Memilih Template Blog yang Bagus untuk Adsense

Memilih Template Blog yang Keren 
dan Cocok untuk Adsense


Sebenarnya, untuk membangun blog mau pakai template apa saja terserah dan semau pemilik blog. Suka-suka dong mau pakai yang mana. Cuma, kalau untuk blog yang dimonetise, alias memang dibuat sebagai hobi penambah penghasilan, perlulah dipikirkan bagaimana memilih template blog yang keren. Terutama bagi publisher iklan Adsense. Tulisan ini akan sekadar sharing memilih template blog yang keren dan cocok untuk adsense.

Dulu pada awal-awal kenal blog, saya memilih template blog yang "dark" serba hitam dengan tulisan putih. Maka akibatnya, hanya saya saja yang suka baca-baca blog saya sendiri (hihihi, kebiasaan para pemula, suka baca tulisannya sendiri berulang-ulang :v )

Untuk memonetisasi blog dengan Adsense, ada dua macam template yang bisa digunakan. 
1. Menggunakan template bawaan Blogger
2. Menggunakan template selain dari bawaan blogger (bikinan para master/blogger ahli)

Baiklah mari kita bahas satu per satu.

1. Menggunakan template bawaan blogger

Untuk mengatur template, Anda bisa masuk ke menu dasbor blogger dan pilih template.

Kemudian, lanjutkan dengan memilih Langsung di Blog > Sesuaikan.


Anda akan menemui tampilan seperti di atas. Sampai di sini, silakan Anda pilih template bebas (terserah), misalnya "sederhana", "Jendela Gambar", "PT. Keren Sekali", "Tanda Air", atau "Kelembutan" sesuai selera Anda. Untuk memonetisasi blog dengan Adsense, saya tidak merekomendasikan template "Dinamis".

Okay, misalkan saja saya pilih template "Simple/Sederhana"

Lanjutkan dengan mengatur:

* Latar Belakang : Pilihlah gambar latar belakang yang sesuai dengan niche blog/tema/topik bahasan blog Anda. Anda bisa memilih dari beberapa pilihan latar belakang yang dikelompokkan menjadi: seni, bisnis, perayaan, hiburan, keluarga, makanan & minuman, kesehatan dan kecantikan, hobi, olahraga, dan sebagainya.

Saran saya, PILIHLAH LATAR BELAKANG YANG CERAH. Lihat pada gambar di bawah ini!

portal tricks


* Sesuaikan lebar
Setelah itu, sesuaikan lebar tampilan blog Anda. Ukuran lebar blog ini juga sedikit banyak mempengaruhi penghasilan pada iklan adsense kita.

Di sini kita akan menentukan ukuran lebar seluruh blog, dan ukuran lebar bilah kanan. 

Saran saya: ukuran lebar seluruh blog 980 px, sedangkan ukuran bilah kanan cukup 330 px.

Portal Tricks

* Tata letak
Selanjutnya, untuk tata letak blog, gunakan yang sesimpel mungkin. Hal ini akan memengaruhi kenyamanan pembaca ketika membaca artikel-artikel di dalam blog Anda.

pada menu Tata letak ini Anda diminta untuk menentukan tata letak isi dan tata letak kaki (footer)

* Tingkat Lanjut (Advanced)

Kini kita telah sampai pada pengaturan tingkat lanjut.

Pada bagian ini, Anda harus mengatur blog Anda semenarik mungkin dengan --sekali lagi--tidak mengesampingkan perhitungan pada kenyamanan pembaca saat membaca artikel-artikel blog Anda. Jangan sampai Anda terlalu "ramai" dan "riuh" mencampur adukkan warna.

Pada bagian ini, pengaturan tingkat lanjut meliputi:
Body Text
Background
Link
Judul Blog
Deskripsi Blog
Teks Tab
Latar Tab
Judul Posting
Judul Gadget
Aksen, dan
Tambahkan CSS

Saran saya: Penekanan di sini ada pada link, yaitu aturlah "Warna Link", "Warna Dikunjungi", dan "Warna gulir" dengan warna BIRU. Mengapa? Sejauh pengalaman kami dan juga pengalaman kawan-kawan yang telah lama bermain dengan Adsense, warna biru ini sangat cocok dengan warna-warna iklan teks maupun banner dari google Adsense. Dengan demikian, warna ini sepertinya disukai oleh Adsense dan bisa menjadikan penghasilan Adsense Anda lebih baik daripada sebelumnya.

Portal Tricks


2. Menggunakan Template bukan dari bawaan Blogger (dari para master/ahli web)

Jika di atas telah kita bahas mengenai pengaturan template bawaan dari blogger, kini kita bahas bagaimana memilih template blog yang bagus untuk Adsense dengan menggunakan template bikinan pada ahli/master blog.

Template dari blog Portal Tricks yang sedang Anda baca ini pun menggunakan template bukan dari bawaan blogger. Blog ini menggunakan template bikinan master yang sudah malang melintang dalam dunia blog yaitu Mas Sugeng.

Kami pakai Brosense dari Mas Sugeng. Template Brosense ini kami rasakan memang bagus, simpel, dan secara tampilan juga sudah cukup keren. (hehehe, semoga mas Sugeng membacanya)

Adapun untuk gambar latar belakang blog ini, kami pakai template Jangeltun, yaitu yang gambar uang dolar. Ya, karena blog ini khusus membahas tentang bagaimana mencari uang dari internet. Maka kami rasa gambar latar belakang ini sangat cocok kaaann? Menurut Anda bagaimana?


PERINGATAN KERAS! WARNING!!!
Jika Anda menggunakan template download-an seperti ini, jangan sampai Anda hilangkan identitas pembuat desain. Hal ini semata-mata untuk menghargai jasa atau karya mereka ya! :)

Portal Tricks
Nah, seperti inilah, JANGAN SAMPAI ANDA HAPUS YAAA!!

Demikianlah sebatas pengalaman kami bagaimana memilih template blog yang bagus untuk Adsense. Semoga bermanfaat ya Boosss...

_

0 Response to "Memilih Template Blog yang Bagus untuk Adsense"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel