Kapan Waktu yang Tepat untuk Update Artikel?

Portal Tricks - Kapan waktu yang tepat untuk update artikel?


Sebenarnya kapan waktu yang paling baik untuk mengupdate konten artikel di blog? Blog dengan artikel yang selalu update menandakan bahwa blog tersebut merupakan blog yang aktif. Sementara blog yang jarang udpate tentu saja juga menandakan bahwa blog tersebut kurang aktif. Hal ini akan mempengaruhi pertumbuhan traffic (lalu lintas) blog, dan ranking blog. Dari beberapa sumber yang telah kami baca, kami akan mencoba berbagi tips dan trik berkaitan dengan waktu yang baik untuk update artikel blog.

Pertama, usahakan untuk update blog secara teratur dan konsisten. 
Pertanyaan yang sering terlontar: mana yang lebih baik antara MEMBERONDONG update langsung 10 artikel dalam satu hari namun pada hari-hari berikutnya tidak menulis konten baru, dengan mengatur jadwal update dengan posting 2 artikel dalam sehari?

Menurut kami, cara yang ke dua lebih baik untuk dilakukan. Katakanlah Anda memiliki cadangan 10 artikel, atau dalam satu hari Anda berhasil menulis artikel, maka cobalah untuk tidak memposting artikel-artikel tersebut sekaligus. (baca: 7 Tips menulis 5 artikel dalam satu hari)

Sebaiknya, Anda atur jadwal publikasi 2 artikel saja dalam sehari. Caranya: pada saat menulis post di "Entri New Post" di sebelah kanan klik saja "JADWAL". Kemudian, aturlah jadwal dengan mengeset "setel tanggal dan waktu", Anda bisa mengatur tanggal dan jam publikasi artikel Anda.

Kedua, Pelajari Waktu yang Tepat untuk Publish Artikel
Setelah Anda setel waktu dan tanggal, aturlah waktu / jam publish postingan pertama pada sebelum jam 03.00, dan artikel ke dua di-setting pada sebelum jam 15.00.

Mengapa? Hal ini disesuaikan dengan waktu perayapan google bot. Google bot akan melakukan perayapan pada pukul 03.00 dan 15.00. Waktu ini kita jadikan sebagai patokan, jadi apabila kita mem-publish pos kita sebelum pukul 03.00 atau 15.00, maka artikel kita akan cepat terindeks melalui perayapan ini.

Ketiga, Waktu terbaik untuk untuk SHARE di media sosial
Tidak semua situs media sosial baik untuk share artikel blog kita. Kami cenderung mengandalkan Google +, situs media sosial yang memang milik Google sebagai situs media sosial favorit untuk share artikel blog. Namun, demikian, selain di Google + Anda juga bisa membagi posting Anda di situs media sosial lain seperti Facebook, Twitter, atau Linkedin.

Adapun waktu yang baik (best time) untuk share artikel di media sosial adalah sebagai berikut:

Google Plus : Semua hari kerja dimulai pada pukul 09.00 - 11.00. Ini adalah waktu yang dianggap paling bagus. Adapun waktu terburuknya adalah posting mendekati pukul 5 sore. Waktu terburuk di Google+ adalah pukul 18.00-20.00.

Facebook: Waktu terbaiknya adalah Hari Senin s/d Kamis pukul 10.00 - 16.00. Puncaknya adalah pada jam 15.00 (jam tiga sore)

Twitter: Hari Senin s/d Kamis pada pukul 13.00 - 15.00, inilah best time-nya.

Linkedin: saran share posting yang baik adalah antara pukul 07.00 - 09.00 pagi. Dan waktu terburuknya adalah pada pukul 22.00 - 06.00 (10 malam sampai pukul 06.00 pagi)

Demikianlah waktu yang tepat untuk update artikel dan waktu share posting yang baik di media sosial. Namun, mungkin Anda tidak terlalu penting memerhatikan hal ini, yang terpenting adalah Anda fokus pada menulis artikel yang berkualitas, bagus, dan menginspirasi banyak pembaca.

Semoga bermanfaat.
Salam.


4 Responses to "Kapan Waktu yang Tepat untuk Update Artikel?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel