4 Tips Kesehatan Anak Yang Wajib Diketahui Oleh Orangtua

shares |

4 Tips Kesehatan Anak Yang Wajib Diketahui Oleh Orangtua

Tips kesehatan anak adalah hal yang sangat penting untuk diketahui oleh orangtua demi menjaga anak-anak tetap sehat dan aktif. Di usianya yang masih belia, anak-anak sangatlah rentan terkena  berbagai macam penyakit karena belum memiliki perlindungan tubuh yang kuat.

Oleh sebab itu, sebagai orangtua Anda dituntut untuk mengetahui langkah-langkah apa saja yang sebaiknya dilakukan demi menjaga kesehatan anak. Mulai dari memperhatikan asupan gizi, rutin imunisasi, tidur teratur, dan masih banyak lagi.

Temukan beberapa tips kesehatan anak di artikel berikut ini.





1. Mencukupi Kebutuhan Nutrisi

Tips kesehatan anak yang pertama adalah mencukupi asupan nutrisi hariannya. Berikan anak-anak Anda pola makan seimbang, yang mengandung karbohidrat, protein, dan lemak baik yang berasal dari buah atau sayuran.

Jangan biasakan anak-anak Anda mengkonsumsi makanan cepat saji yang mengandung tinggi gula dan garam. Berikan mereka camilan sehat seperti semangkuk buah apel dan mangga. 

Sangat direkomendasikan untuk memasak makanan dengan cara dikukus, dipanggang, atau ditumis. Hindari metode memasak yang memakai banyak minyak atau digoreng, karena kurang baik bagi kesehatan anak-anak.   


2. Mengajak anak agar aktif bergerak

Sejak dini, tanamkan di dalam diri anak-anak Anda agar menyukai aktifitas fisik di luar rumah. Ajaklah mereka bermain-main di halaman, agar tidak melulu menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk menonton acara kartun favoritnya.

Dengan aktif bergerak, hal ini bermanfaat untuk menjaga kebugaran dan kesehatan anak, sekaligus menstimulasi berbagai macam kepintaran. Apabila sejak kecil anak-anak menyukai aktifitas fisik, maka setelah besar nanti ia tidak akan malas jika disuruh olahraga. 


3. Rutin melakukan imunisasi

Imunisasi adalah langkah penting dalam menjaga kesehatan anak, karena bermanfaat untuk memperkuat sistem imun. Imunisasi dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga anak-anak bisa terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya.

Rutinlah melakukan imunisasi sesuai jadwal yang telah diberikan oleh pihak puskesmas atau posyandu. 


4. Tidur secara teratur

Anak-anak memiliki jam tidur yang lebih lama dibandingkan orang dewasa. Ketika ia terlelap, proses tumbuh kembang anak akan berlangsung. Maka dari itu, biasakan anak-anak Anda tidur secara teratur agar ia bisa tumbuh dengan baik.


BACA JUGA:

Demikianlah beberapa tips kesehatan anak yang wajib diperhatikan oleh orangtua. Mulai sekarang ajarkan anak-anak agar senantiasa menerapkan pola hidup sehat dan menghindari makanan yang instan.   

Related Posts

0 comment:

Post a Comment