Apa itu USG?

Ultra sound Graph
Apa itu USG? 



USG merupakan singkatan dari Ultra Sound Graph, merupakan teknologi yang berhubungan dengan sistem reproduksi manusia. Dalam hal ini USG memiliki beberapa manfaat yang akan dibahas secara singkat pada artikel ini. Secara sederhana USG merupakan alat yang digunakan untuk memantau perkembangan janin pada ibu hamil. Dengan menggunakan USG, maka kita dapat mengetahui apakah janin yang berada dalam kandungan ibu dalam keadaan baik atau justru sebaliknya. Ibu dapat melihat gerakan bayi, mengetahui ukuran lingkar kepala bayi, serta mengetahui hari perkiraan lahir sang buah hati. Itu merupakan sedikit dari banyak manfaat dari USG. Berikut pembahasan tentang teknologi USG.
1.         Cara pemindaian USG
         Mesin USG menggunakan gelombang suara berfrekuensi sangat tinggi untuk membuat gambar di layar komputer. Gelombang tersebut dipancarkan dengan sebuah perangkat yang disebut transduser yang ditempelkan di perut dan digeser-geser untuk “menyoroti” isi rahim (seperti sebuah lampu senter, tapi yang disorotkan adalah gelombang suara bukan gelombang cahaya). Pantulan kembali gelombang ke transduser lalu diproyeksikan menjadi gambar bergerak di layar.
         Gelombang USG tidak dapat melalui udara sehingga diperlukan gel untuk memastikan kontak yang baik antara kulit ibu dan transduser.
         Untuk pemindaian awal kehamilan, gambar bayi Anda akan lebih jelas jika kandung kemih tidak sepenuhnya kosong. Sebaiknya tidak buang air kecil selama sekitar satu jam sebelum kunjungan.

2.         Manfaat USG Kehamilan
USG kehamilan antara lain bermanfaat sebagai berikut:
1)         Diagnosis dan konfirmasi awal kehamilan.
USG sangat diperlukan untuk diagnosis awal kehamilan ektopik (kehamilan di luar rahim) dan kehamilan molar/anggur (kehamilan yang disertai tumor).
2)         Melihat posisi dan kondisi plasenta.
Plasenta yang menghalangi jalan lahir (plasenta previa) dapat menyulitkan proses kelahiran bayi.
3)         Memeriksa denyut jantung janin.
Denyut jantung janin bisa dilihat dan dideteksi pada umur kehamilan 6 minggu dan menjadi jelas pada 7 minggu.
4)         Mengetahui bila Anda memiliki lebih dari satu bayi (kembar).
5)         Menghitung usia kehamilan dan berat janin.
6)         Mendiagnosis kelainan janin.
Banyak kelainan struktural janin seperti malformasi janin (anensefali, spina bifida, dll), kelainan jantung, dan hidrosefalus dapat didiagnosis dengan USG yang biasanya dilakukan sebelum 20 minggu. Sejumlah kecil masalah dapat diobati sebelum bayi lahir..
7)         Memeriksa jumlah cairan ketuban.
Jumlah cairan ketuban terlalu banyak atau terlalu sedikit dapat dengan jelas digambarkan oleh USG. Kedua kondisi ini dapat berdampak merugikan pada janin:
           Polihidramnion (kelebihan cairan ketuban) dapat mengakibatkan sesak nafas berat pada ibu dan persalinan prematur. Faktor risiko termasuk diabetes ibu yang tidak terkontrol, kehamilan kembar, isoimunisasi, dan malformasi janin.
           Oligohidramnion (kekurangan cairan ketuban) dapat menyebabkan kematian janin. Kondisi ini sering terkait dengan kelainan bawaan pada saluran kemih, hambatan pertumbuhan janin dan berat janin kurang.
8)         Mengetahui jenis kelamin bayi.
USG hanya mengidentifikasi jenis kelamin dengan benar pada 46 persen janin berusia 12 minggu dan 80 persen pada janin berusia 13 minggu. Di usia 13 minggu, bayi masih dapat meringkuk dan melakukan akrobatik sehingga mendapatkan sudut yang tepat bisa sangat sulit.
Perlu diketahui, akurasi/ketepatan pemeriksaan USG tidak 100%, melainkan 80%. Artinya, kemungkinan ada kelainan bawaan/kecacatan pada janin yang tidak terdeteksi atau interpretasi kelamin janin yang tidak tepat. Tak semua dokter ahli kandungan dapat dengan baik mengoperasikan alat USG. Sebenarnya untuk pengoperasian alat ini diperlukan sertifikat tersendiri.
Posisi bayi seperti tengkurap atau meringkuk juga menyulitkan daya jangkau/daya tembus alat USG. Meski dengan menggunakan USG 3 atau 4 Dimensi sekalipun, tetap ada keterbatasan. Kondisi hamil kembar juga menyulitkan alat USG melihat masing-masing keadaan bayi secara detail. sumber : tangan-usil(dot)blogspot[dot]com []



0 Response to "Apa itu USG? "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel