka yang bersedia mengolahnya. Sampah plastik dapat diolah menjadi beragam produk tepat guna yang bermanfaat dan memiliki nilai jual yang tinggi. Disamping dihargai karena kreativitas produsennya yang mampu menyulap limbah plastik menjadi barang bernilai ekonomi, juga dapat diapresiasi sebagai sebuah karya seni yang tinggi. Kita dapat temukan dengan mudah di sekitar kita banyak sekali produk yang terbuat dari sampah yang mempunyai nilai seni dan nilai jual yang cukup tinggi. Bisnis limbah plastik bahkan sudah mulai merambah pesat di setiap daerah.
Bahkan usaha rumahan pengelolaan sampah bisa menghasilkan omset sampai puluhan juta rupiah. Cobalah tengok di sekitar Anda, ada banyak sampah plastik kemasan pewangi pakaian, detergen, shampoo, kemasan kopi, snack, dan lain sebagainya yang bisa Anda manfaatkan menjadi bentuk tas belanja yang unik atau barang yang lain. Bisakah Anda bayangkan berapa banyak sampah plastik yang bisa Anda hemat dengan membuat dan memakai tas hasil daur ulang ini? Penyelamatan lingkungan bisa dimulai dari diri kita sendiri.

Contoh lain barang yang bisa Anda buat, misalnya tempat pensil, kotak tisu, gantungan baju, celengan, tirai, lukisan kolase plastik, dan lain sebagainya. Setiap produk yang Anda hasilkan bisa Anda buat dengan nilai seni yang tinggi menggunakan perpaduan bahan daur ulang dengan aksesoris lain sebagai pendukung. Sehingga selain berdaya guna juga menghasilkan keuntungan yang tidak sedikit ketika Anda pasarkan ke luar.

0 Response to "CARA MUDAH MEMANFAATKAN SAMPAH PLASTIK"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel