4 Cara Tidur Sehat Dan Berkualitas Yang Akan Membuat Bangun Lebih Bugar

4 Cara Tidur Sehat Dan Berkualitas Yang Akan Membuat Bangun Lebih Bugar 

Tidur sehat adalah impian semua orang di dunia ini, karena hanya tidur yang berkualitas saja yang bisa membuat tubuh kita beristirahat secara maksimal. Ada beberapa faktor penting yang bisa mempengaruhi kualitas tidur seseorang, mulai dari durasi tidur, posisi tidur, dan bahkan pencahayaan kamar. 

Lantas, apa sih pengertian tidur yang berkualitas itu? Seseorang bisa dikatakan memiliki kualitas tidur yang tinggi apabila ia bermimpi. Ya, jika Anda pernah bermimpi ketika tidur berarti saat itu tidur Anda berkualitas.

Tanpa banyak pembahasan lagi, langsung saja disimak beberapa tips tidur sehat dan berkualitas berikut ini.




1. Pencahayaan

Untuk urusan pencahayaan, sebaiknya kegelapan di dalam kamar hanya sebatas dimana mata kita masih bisa mendeteksi keberadaan suatu benda. Artinya, kita bisa bergerak tanpa khawatir menambrak benda-benda di sekitar. 

Menurut salah satu anggota asosiasi dosen New York University School of Medicine, Joyce Walsleben, PhD menjelaskan jika menyalakan lampu ketika tidur malam itu tidak baik.

Pasalnya, meskipun kita tidur cahaya lampu masih dapat dideteksi oleh kelopak mata.  Kelopak mata yang mendeteksi adanya cahaya, membuat otak tidak bisa memproduksi melatonin.

Padahal melatonin sangat dibutuhkan oleh tubuh agar seseorang bisa tidur nyenyak.

2. Posisi tidur

Posisi tidur yang baik adalah miring menghadap ke kanan. Posisi ini diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW dan sudah terbukti secara medis mengandung banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Misalnya mengurangi beban jantung, mengistirahatkan lambung, meningkatkan waktu penyerapan gizi, dan menjaga kesehatan paru-paru.

Waspadalah dengan posisi tidur yang salah, karena tidak hanya memicu nyeri pada leher dan punggung saja, namun juga menyebabkan gangguan perut, bahkan berpotensi mengalami penuaan dini. 

3. Durasi tidur

Jika selama ini kita mengenal jam tidur normal orang dewasa adalah 8 jam, ternyata itu kurang tepat. Justru, kita dianjurkan tidur malam selama 7 jam. 

Menurut data aktivitas lebih dari 1 juta orang selama 6 tahun, seorang psikoatri di Amerika Serikat berhasil menemukan fakta menarik, apabila orang yang tidur selama 6,5 – 7,4 jam mempunyai tingkat kematian paling rendah, daripada durasi tidur lain. 

4. Hal yang dilakukan sebelum tidur

Tahukah Anda, ternyata aktifitas yang dilakukan sebelum tidur juga bisa mempengaruhi kualitas tidur seseorang. Sebelum tidur cobalah untuk wudhu, olahraga ringan, dan berdoa. Keesokan harinya Anda pasti bangun lebih bugar. 


Demikianlah beberapa tips tidur sehat dan berkualitas. Dengan menerapkan beberapa langkah diatas, Anda bisa tidur lebih nyenyak dan beristirahat secara maksimal. 

0 Response to "4 Cara Tidur Sehat Dan Berkualitas Yang Akan Membuat Bangun Lebih Bugar "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel