Pengertian Struktur Atom Dan Contohnya

shares |

Pengertian Struktur Atom Dan Contohnya

Pengertian struktur atom adalah satuan terkecil yang menyusun suatu materi, baik itu berupa benda padat, cair, dan gas. Atom merupakan bahan dasar penyusun materi, sampai menjadi bentuk yang bisa dirasakan oleh manusia. Seperti komputer, kayu, air, dan bentuk materi yang tidak terlihat mata seperti angin dan gas.

Struktur atom tersusun dari 3 inti materi yang masing-masing mempunyai tugas dan fungsi berbeda. Partikel dasar penyusun atom terdiri dari elektron, proton, dan neutron. Ketiga partikel tersebut membuat atom mengandung sifat listrik.

Proton adalah struktur atom dengan muatan positif (+). Neutron bermuatan netral, dan elektron bermuatan negatif (-).

Di dalam inti atom, kita bisa menemukan neutron dan proton. Sementara itu, elektron terikat di inti atom oleh gaya elektromagnetik. Elektron mengelilingi inti atom dan beredar di lintasan-lintasan tertentu yang dinamakan kulit atom. 



BACA JUGA: Struktur Lewis dan ikatan ion beserta contoh soalnya

Perkembangan Teori Atom   

Istilah atom berasal dari bahasa Yunani “a” yang berarti tidak dan”tomos” yang berarti dibagi. Sehingga, atom memiliki arti tidak dibagi. Democritus adalah seorang filsuf Yunani yang berpendapat apabila suatu objek dipotong terus menerus maka suatu saat tidak akan bisa dibagi lagi. Bagian yang tidak dapat dibagi itulah yang disebut atom oleh Democritus.

Pemahan tersebut kemudian disempurnakan lagi, atom adalah bagian paling kecil dari suatu unsur yang sudah tidak bisa dibagi lagi, namun masih mempunyai sifat fisik dan kimia dari benda asalnya.
Atom dilambangkan dengan simbol ZXA. Huruf A berarti nomor massa ( menjelaskan massa atom, jumlah neutron dan proton. Huruf X adalah lambang unsur. Huruf Z berarti nomor atom ( menjelaskan jumlah proton dan elektron).

Untuk mengetahui banyaknya proton yang ada di inti atom suatu unsur maka dilihat dari nomor atomnya. Atom netral adalah atom yang memiliki jumlah elektron dan proton sama.

Contoh Atom

Setelah mengetahui definisi atom, sekarang mari kita lihat beberapa contoh atom  yang ada di dunia ini.
• Kalsium (Ca)
• Argon(Ar)
• Neon(Ne)
• Besi(Fe)
• Kation kalsium(Ca2+)

Rangkuman Struktur Atom

Atom adalah bagian paling kecil yang menyusun materi. Struktur atom disusun oleh 3 inti materi, yaitu proton, elektron, dan neutron. Beberapa contoh atom adalah Neon, Besi, Kalsium, dan lain-lain.


Demikian penjelasan singkat mengenai pengertian struktur atom dan contohnya. semoga bermanfaat bagi kita semua.

Related Posts

0 comment:

Post a Comment