Manfaat Debu bagi Kehidupan

Chemistricks.com - Manfaat Debu bagi Kehidupan



Debu di dalam rumah adalah campuran benda-benda kotor, antara lain sel kulit mati, minyak, partikel udara kecil dan bahan-bahan beracun seperti timah dan arsenik. Debu di Udara dianggap sebagai Aerosol dan bisa memiliki tenaga radiasi yang besar yang dapat mempengaruhi iklim bumi. Debu memang dianggap mengotori lingkungan, akan tetapi keberadaannya di Bumi ini sangatlah penting.



 Debu ialah nama umum untuk sejumlah partikel padat kecil dengan diamter kurang dari 500 mikrometer (lihat juga pasir atau granulat). Di atmosfer Bumi, debu berasal dari sejumlah sumber: loess yang disebarkan melalui angin, letusan gunung berapi, pencemaran, dll. Debu udara dianggap aerosol dan bisa memiliki tenaga radiasi lokal yang kuat di atmosfer dan berpengaruh pada iklim. Di samping itu, jika sejumlah partikel kecil disebarkan ke udara di daerah tertentu (seperti tepung terigu), dalam keadaan tertentu ini bisa menimbulkan bahaya ledakan.

Pengaruh terhadap kesehatan

Debu bertanggung jawab menyebabkan penyakit paru-paru seperti pneumokoniosis, penyakit yang yang terjadi di antara sejumlah pekerja tambang. Keadaan ini menyebabkan timbulnya pengaturan terhadap keadaan kerja. Untuk mencegah debu masuk lewat pernafasan, dapat menggunakan masker atau saputangan ketika berada di tempat berdebu.
 
Pengendalian debu

Pengendalian debu adalah penekanan partikel padat dengan diameter kurang dari 500 mikrometer. Pelanggaran kendali debu paling sering terjadi di pembangunan perumahan baru di daerah perkotaan.

Namun di balik sifatnya yang merugikan kesehatan, ternyata debu juga memiliki manfaat.
Berikut adalah Beberapa Manfaat Debu Bagi kehidupan Manusia: 
1.    Debu bermanfaat untuk menurunkan hujan atau salju, saat uap air di udara mencapai titik jenuh, maka uap air tersebut memerlukan debu didalam udara untuk bergabung membentuk air hujan.
2.    Debu Bermanfaat untuk menghalangi sinar Matahari langsung sehingga makhluk hidup dibumi ini tidak akan kekeringan karena tersengat sinar Matahari yang terlalu kuat.
3.    Debu Bermanfaat untuk memantulkan sinar Matahari, tanpa debu sinar Matahari tidak akan dapat menerangi rumah-rumah pada siang hari karena sinar Matahari hanya menyorot kesatu arah saja, kemudian dipantulkan oleh debu.

0 Response to "Manfaat Debu bagi Kehidupan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel