BEGINI CARA AMPUH MENGATASI CEGUKAN PADA BAYI

Cegukan pada bayi seringkali terjadi setelah ibu memberi asi atau makanan pendamping asi. Cegukan bisa menjadi masalah yang cukup serius apabila tidak segera reda. Paling tidak cegukan menimbulkan rasa tidak nyaman bagi bayi. Hal ini bisa menyebabkan bayi menjadi rewel bahkan menangis.
Apa penyebab cegukan pada bayi? Penyebabnya bisa dikarenakan posisi minum asi yang tidak tepat, sehingga menyebabkan cegukan.  Untuk mengatasi cegukan pada bayi tentu berbeda dengan orang dewasa. Jika pada orang dewasa cara termudah untuk menghentikan cegukan  adalah dengan menahan napas untuk beberapa saat, tentu saja tidak demikian untuk bayi. Cara ini mungkin terlalu berisiko bagi bayi.
Namun bunda tidak perlu khawatir jika terjadi cegukan pada buah hati bunda. Berikut beberapa metode yang dapat anda coba untuk mengatasi cegukan pada bayi.

CHEMISTRICKS

BACA JUGA :  FAKTA TENTANG LOGAM NATRIUM
Pijat bagian belakang
Mungkin cara ini adalah metode yang paling sering dilakukan oleh para ibu saat bayi mengalami cegukan. Memang bayi yang cegukan tidak memberbahayakan untuk kesehatannya. Saat bayi cegukan, umumnya yang perlu Anda lakukan adalah, menenangkan bayi tersebut. Gosok punggung bayi dengan memberinya beberapa tetes minyak telon. Cara ini ampuh untuk menenangkan bayi sehingga cegukannya bisa lenyap secara perlahan.

Mengubah posisi menyusui
Posisi menyusui yang kurang tepat berpotensi menyebabkan cegukan pada bayi. Sebab, kadang-kadang, bayi menelan udara terlalu banyak selama menyusui akibat posisi yang salah itu. Hal ini dapat menyebabkan cegukan bayi yang sangat mengganggu bagi bayi. Untuk mengatasinya, Anda hanya perlu mengubah posisi menyusui Anda untuk membatasi jumlah udara yang masuk ke mulut si kecil.

Bersendawa
Sendawa mungkin dianggap sesuatu yang kurang sopan bagi orang dewasa, terlebih jika dilakukan di muka umum. Namun, bagi bayi sendawa bisa sangat bermanfaat. Sangatlah penting bagi bayi untuk bersendawa setelah Anda selesai menyusui atau memberikan makanan pendamping asi. Bersendawa penting dilakukan untuk mengeluarkan udara atau gas yang berlebih yang terdapat di perut bayi. Bahkan dalam beberapa kasus, bersendawa dapat membantu melepaskan kejang otot di diafragma dan dengan demikian dapat menghentikan cegukan bayi.


Makan secara teratur
Mengatur waktu untuk makan bagi si kecil sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Bunda harus memberi makan pada bayi sebelum terlalu lapar dan perutnya mengandung banyak gas. Cegukan bisa jadi merupakan tanda adanya masalah pada lambung. Jika cegukan menunjukkan masalah lambung, maka mereka akan disertai muntah. Hal ini tentu tidak perlu terjadi jika ibu telah mengantisipasinya lebih dahulu.

Berhenti makan jika cegukan tidak mereda
Setelah beberapa menit, jika cegukan tidak berhenti, Anda perlu berhenti menyusui bayi. Jika Anda terus menyusui bayi sementara dia cegukan, bayi bisa muntah. Hal ini akan membuat bayi lebih marah. Jadi satu-satunya solusi adalah dengan membiarkan bayi cegukan hilang, dan kemudian melanjutkan makan lagi.

Ini adalah beberapa cara sederhana untuk menghentikan cegukan bayi. Seberapa sering bayi Anda mendapatkan cegukan? Kini Anda telah mengetahui cara mengatasinya. Jadi jangan khawatir lagi ya, bunda. Semoga sehat selalu. Salam.

0 Response to "BEGINI CARA AMPUH MENGATASI CEGUKAN PADA BAYI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel