Pengertian Senjata Kimia, seperti apa bahayanya?

Senjata kimia adalah senjata yang memanfaatkan sifat racun senyawa kimia untuk membunuh, melukai, atau melumpuhkan musuh. Penggunaan senjata kimia berbeda dengan senjata konvensional dan senjata nuklir karena efek merusak senjata kimia terutama bukan disebabkan daya ledaknya. Penggunaan organisme hidup (seperti antraks) juga bukan dianggap senjata kimia, melainkan senjata biologis. Menurut Konvensi Senjata Kimia (Chemical Weapons Convention), yang dianggap sebagai senjata kimia adalah penggunaan produk toksik yang dihasilkan oleh organisme hidup (misalnya botulinum, risin, atau saksitoksin). Menurut konvensi ini pula, segala zat kimia beracun, tanpa memedulikan asalnya, dianggap sebagai senjata kimia, kecuali jika digunakan untuk tujuan yang tidak dilarang (suatu definisi hukum yang penting, yang dikenal sebagai Kriteria Penggunaan Umum, General Purpose Criteron).
sumber:wikipedia
Dan tahukah anda ada beberapa senjata kimia yang sangat berbahaya, seperti apa bahayanya?
 Senjata kimia sendiri merupakan senjata yang sengaja dibuat dari reaksi kimia yangbersifat untuk membunuh musuh dan mengakibatkan kerusakan yang parah terhadap daerah yang ditembakan senjata kimia. Senjata kimia ini sangat berbahaya jika terkena tubuh akibatnya akan mengalami cacat seumur hidup dan kerusakan serius pada kulit.

1. SARIN

Sarin adalah bahan kimia paling beracun baik dalam bentuk cair atau pun gas dan paling reaktif di antara bahan kimia lain. Bahan ini dapat menimbulkan kematian beberapa menit setelah terkena sengan hanya dengan porsi kecil.

Sarin memasuki tubuh tidak hanya melalui jalan pernafasan tetapi juga melalui kulit, membuat korbannya kehilangan nafas, buta, luka bakar pada kulit atau lumpuh dan cacat seumur hidup, racun ini menyerang manusia pada sistem saraf pusat.

Racun ini mampu bertahan lama di udara dan juga mencemari air karena sifatnya yang mudah larut di dalam air sehingga merusak lingkungan.

2. VX

Racun berbahaya dalam bentuk cair dan uap, dapatbmenyerang sistem syaraf pusat. Bahan kimia inidianggap 100 kali lebih beracun melalui sentuhan terhadap kulit daripada syaraf, dan dua kali lebihberbahaya melalui pernafasan. VX dapat menyebabkan kematian beberapa menit setelahterkena. Bahan kimia itu mematikan denganmenyerang ototyang dikendalikan dalam keadaanaktif sehingga otot lelah dan tidak dapat bernafaslagi.

3. SULFUR MUSTARDS

Gelembung dan unsur perantara alkali. Bahan kimiaini tak berwarna dalam keadaan murni, namun secara umum berwarna kuning hingga coklat dansedikit berbau mustard atau bawang putih. Sulfur Mustards menyebabkan luka pada kulit, mata dansaluran pernafasan. Tidak ada penawar racun ataskeracunan sulfur mustard, satu-satunya cara efektif yaitu dengan mengurangi kontaminasi semua daerahyang terkena. Sepuluh miligram bahan kimiaitu dapat menewaskan korbannya3. Sarin Komponen yang sangat beracun baik dalam bentukcair atau pun gas, menyerang sistem syaraf pusatdan dapat menimbulkan kematian beberapa menitsetelah terkena. Bahan ini memasuki tubuh melaluipernafasan, pencernaan, mata dan kulit.

4. CHLORINE

Gas kuning kehijauan dengan bau tajam yang lebihberat dari udara. Bahan ini bereaksi dengan berbagaibahan organik, menimbulkan api dan ledakan keras.Menimbulkan efek korosif pada mata dan kulit.Penyebaran melalui udara menyebabkan kesulitanbernafas dan edema paru-paru. Tingkat terkena yang tinggi dapat menyebabkan kematian.

5. HYDROGEN CHYANIDE

Sangat mudah terbakar, tidak berwarna dalambentuk gas ataupun cair. Dalam keadaan terbakar menyebarkan racun dan dapat memicu ledakan.Dapat menimbulkan iritasi mata, kulit dan saluran pernafasan. Bahan ini dapat menyerang sistem syaraf pusat sehingga sirkulasi tidak berfungsi.

0 Response to "Pengertian Senjata Kimia, seperti apa bahayanya?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel