BEBERAPA HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN OLEH IBU YANG SEDANG MENYUSUI

shares |

Chemistricks.com -  Beberapa hal yang harus diperhatikan oleh Ibu yang sedang Menyusui

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh ibu menyusui:


  • Jauhi makanan yang berkalori rendah agar tidak mengurangi selera makan.
  • Jauhi rokok, asap rokok dan alkohol karena dapat meracuni bayi dan membuat pertumbuhannya terhambat.
  • Kurangi kafein. Bila ibu menyusui sudah terbiasa minum kopi, batasi konsumsinya hingga maksimal 2 cangkir per hari. Selain kopi, kafein juga terdapat pada coklat, teh, beberapa jenis minuman ringan dan obat.
  • Batasi/ jangan terlalu banyak mengkonsumsi lemak jenuh seperti yang terdapat pada daging berlemak, minyak kelapa, serta mentega.
  • Bila bayi mengalami alergi, periksa makanan apa yang telah dikonsumsi ibu. Hentikan konsumsi makanan yang menimbulkan alergi pada bayi.
  • Jangan minum obat selama masa menyusui, kecuali jika sudah dikonsultasikan dengan ahlinya.


Mitos tentang ASI dan Ibu Menyusui


  • Di balik banyak manfaat ASI, kerap kali dijumpai cerita yang menyeramkan sehingga banyak ibu menyusui yang merasa khawatir. Dokter Edi Setiawan Tehuteru SpA MHA IBCLC mempunyai beberapa kisah tentang ASI yang disebutnya hanya mitos.
  • Seperti, pipi bayi menjadi eksem kalau terkena ASI yang jelas tidak benar. Edi mengakui, beberapa bayi yang mempunyai kecederungan alergi mungkin akan sensitif terhadap apa yang dimakan ibunya. Alergi dapat muncul sebagai ruam merah, seperti eksem di pipi. Ruam di pipi bayi bukan akibat kecipratan ASI ,melainkan bentuk alergi terhadap makanan yang dikonsumsi ibunya dan masuk ke ASI. “Jika ini terjadi, ingat-ingatlah kembali makanan yang dikonsumsi ibu, kemudian hindarilah,” kata dokter spesialis anak dan konsultan laktasi tersebut.
  • Mitos lain yang tidak benar menyebutkan, menyusui dapat menyebabkan payudara kendor. Seperti jaringan tubuh lainnya, elastisitas payudara akan menurun seiring bertambahnya usia. Saat perempuan hamil, tubuhnya menyimpan lemak, antara lain, di daerah perut, pinggul, dan payudara. Timbunan lemak itulah yang mengakibatkan beban ligiman bertambah berat sehingga menjadi agak melar. Untuk menyiasatinya, Edi menyarankan untuk selalu memakai BH yang sesuai agar dapat menyangga payudara selama kehamilan maupun menyusui.
  • Ada pula mitos yang menyebutkan, bayi meninggal akibat hidung tertutup payudara ibu saat menyusui. Edi mengakui, cerita ini belum pernah dilacak dari mana asalnya. Bayi yang sehat akan memberontak kalau hidungnya tertutup. Dan, ibu tentu akan bereaksi jika bayi memberontak. Edi menduga, bayi yang diberitakan itu ada kemungkinan menderita kelainan yang tidak disadari oleh keluarganya. Sehingga, ketika bayi meninggal saat menyusui, keluarga mengambil kesimpulan yang salah


Related Posts

0 comment:

Post a Comment