LAPAR DI MALAM HARI? HINDARI BEBERAPA JENIS MAKANAN INI

Bagi anda yang memiliki aktivitas yang sangat padat, makan di malam hari merupakan sesuatu hal yang sulit untuk dihindari. Banyaknya pekerjaan di kantor menyebabkan waktu untuk menyantap makanan seringkali molor hingga larut malam. Bukan tanpa resiko, beberapa pakar menganjurkan makan malam maksimal 3 jam sebelum tidur. Di samping itu, beberapa orang enggan makan malam karena takut mengalami kenaikan berat badan yang menyebabkan tubuh menjadi kurang ideal.

Meski demikian, makan malam bukan berarti harus ditinggalkan. Ada beberapa tips yang dapat anda lakukan ketika makan malam dengan kondisi di atas. Salah satunya adalah selektif memiliki jenis makanannya. Berikut tipsnya.
chemistricks


  • Hindari makanan Pedas
Bagi pecinta makanan pedas, ada baiknya anda mengurangi makanan tersebut di malam hari. Sebab, makanan-makanan pedas bisa saja menyebabkan panas di bagian dada. hal ini bisa berdampak buruk jika dilakukan menjelang tidur. Sebab, saat tidur kita akan berbaring beberapa saat setelah mengkonsumsi makanan pedas tentu berpotensi menyebabkan sesak di dada

BACA JUGA: MENGATASI CEGUKAN PADA BAYI

  • Makanan berlemak dan berminyak 

Makanan yang mengandung lemak dan berminyak memang sangat digemari masyarkat. Biasanya makanan jenis ini banyak dijumpai pada makanan makanan berjenis "cryspy" yang proses penyajiannya dengan digoreng.
Mengkonsumsi makanan jenis ini boleh boleh saja. Tetapi sangat dianjurkan untuk menghindari makanan ini di malam hari. Makanan-makanan berminyak dan berlemak justru harus dibatasi demi pola makan sehat. Penyebabnya adalah, makanan berlemak dan berminyak akan sulit dicerna tubuh saat organ sudah saatnya beristirahat pada malam hari. Makanan-makanan berminyak dan berlemak cenderung sulit untuk dicerna dan berpotensi mengganggu sistem pencerna makanan.

Baca Juga: CARA TIDUR SEHAT DAN BERKUALITAS


  • Makanan bertepung 
Makanan bertepung juga sebaiknya dihindari pada malam hari. Beberapa makanan bertepung seperti kentang goreng, pasta dan nasi adalah contoh sumber karbodhirat yang biasa dikonsumsi untuk makan malam. Sebaiknya, makanan tersebut dihindari saat makan malam sebab dengan mudah diubah menjadi gula sehingga meningkatkan gula darah dan insulin. Penyebabnya, mengkonsumsi makanan ini tidak baik karena tidak ada pembakaran energi melainkan akan disimpan sebagai lemak. Akan lebih baik untuk memilih makan sayuran atau protein.


  • Karbohidrat sederhana 
Karbohidrat sederhana baik untuk dikonsumsi tubuh pada waktu-waktu tertentu, namun tidak untuk makan malam. Makanan dengan indeks glikemik tinggi ada dasarnya akan diserap ke dalam aliran darah dengan cepat. Jadi, jika kamu mengkonsumsinya namun tidak berolahraga dan membakar gula tersebut sebagai sumber tenaga, maka makanan-makanan tersebut akan berubah menjadi lemak dan disimpan di dalam tubuh. Beberapa makanan yang tergolong ke dalam karbohidrat sederhana, antara lain kentang, pasta, kue, pizza, soda, gula murni, sirup, glukosa, fruktosa, jus buah, roti, hingga sereal sarapan. "Makanan-makanan ini sangat kontradiktif bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

  • Cokelat 
Cokelat merupakan makanan kesukaan banyak orang karena rasanya yang manis. Beberapa orang juga mengkonsumsinya untuk makanan penutup. Sayangnya, makan cokelat di waktu makan malam sebetulnya sangat tidak dianjurkan. Cokelat mengandung kafein dan bisa membuatmu sulit tidur di malam hari.


0 Response to "LAPAR DI MALAM HARI? HINDARI BEBERAPA JENIS MAKANAN INI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel