Contoh Manfaat Dan Peranan Ilmu Kimia Dalam Kehidupan Sehari-Hari

shares |

Contoh Manfaat Dan Peranan Ilmu Kimia Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Peranan ilmu kimia dalam kehidupan sehari-hari menawarkan banyak sekali manfaat di berbagai bidang. Mulai dari bidang kedokteran, kesehatan, pertanian, geologi, dan lain sebagainya. Ilmu kimia yang terus berkembang dengan pesat, bahkan sudah terbukti berhasil membantu menyelesaikan masalah global.

Selain itu, keberadaan ilmu kimia juga dapat membantu hidup lebih nyaman karena menawarkan solusi-solusi inovatif bagi permasalahan yang dihadapi oleh manusia. Contoh sederhananya adalah pembuatan obat pembasmi hama.

Cari tahu apa saja peranan ilmu kimia dalam kehidupan sehari-hari di artikel berikut ini.




Baca Juga: Bagaimana Sih Pekerjaan Seorang Kimiawan?

1. Peranan ilmu kimia di bidang pertanian

Di era modern seperti sekarang ini, ilmu kimia mempunyai peranan yang sangat penting di bidang pertanian. Kemajuan ilmu kimia berhasil melahirkan berbagai macam penemuan baru di sektor pertanian yang sudah terbukti memberi manfaat besar.
Salah satunya adalah obat pembasmi hama yang terbuat dari bahan-bahan kimia. Selain itu, ada juga pupuk kimia yang membantu menyuburkan tanaman dan membuat hasil panen lebih maksimal.

2. Peranan ilmu kimia di bidang kesehatan

Ada banyak sekali bahan-bahan kimia yang dimanfaatkan sebagai obat-obatan. Obat dibuat melalui hasil penelitian bagaimana reaksi dan proses kimia bahan-bahan tertentu terhadap suatu penyakit.
Hal seperti ini dipelajari di cabang ilmu Kimia Farmasi.

Contohnya adalah alkohol atau etanol yang dipakai dalam proses pelarutan obat sekaligus digunakan sebagai pensteril alat kedokteran.

3. Peranan ilmu kimia di bidang arsitektur

Tidak hanya berperan penting di bidang kesehatan dan pertanian, ilmu kimia ternyata juga berhasil menghadirkan inovasi menarik di bidang arsitektur. Ilmu kimia menghadirkan berbagai macam arsitektur, bahan-bahannya, dan variasi model.
Bahan-bahan baru yang lahir dari eksperimen berbagai senyawa kimia sukses menciptakan produk unik. Misalnya saja adalah cat, beton, dan semen.

4. Peranan ilmu kimia di bidang geologi

Bidang geologi memiliki kaitan yang sangat erat dengan penelitian pertambangan dan batu-batuan. Dasar-dasar ilmu kimia digunakan untuk menentukan unsur-unsur yang menyusun mineral, sekaligus tahap pendahuluan untuk eksplorasi.

Manfaat ilmu kimia di bidang geologi adalah untuk memahami temuan para peneliti mengenai benda-benda alam ataupun bebatuan.

BACA JUGA: Inilah Pewarna Kimia untuk batik yang sering digunakan

Demikianlah ulasan singkat mengenai peranan ilmu kimia dalam kehidupan sehari-hari. Mengingat banyaknya manfaat yang diberikan oleh ilmu kimia, sudah seharusnya kita semakin giat mempelajari ilmu ini dengan harapan mampu menciptakan inovasi-inovasi yang lebih baik di masa depan. 

Related Posts

0 comment:

Post a Comment