BAHAN DASAR MEMBUAT MINYAK WANGI 'CUSTOM'

Bosan dengan aroma minyak wangi yang itu-itu saja? Cobalah sesekali membuat minyak wangimu sendiri. Ada beberapa bahan dasar yang perlu kita siapkan untuk membuat minyak wangi.

Barangkali langkah ini terlalu ribet. Tetapi kadang hidup memang perlu bereksperimen. Membuat minyak wangi sendiri, apabila berhasil, hehehe, akan memberikan kepuasan tersendiri bagi si pembuat.

Ketika orang lain bertanya, "minyak wangimu, enak banget? beli dimana?" rasa-rasanya kita akan merasa tersanjung. Sebab sejatinya aroma minyak tersebut kita buat sendiri dengan bahan yang telah kita siapkan.

Lantas apa saja bahan-bahan dasar membuat minyak wangi "custom"?

ilustasi botol minyak wangi

BACA: MANFAAT MANGGA MUDA UNTUK KESEHATAN
Tanpa berlama-lama, berikut bahan dasar yang biasa digunakan untuk membuat minyak wangi:

1. Akar Wangi (Vetiveria zizanioides)
Disebut akar wangi, karena memang memiliki akar tinggal yang berbau sangat wangi. Dari bagian inilah umumnya minyak asiri diambil.

2. Bunga Sedap Malam (Polynthes tuberosa)
Sedap malam merupakan tanaman asli dari Meksiko. Dan kini ia banyak ditanam di Perancis, Mediterania, Maroko, Taiwan, Sri Lanka dan Indonesia.

3. Cendana (Santalum album)
Batang tumbuh tegak, bulat, berkulit kasar, tampak tipis dan berwarna kelabu. Jantung kayu berwarna kuning dan mengeluarkan aroma yang wangi.
Bagian inilah yang nantinya dijadikan serbuk atau irisan kecil untuk disuling.

4. Kayu Manis (Cinnamomum verum)
Cinnamon bark oil adalah sebutan minyak yang dihasilkan dari sulingan serbuk kulit kayu manis kering. Selain kulit kayu, minyak asiri juga bisa diambil dari daun, namun harga sulingan jauh lebih rendah dibandingkan kulit kayu karena unsur kimianya berbeda.

5. Kenanga (Cinangium odoratum)
Di dalam dunia perdagangan minyak kenanga dikenal dengan nama cananga oil.

6. Mawar (Rosa sp)
Minyak asiri diekstrak dari bunganya yang didestilasi dengan air atau uap air. Dari 1 kg petal dapat dihasilkan 1 gram minyak mawar murni.

7. Melati (Jasminum sp)
Melati merupakan salah satu bahan dasar yang terkandung dalam wewangian bunga pada produk minyak wangi dan sabun wangi. Sebelum dibuat parfum, terlebih dahulu melati diekstrak menjadi concreate dan absolute dengan metoda enfleurage. Dari bagian absoulte-lah nantinya minyak asiri tersebut dihasilkan dengan cara destilasi.

Itulah bahan dasar yang biasa digunakan untuk membuat minyak wangi. Selamat mencoba! Semoga berhasil!

2 Responses to "BAHAN DASAR MEMBUAT MINYAK WANGI 'CUSTOM'"

  1. wah selama ini nggak pernah kepikiran bahan minyak wangi, hhh
    ternyata banyak yg berbahan dasar bunga2 to

    ReplyDelete
  2. Dari ketujuh pilihan bahan parfum custom , aku paling suka parfum yang beraroma kayu ..., jadi kayu manislah jawabannya :)

    Aroma kayu itu kalo dipakai entah perasaan diri sendiri atau kenapa ..., selalu merasanya feeling sexy hahaha ...

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel