Visitor dan Pageviews Blog Rendah? Lakukan Cara-Cara Ini!

Jumlah Visitor 
dan Pageviews Blog Rendah? 
Lakukan Cara-Cara Ini!

Portal Tricks


Sobat blogger, apa yang akan kita lakukan kalau udah beberapa lama ngeblog tapi visitor masih aja rendah? 

Masak setiap hari jumlah visitor tidak lebih dari 10 visitor? Dan setiap hari jumlah pageviews (total tayangan laman) masih juga tidak lebih dari 30 page view?

Menyedihkan sekali memang. Apakah sobat masih mengalami hal ini? Apakah sobat sampai saat ini masih bermasalah dengan hal ini? (Semoga tidak ya!)

Namun, bagi sobat yang masih mengalami masalah ini, tulisan ini semoga sedikit membantu sobat-sobat semua. Jadi, tulisan ini tentu saja bukan ane tujukan untuk blogger-blogger yang sudah ahli, bukan untuk mastah-mastah dong tentu saja!

Ane akan sedikit berbagi tentang bagaimana apa yang harus seorang blogger lakukan apabila visitor dan pageviews per harinya masih rendah! Dan bagaimana trik untuk menaikkan jumlah visitor dan pageview blog!


1. Blogwalking dan perkuat backlink

Apa itu blogwalking? Blogwalking atau yang biasa disingkat BW adalah aktivitas seorang blogger yang berkunjung ke blog lain yang memiliki niche (tema blog) yang serupa dengan tema blog yang dia kelola.

Pada saat seorang blogger mengunjungi blog orang lain, tidak lupa dia juga memberikan respon berupa komentar yang relevan (nyambung) dengan artikel yang dibaca. Dengan catatan, sebaiknya sobat jangan kasih komentar menggunakan identitas ANONIM.

Pada saat memberikan komentar, seyogyanya gunakanlah bahasa yang sopan, santun, dan tidak menyinggung SARA atau ujaran kebencian (hatespeech) yang baru-baru ini marak diperbincangkan. :)

Hindari penggunaan kata yang terkesan meninggikan diri, dan bertendensi untuk menggurui. (Bukankah di sini kita sedang belajar dan berusaha bersama? Iya nggak, Sob?)

Perlu Sobat diketahui, seorang blogger akan merasa senang dan merasa dihargai saat artikel di blognya dibaca dan mendapat komentar orang lain. Terlebih apabila pada komentar tersebut, pengunjung juga memosisikan diri sebagai partners atau kawan diskusi yang menyenangkan.

Saling berbagi, saling memberi solusi, dan saling memotivasi. Itulah yang sangat menyenangkan bahkan mengesankan pada interaksi antar sesama blogger.

Nah, apabila si pemilik blog merasa senang pada komentar kita, dia tidak akan segan-segan untuk melakukan kunjungan balik ke blog kita (tanpa perlu diminta). Maka, sekali lagi, jangan gunakan anonim ya Sob! Kita cukup berkomentar saja atau dengan meninggalkan link alamat blog.

Link yang kita tinggalkan di blog orang lain itulah yang secara sederhananya kita sebut sebagai backlink. Backlink adalah tautan/link yang apabila di-klik akan mengarah ke blog kita.

Blog yang Sebaiknya kita kunjungi (gunakan untuk blogwalking)

> Blog yang kita gunakan untuk membangun backlink sebaiknya adalah blog yang memiliki niche (tema) blog yang serupa dengan blog kita. Diutamakan blog yang sudah punya traffic (lalu lintas pengunjung blog) yang tinggi.

Lantas, Bagaimana dengan blog gado-gado? Atau blog yang tidak punya tema spesifik?

Kalo menurut pengalaman ane yang masih secuil ini, silakan saja sobat lakukan pada artikel yang serupa dengan salah satu artikel yang ada di blog sobat. 

Misalnya: sobat sedang berkunjung ke artikel yang membahas tentang Payout Adsense. Maka sobat bisa juga saling berdiskusi dan meninggalkan link sobat yang juga membahas tentang Payout Adsense, misalnya.

>> Sebenarnya, pembahasan point 1 tadi sudah cukup menjawab tentang blog seperti apa yang sebaiknya kita kunjungi untuk blogwalking.

Namun, point berikutnya ini, meskipun tampaknya sepele, rasanya tetap saja penting untuk ane tambahkan.

Yaitu, JANGAN sekali-sekali TINGGALKAN LINK di situs dewasa! Situs yang kadang muncul peringatan "Saya Mengerti dan Saya Ingin Melanjutkan" itu loh!
Ha-ha-ha! 

Apalagi bagi sobat yang main Adsense! Adsense sangat anti dengan situs porno meskipun situs tersebut memiliki traffic tinggi!

Begitulah, Sob! Pentingnya membangun backlink dengan cara melakukan blogwalking!

Namun, blogwalking itu BUKAN SATU-SATUNYA hal yang penting, Sob. 

Mengapa? Kita lanjut yuuk!

2. Tulis konten artikel original yang bermanfaat dan unik

Blogwalking dan memperkuat backlink itu memang sangat efektif, Sob. Namun, itu bukan satu-satunya.

Tak kalah penting dari blogwalking adalah konten itu sendiri. Blogwalking tidak berarti apa-apa kalau blog kita miskin konten.

Oleh sebab itu, mulailah membangun blog Sobat dengan konten-konten yang berkualitas. Semakin banyak konten yang berkualitas semakin baguslah blog sobat.

Apa kriteria artikel yang bagus dan berkualitas menurut Adsense?

Artikel berkualitas menurut Adsense adalah artikel yang unik dan memberikan manfaat secara luas kepada pembaca.

Seorang kawan blogger bertanya, "Saya punya rencana membangun blog tentang ilmu apa saya yang saya dapat dari pesantren, bagus nggak?" 

Maka ane bilang, "Itu sangat bermanfaat bagi orang-orang, baik di dunia maupun di akhirat, Bro! Tentu saja bagus!"  Cuman, ane lanjutkan, "Asal jangan sampai bikin  sensasi dengan agama ya bro! Misalnya ngata-ngatain kafir dan masuk neraka!" Walaupun traffic-nya bagus, tapi itu memecah belah persatuan. hehehe.

Artikel yang bagus, selain bermanfaat bagi orang banyak, juga memiliki kriteria sebagai berikut:

  • Original, asli, bukan hasil plagiasi atau menjiplak mentah-mentah karya orang lain, atau kasarnya: hasil Mencuri konten orang lain! Originalistas artikel sangat dihargai Sob!
  • Kaya informasi, menyajikan informasi secara lengkap, detail, dan akurat yang dibutuhkan oleh orang banyak. 
  • Unik. Artinya artikel tersebut lain daripada yang lain, baik dari segi informasi dan isi, maupun gaya tulisan. Cuman, sayangnya, pada zaman sekarang ini, keunikan isi artikel sangat susah ditemui selain yang berasal dari seorang pakar. Sebab, kebanyakan sekarang ini informasi cepat menyebar dan di-Copy-Paste secara biadab! Aaarrgghh!! Kadang ane sendiri sulit nemu mana sumber artikel yang sebenarnya.

3. Perhatikan panjang tulisan

"Saya sudah berusaha bikin artikel yang kaya original, informasi, dan unik. Tapi kenapa visitor masih saja minim?" tanya salah seorang temen.

Salah satu kemungkinan penyebabnya adalah: artikel dia kalah bersaing dengan artikel-artikel serupa yang lebih panjang.

Ane menduga, artikel yang panjang akan lebih banyak memberikan info, selama artikel tersebut tidak bertele-tele penyampaiannya. Selain itu, artikel yang panjang akan lebih banyak memuat kata kunci pencarian yang lebih lengkap.

Oleh sebab itu, cobalah sobat bikin artikel yang agak panjang daripada biasanya.

Pertanyaanya, sepanjang apakah artikel yang dikatakan panjang untuk sebuah blog post?

    1) 1.500 - 3.000 kata : Sangat bagus kalau sobat mampu menulis artikel dengan panjang artikel sampai 3.000 kata. Jika sobat mampu menulis artikel dengan rata-rata 3.000 kata, maka sebenarnya sobat cukup menulis 1 artikel saja per minggu, bahkan 1 artikel per bulan. 
    Ilmu ini jujur aja ane dapatkan dari blognya PanduanIM. Mungkin sobat pernah juga baca artikel-artikel di blog tersebut. Rata-rata artikel di sana panjang-panjang kan? Namun juga blog tersebut sering memenangkan persaingan dan menjadi yang teratas di SERP (Search Engine Result Page).   

    Ane salut pada blog tersebut karena itu blog dikerjakan sendirian. Tidak ada partners dalam mengelolanya.
    Tantangan menulis artikel panjang 3.000 kata adalah: MAMPU MENULIS KONTEN DENGAN GAYA BAHASA YANG TIDAK MENJEMUKAN, sehingga pembaca mampu bertahan untuk terus membaca artikel sobat sampai tuntas, sampai paragraf dan kata terakhir!
    Jika itu dipenuhi, artikel sobat kemungkinan akan menjadi yang teratas, memenangkan persaingan dengan artikel-artikel dengan tema yang sama.
    2) 600 - 1.500 kata : Jika tidak mampu menulis sampai 3.000 kata, menulis artikel dengan panjang antara 600 - 1.500 kata sudah cukup bagus.
    Blog yang terkenal seperti Maxmanroe, rata-rata tulisannya sekitar 1.500 kata. Akan tetapi,  konon blog tersebut dikerjakan secara team.
    Untuk panjang artikel 1.500 ini, sobat cukup aman dan stabil trafficnya walaupun hanya 1 minggu sekali update artikel.
    Tapi, itu juga tergantung pada keunikan dan kemenarikan artikel juga ya.
    Maaf, yang dimaksud stabil trafficnya itu BUKAN stabil traffic kecil loh. wkwkw. 

    3) 300 - 600 kata : 300 - 600 kata adalah "batas aman" bagi sobat yang bermain Adsense. Artikel yang terlalu sedikit akan menjadikan rangking blog sobat menjadi tidak terlalu bagus. (kalau tidak dikatakan buruk)
    Salah-salah konten blog dengan artikel dengan jumlah kata yang terlalu sedikit bisa kena Banned dari Google karena tidak memenuhi standar kualitas layanan Google Adsense.
    Untuk mendapatkan traffic blog yang bagus dengan jumlah kata 300 - 600, sebaiknya sobat memposting/mengupdate blog secara teratur.  Bisa sehari sekali sudah cukup bagus.

    4) Kurang dari 300 kata : Jika di atas telah ane sebutkan "Batas Aman" jumlah kata pada sebuah artikel yang sobat tulis biar nggek kena banned Google, kenapa di sini ane kasih kategori "Kurang dari 300 kata"?
    Untuk artikel yang kurang dari 300 kata, bisa ditulis pada situs-situs "PREMIUM" dengan traffic harian yang ISTIMEWA. Misalnya, yang sering kita temukan di situs-situs berita. Baik itu berita olahraga, selebriti, showbiz, dan sebagainya.

    Untuk situs kategori ini, kalau ane bilang memang mendapat "keistimewaan" dari Google, termasuk jumah banner iklan terpasang yang lebih banyak dari situs kita-kita ini. Meaka jangan heran kalau pada halaman mereka kadang dijumpai sampai 5 iklan banner meskipun ukurannya kecil. :)
     
    4. Membidik Kata Kunci yang tepat dengan Google Adwords 

    Jurus selanjutnya adalah dengan membidik dan merencanakan kata kunci pada setiap posting yang kita tulis dengan layanan Google Adwords.

    Caranya, Sobat silakan masuk ke Adwords, keyword planner. Bila belum memiliki akun, silakan buat dengan user dan pasword sama dengan akun google sobat.

    Masuk ke keyword planner, pilih kata kunci yang hendak sobat targetkan, misalnya kata kunci "info guru".

    Pilihlah target geografi negara "Indonesia" bila blog sobat berbahasa Indonesia.

    Kemudian untuk tahap permulaan pilih tingkat persaingan yang "low".

    Klik OK atau cari kata kunci. 

    di sana akan terlihat beberapa alternatif keyword (kata kunci) yang bisa sobat pakai menulis artikel sobat.

    Sobat bisa juga memilih beberapa kata kunci yang memiliki nilai per klik tertinggi. Untuk klik iklan Adsense di Indonesia, nilai per klik tertinggi bisa mencapai $ 2  atau sekitar Rp 20.000,00 apabila kurs Rp 10.000 per dolar.

    Untuk mengoptimalkan pemakaian google Adwords ini, sobat hanya perlu berimproviasi, mencoba hal-hal yang baru dan jangan takut salah. Lama kelamaan sobat akan terbiasa menggunakan Adwords ini dan penghasilan sobat dari Adsense pun meningkat karena nilai per kliknya juga tinggi.



    5. Optimalkan dengan Google Search Console pada Webmaster Google

    Artikel yang kita posting kadang tidak langsung muncul pada mesin pencari google.

    Adakalanya kita musti menunggu sementara waktu agar artikel kita muncul di Google Search Engine.

    Hal ini terjadi karena artikel yang sobat publish tersebut belum terindeks di mesin pencari Google.

    Nah, agar artikel sobat cepat terindeks oleh Google, Optimalkan dengan Webmaster Tools Google.

    Silakan sobat masuk ke Webmaster tools tersebut, dan submit URL artikel sobat pada menu: Crawl (Perayapan) dan Feetch As Google (Kirim Sebagai Google)

    Dengan demikian, artikel yang sobat baru saja publish akan cepat terindeks di Google.

    ===========================     

    Demikian sharing pengalaman dari ane tentang apa yang harus kita lakukan apabila visitor dan pageview blog masih rendah, sekaligus cara dan tips agar visitor (orang yang berkunjung dan membaca blog) dan pageview (tayangan laman) bisa naik/meningkat.

    Semoga bermanfaat, Sob! Ane doakan juga semoga sobat bisa meraih kesuksesan.
    Ane seneng kalu kita sukses bersama-sama, Sob. Enggak cuman sukses sendirian aja!

    Salam sukses selalu!

    0 Response to "Visitor dan Pageviews Blog Rendah? Lakukan Cara-Cara Ini!"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel