CARA MEMBUAT BIBIT JAMUR MERANG

Jamur merang memiliki banyak manfaat. Dibalik kelezatannya, jamur merang juga memiliki kandungan gizi yang sangat baik sebagai obat berbagai jenis penyakit. Dari 100 gram jamur merang memiliki kandungan Protein 5.94 %, Karbohidrat 0,59 %, Lemak 0,17 %, Abu 1,14 %, Serat 1,56 %, Zat besi 1,9 mg, Fosfor 17 mg, Vitamin B-1 0,15 mg, Vitamin B-2 0,75 mg, Vitamin C 12,40 mg, Mineral tambahan yaitu asam folat, zat tembaga dan kalium.

Diantara manfaatnya antara lain adalah mencegah pertumbuhan sel kanker, mencegah penyakit jantung, dan menangkal radikal bebas.
Mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh, terutama pada penyakit kanker payudara dan kanker prostat.
Mencegah penyakit jantung. Akibat dari naiknya kolesterol dalam darah, bisa memicu akan terkena penyakit jantung.

CARA MEMBUAT BIBIT JAMUR MERANG
Banyaknya manfaat dari jamur merang tersebut mestinya menimbulkan ide untuk membuat bibit jamur merang untuk dibudidayakan. berikut cara membuat bibit jamur merang.

Siapkan media tanam untuk jamur merang. Media tanam ini dapat berupa jerami sisa panen padi yang telah dikeringkan terlebih dahulu dan kemudian dibakar. Sisa dari pembakaran ini disebut dengan sekam, nah abunya ini yang diambil untuk dipakai sebagai media tanam pembibitan jamur merang ini. Abu sekam padi ini banyak manfaatnya lho, karena kandungan unsur haranya yang cukup sebagai nutrisi dalam masa pembibitan. Selain itu, abu sekam ini juga menjaga kelembaban dan bersifat poros, yaitu meremah dan tidak padat.

ilustrasi
BACA: CARA MEMBUAT MINYAK KEMIRI

Siapkan dan iris kecil-kecil jamur merang. Cara membuat bibit jamur merang selanjutnya adalah jamur merang yang telah disiapkan sebagai tanaman induk mulai diiris-iris kecil. Dalam tahap ini, gunakan pisau yang bersih dan steril agar bibit yang akan dihasikan bisa bagus dan tumbuh
baik. Setelah diiris, Anda bisa mencelupkan sebentar ke dalam air hangat untuk mencegah terjadinya kontaminasi pada calon bibit.

Campurkan media tanam dan irisan jamur merang. Nah, cara membuat bibit jamur merang berikutnya yaitu mencampurkan irisan dari jamur merang tadi dengan media tanam yang telah disiapkan sebelumnya yaitu abu sekam. Campurkan dengan rata dan tambahkan sedikit air. Gunakan wadah yang bersih dan mempunyai tutup. Setelah selesai pengadukkan, wadah ditutup rapat dan
disimpan sampai 2 atau 4 hari.

Bibit siap ditanam di atas bedengan. Setelah empat hari, akan muncul serabut halus yang banyak jumlahnya di dalam wadah pembibitan. Itulah bibit jamur merang. Jika tidak nampak serabut halus tersebut, berarti cara membuat bibit jamur merang yang Anda lakukan masih keliru/gagal.

Bibit yang siap ditanam, segera disebar di atas bedengan yang telah ditaburi dan dicampur dengan abu sekam. 

0 Response to "CARA MEMBUAT BIBIT JAMUR MERANG"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel