Jadwal Makan Sehat Untuk Diet Yang Membantu Menurunkan Berat Badan Secara Efektif

shares |

Jadwal Makan Sehat Untuk Diet Yang Membantu Menurunkan Berat Badan Secara Efektif

Jadwal makan sehat untuk diet adalah hal yang wajib diperhatikan apabila Anda ingin program menurunkan berat badan berjalan lancar, sukses, dan memberi hasil sesuai harapan. Faktanya, banyak sekali kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh sebagian orang ketika menjalani program diet.

Kalau begitu, bagaimana sih jadwal makan sehat untuk diet yang benar? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 




1. Mengkonsumsi makanan tinggi protein di pagi hari

Sarapan itu penting dilakukan oleh semua orang, walaupun sedang menjalani diet. Agar tidak mudah mengantuk sehabis sarapan, cobalah untuk makan selang 3 – 4 jam sesudah bangun tidur. Jangan lupa, konsumsi sarapan berkualitas agar Anda tetap memiliki energi yang cukup dan tidak menganggu diet. 

Silahkan tambahkan asupan protein ke menu sarapan sereal Anda. Berdasarkan studi yang mempelajari pola makan 30 wanita usia 25 - 60 tahun, menemukan fakta jika wanita yang mengkonsumsi makanan tinggi protein semisal putih telur, maka ia bisa menahan rasa lapar dan berhasil menurunkan berat badan sampai 65%. Penelitian ini dilakukan oleh International Journal of Obesity. 

2. Makan sebelum olahraga

Jadwal makan sehat sebelum olahraga adalah 3 jam sesudah makan. Jangan sekali-kali Anda berolahraga dalam keadaan perut kosong, karena olahraga menjadi tidak fokus dan nafsu makan meningkat tajam sesudahnya. 

Kalau sudah begini, olahraga tidak berjalan maksimal dan Anda banyak makan karena merasa lapar berlebihan. 

Lantas, bagaimana jika ingin olahraga di pagi hari? Silahkan makan camilan seperti buah pisang terlebih dahulu. 

3. Makan lebih sering

Lho, kok disuruh makan lebih sering? Bukannya justru membuat gemuk? Tenang dulu, saya akan jelaskan secara ringkas. 

Maksudnya disini adalah Anda membagi satu porosi makan ke dalam beberapa bagian. Misalkan Anda biasa makan 3 centong untuk sekali makan. Nah, silahkan bagi menjadi dua yaitu 1,5 centong nasi setiap makan.

Hal ini dilakukan supaya program diet tidak mengganggu metabolisme tubuh dan menghindari dari rasa ingin nyemil. 

4. Minum air putih lebih banyak

Mulai sekarang, coba deh biasakan minum segelas air putih 30 menit sebelum makan. Begitu pula ketika perut Anda merasa lapar, jangan buru-buru ambil nasi, tapi coba minum segelas air putih. Mungkin saja Anda saat itu sedang haus bukannya lapar.

Minum air putih 8 gelas perhari untuk mendapat berbagai manfaat baiknya. Kebiasaan minum air putih ternya ampuh menurunkan asupan kalori dan berat badan sampai 44%. 

5. Ganti camilan dengan sayur dan buah-buahan

Kesalahan lain yang biasa dilakukan oleh orang diet adalah tetap makan camilan tidak sehat, misalnya saja gorengan, kue manis, dan lain sebagainya. Padahal, camilan tidak sehat akan mendorong tubuh mengubah kalori didalamnya menjadi lemak. 

Jika sudah demikian, model diet apapun pasti tidak berhasil. Jika Anda ingin tetap ngemil selama menjalani program diet, maka silahkan ganti camilan dengan buah dan sayuran. Berbagai kandungan baik didalamnya akan membantu Anda mendapatkan hasil lebih maksimal. 


Demikianlah ulasan singkat mengenai jadwal makan sehat untuk diet. Silahkan dicoba bagi Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan, semoga saja berhasil. Penting untuk diingat, diet itu membutuhkan proses yang tidak instant.

Related Posts

0 comment:

Post a Comment