Makanan yang dapat menambah produksi ASI bagi ibu Menyusui

shares |

Chemistricks.com - Makanan yang dapat menambah produksi ASI bagi ibu Menyusu

Menyusui adalah kegiatan mulia yang dilakukan oleh seorang ibu. Memberi asi adalah ungkapan kasih sayang seorang ibu sebagai bekal si buah hati. Asi merupakan asupan terbaik bagi bayi.
Apa jadinya jika asi yang sangat dibutuhkan oleh bayi justru tidak dapat dipenuhi oleh sang ibu hanya karena produksi asi tidak lancar?
sumber; pixabay.com


Memang ada benarnya bahwa produksi asi bagi ibu menyusui terjadi secara alamiah. Tetapi ada beberapa faktor yang menentukan lancar tidaknya produksi asi bagi ibu menyusui. Salah satunya adalah asupan makanan bagi ibu yang sedang menyusui.

Berikut merupakan referensi beberapa makanan yang dapat menambah produksi asi bagi ibu menyusui.

BACA JUGA:

MENU MAKANAN SEHAT UNTUK IBU MENYUSUI

1. Biji fenugreek


Biji fenugreek atau kelabat telah lama dipercaya dapat merangsang hormon pertumbuhan payudara dan meningkatkan produksi ASI bagi ibu menyusui. Makanan berjenis biji-bijian ini merupakan sumber yang kaya akan zat besi, vitamin, mineral, dan kalsium. beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kelabat merupakan stimulator potent untuk memproduksi ASI yang dapat meningkatkan ASI sebanyak 90 persen. Inilah sebabnya, biji fenugreek adalah makanan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui.


SUMBER; PIXABAY.COM


2. Bawang putih

Bawang putih adalah salah satu bumbu makanan yang paling mudah didapatkan. Selain sebagai penyedap rasa dengan beragam manfaat bagi tubuh, ternyata bawang putih memiliki khasiat istimewa bagi ibu menyusui. Bahkan, bawang putih menjadi cara paling mujarab pada masa kuno untuk meningkatkan produksi ASI. Hal ini telah dibuktikan dalam penelitian yang dimuat dalam journal of pediatric research, bahwa bawang putih mampu meningkatkan produksi asi bagi ibu menyusui, bahkan mampu meningkatkan nafsu makan bayi.

sumber: pixabay.com


3. Kacang

Mengkonsumsi kacang-kacangan, diantaranya almond dan mete adalah makanan ideal untuk meningkatkan ASI bagi ibu menyusui. Hal ini dikarenakan kacang kacangan kaya akan protein, vitamin dan mineral yang menjadikan kedua kacang ini amat baik untuk dikonsumsi. kacang kacangan dapatmembantu meningkatkan laktasi.

kacang mete, sumber: pixabay.com


4. Makanan berserat

Mengkonsumsi makanan makanan berserat sangat penting bagi ibu menyusui. Sebab hal ini dapat meningkatkan produksi asi ibu yang bermanfaat bagi bayi. Beragam pilihan terasedia, misalnya sayuran hijau dan beberapa sayuran merah, adalah sumber serat yang terbaik. Disamping itu ibu juga dapat memilih bayam, biji-bijian, ubi jalar dan buah bit yang membantu meningkatkan produksi ASI. Saking pentingnya serat bagi ibu menyusui, dianjurkan untuk selalu mengonsumsinya setiap hari minimal satu sayuran.


foto : shutterstock



5. Pare

Pare dikenal sebagai sayuran yang pahit. Sehingga kadang tidak disukai. Namun, apabila mengetahui khasiatnya, tentu kita tidak akan malas lagi memakan pare. Pare merupakan makanan yang populer untuk meningkatkan asi disamping sayuran lain seperti labu botol, Kedua sayuran tadi merupakan sumber vitamin dan mineral, yang membantu meningkatkan laktasi ibu menyusui.

foto : Pixabay.com


6. Daun Katuk

Merebus daun katuk sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui karena rebusan daun katuk mengandung steroid dan polifenol. kandungan Steroid dan polifenol ini bermanfaat, adapun mekanisme kerjanya adalah dengan meningkatkan kadar prolaktin yaitu hormon yang bertanggung jawab pada produksi ASI wanita. Dengan meningkatnya kadar prolaktin berarti sama dengan meningkatnya produksi asi serta mempercepat dan memperlancar produksi ASI tersebut.

Demikianlah ulasan tentang makanan yang dapat menambah produksi asi bagi ibu menyusui. semoga bermanfaat.

Baca juga :
CEMILAN SEHAT UNTUK DIET

Related Posts

0 comment:

Post a Comment