4 Makanan Sehat Untuk Jantung Dan Kolesterol Yang Memiliki Rasa Lezat

shares |

4 Makanan Sehat Untuk Jantung Dan Kolesterol Yang Memiliki Rasa Lezat

Makanan sehat untuk jantung dan kolesterol bisa menjadi pilihan Anda sehari-hari agar penyakit tidak semakin parah. Ya, kita semua mengetahui apabila penderita kolesterol wajib memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Apalagi kadar kolesterol di dalam tubuhnya sudah tergolong tinggi. 

Selain mencegah penyakit agar tidak semakin parah, ternyata beberapa jenis sayur dan buah-buahan juga sudah terbukti efektif bisamembantu menyembuhkan penyakit jantung dan kolesterol. 

Langsung saja disimak beberapa pilihan makanansehat untuk jantung dan kolesterol berikut ini. 




4 Makanan Sehat Untuk Jantung Dan Kolesterol Yang Memiliki Rasa Lezat

1. Kedelai

Kedelai adalah salah satu jenis makanan sehat yang dikenal mampu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Hal ini juga berlaku bagi olahan kedelai, seperti tahu, tempe, dan susu kedelai. Menurut sebuah penelitian, mengkonsumsi 25 gr protein kedelai bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL sampai 6%.

Ketika kadar kolesterol sudah berhasil diturunkan, maka secara otomatis kesehatan jantung semakin meningkat. 

2. Apel

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung adalah makan 1-2 buah apel per hari. Apel efektif membantu mengatur gula darah dan mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. 

Manfaat ini ditawarkan oleh apel karena ia mengandung beberapa senyawa yang baik untuk kesehatan jantung seperti epicatechin dan fitonutrient. Zat tersebut adalah senyawa yang tinggi akan kandungan antioksidan dan bisa mengontrol tekanan darah. 

3. Bawang putih

Bagi Anda penderita hipertensi, maka disarankan untuk mengkonsumsi bawang putih. Mengapa demikian? Karena bawang putih bisa dijadikan pengganti garam untuk memberikan rasa gurih pada makanan. Sehingga, bawang putih akan membantu Anda mengurangi konsumsi garam.

Bagi penderita penyakit jantung, mengkonsumsi garam adalah salah satu pantangannya. Karena garam bisa meningkatkan risiko terkena penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi. Bahkan, garam juga bisa mengakibatkan penyakit jantung dan stroke. 

Meskipun bisa memberi rasa gurih pada makanan, bawang putih ternyata tidak mempengaruhi tekanan darah. Oleh karena itu, bawang putih cocok dikonsumsi sehari-hari. 

4. Ikan lemak

Beberapa jenis ikan yang tergolong sebagai ikan lemak atau fatty fish adalah salmon dan tuna. Kedua ikan ini memiliki kandungan omega-3 yang cukup tinggi, sehingga sangat baik bagi kesehatan jantung. 

Ikan tuna menawarkan berbagai macam senyawa yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memiliki jantung sehat. Diantaranya adalah Vitamin D, Vitamin B12, selenium, niasin, dan pastinya omega-3.

Ikan salmon tentu tidak mau kalah, didalamnya terkandung banyak Vitamin A, Omega-3, magnesium, Vitamin K, zat besi, folat, dan serat larut yang akan membantu menyehatkan jantung.


Mungkin cukup sampai disini dulu postingan saya mengenai makanan sehat untuk jantung dan kolesterol. Beberapa jenis makanan diatas bisa membantu Anda menjaga jantung tetap sehat dan kadar kolesterol tetap terkontrol. 

Related Posts

0 comment:

Post a Comment